Sabtu, Oktober 26, 2013
22
JAKARTA-(IDB) : Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Budiman, mengatakan, hingga akhir 2014, pemenuhan alat utama sistem senjata baru TNI AD mencapai 15 persen dari peralatan yang dimiliki.

Menurut dia, penggantian alusista tidak hanya bertumpu pada alutsista tempur melainkan juga alat komunikasi dan intelijen. Saat ini, TNI AD sedang berupaya untuk menghadirkan satelit yang tidak hanya berfungsi sebagai sarana komunikasi namun juga difungsikan sebagai satelit pengintai.

Ia menjelaskan khusus satuan Infantri AD, hampir semua peralatan maupun persenjataan sudah menggunakan produk dalam negeri.

Budiman berharap, di kemudian hari TNI AD juga mampu mengembangkan peralatan maupun persenjataan dari kesatuan lain untuk dibuat di dalam negeri.

"Kami akan mencoba lakukan riset dengan berbagai universitas yang dilakukan direktorat peralatan, perhubungan, zeni, kesehatan dan perbekalan," ucap KSAD.

Dalam waktu enam bulan kedepan, riset tersebut diharapkan dapat menghasilkan alat bantu yang bisa digunakan bagi TNI AD.




Sumber : Republika

22 komentar:

  1. 15% pegadaan senjata tidak tepat sasaran , dana milyaran hanya buat belanja barang rongsokan patut di investegasi pertangung jawaban se orang peminpin ke pentingan pribadi family di no 1 kan .

    BalasHapus
    Balasan
    1. baru jadi pengamat saja sdh bawel kayak LSM.
      untung ga jadi anggota dewan,
      bisa lebih bawel lagi dan itu cangkem baru diam kalo sdh dapat jatah.
      :-s

      Hapus
    2. HAH !! Lihat dirimu, maling teriak maling.

      Hapus
    3. buat Ano 09.02 dan ano2 yg lain ;
      anda pernah ga dapat pemberian barang dari saudara / teman?
      dan anda perlu banget dengan barang itu
      gimana rasanya, kalo ada orang yg mengolok2 menyebut barang yg anda dapat adalah barang rongsokan?
      :) mari berkomentar dengan bijak

      Hapus
    4. masalah nya mungkin karena hibah nya ga murni kasih langsung, tp wajib di upgrade yg memakan biaya banyak,, smntara sisa nya jam terbang sudah tinggal sedikit . klo di upgrade nya lebih murah dan prosesnya tidak lama, jg mgkn lebih bersyukur & ga banyak koment barang hibah,
      bahkan pihak senator USA ada yg bilang (ga ada makan siang yang gratis) brarti bukan murni hibah , cos saling mengambil untung bersama,,

      Hapus
    5. ga ada yang gratis bro dijaman sekarang,,hibah cm pribahasa,,
      indonesia kebanyakan makan mie instan jd pgnnya instan melu2..dibanding tahun2 kebelakang,sekarang kita cukup diperhitungkan biarpun pake alutsista "rongsokkan" tp inget itu ga semua loh.kritik boleh tp jgn ada embel2 suruhan majikan ya...? :d

      Hapus
  2. Maling di pujaaa tambah jadi apa nehh...negara ?.... padahal kalau bicara jujur negaramu yaris bangkrut akibat salah kelola , mari sadarkan kan diri sebelum terlambat , kruptor jadi peminpin kalian dukung, dosa dosaa...aip aippppp....apa harus kita tanggung bersama ?....

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya 2014 ente pd ikut nyoblosss....
      jd suara ente tu berguna bagi nusa dan bangsa...
      kan sayang tu orang yg benar" jujur dan tegas tdk terpilih...
      akhirnya ap hanya orang" yg katanya pinter dan bijak sana sebenarnya hanyalah kumpulan orang" bangsat yg ad d pemerintahan...

      Hapus
  3. To IDB sy mau tanya: saya naksir ke mbak2 kowad yg tempo hari jaga stand yonif 328 saya pengen temenan ihh dg mba kowad itu- yg gigi nya di pasangi kawat tuh- cantik I LOVE YOU- from vanhalen27 th pemuda metalpatriot bangsa RI he he.

    BalasHapus
    Balasan
    1. OhMaap zy mau dikit nambah: waktu pameran di monas itu-

      Hapus
  4. Makanya di baca dan di fahami dulu...! Alutsista TNI AD yg hibah itu yg mana bro??? Pencapaian 15% itu pun dah ada laporan remi nya salahnya d mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benteng negara harus di pukul rata , tidak ada rasis tidak ada ad , al ,au dalam pembelian senjata yg kami tahu satu jalur si fukang belli ( menhan atas persetujuan presiden)
      Soal komisi dan upeti anda kok, pura 2 gak tahu ?....
      Mari kita kritisi peminpin buta tuli supaya tidak di pilih lagi
      " harap paham dan anda ketahui.kebocoran negara setiap tahun setara pembelian sukhoi 35S dua skuatdron .
      Ini fakta lohh ..bukan garang tampa bukti brooo....

      Hapus
    2. " harap paham dan anda ketahui.kebocoran negara setiap tahun setara pembelian sukhoi 35S dua skuatdron .
      buktinya ap? harga su35 emg loe tw?

      Hapus
  5. iya sih. tapi klo AD belanjanya ngalahin AU atau AL itu udah gak menarik. Karena sdh kluar dari rencana strategis TNI yg harusnya AU dan AL menjadi tulang punggung negara. jangan maen2, bargaining power negara trletak di AU. karena wilayah AU indonesia jauh lebh luas dari AD. Yg bener klo belanja itu. ini masalah negara dan rakyat. Masalah keamanan negara. Ingat2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut gw sih AD emang harus kuat dari AU n AL.. bukan apa2, negara kita niat menjajah atau bertahan? Klo bertahan yg penting AD, (artileri, zeni,dll) krn suatu negara dikatakan KO kalo Adnya dah tewas ..tp AU AL adalah first cover jd harus kuat jg..

      Hapus
    2. pembelian alutsista utk TNI msh berlanjut, tidak sampai 2014 saja.. pemerintah. / kemenhan sdh pikirkan kelak akan beli alutsita apa supaya MEF terpenuhi dan punya efek getar yg hebat.
      sekarng yg di capai berapa persen.. sisa nya yg harus di beli atau buat sendiri berapa persen,,semua sdh di rancang,,
      gw nanya.. apa ada lg senjata AD yg lebih canggih yg belum di beli??
      klo AL dan AU msh standar.. atau msh kurang.. di MEF selanjutnya menhan sdh tau kebutuhan AL dan AU agar punya daya getar tinggi,. cuma kadang kitanya yg selalu berfikir negatif pada pemerintah/ menhan. sampai2 banyak yg mengatakan menhan goblok/ bodoh dll. padahal klo gw pikir2 ga bakal di jadi menhan klo ga punya perhitungan dan strategi yg kuat, di dlm kementrian itu banyak petinggi2 mantan jendral dan mungkin msh akif ,, yg lebih tau kebutuhan utk alutsista masing2 mitra yg disesuaikan dengan kondisi indonesia. mereka bukan anak2 SD,SMP,SMU / kuliahan,, mereka (TNI) biasa perang, bukan perang2an pake air shotgun. mereka jago strategi perang bukan strategi maen game doank, saran gw liat aja,, koreksi klo ada kebocoran dana, kasih masukan klo memang terasa janggal bukan menghujat, berfikir positif dan bijaksana dalam berkata, gunakan logika dan pengetahuan serta etika

      Hapus
  6. kadang bilang pencapaian udah 30%,, kadang bilang 20%,, sekarang bilang 15% ah gak jelas...

    BalasHapus
  7. Setiap aye baca komen-statement dari semua om2 nyonya2 ano di IDB- yg ditemuin ko trus2 an ngeributin SU35 SUPERFLANKER- tanpa kesimpulan akhir- hujat sana sini- abisin energi- pleas donk' beri masukan dg cara kalem- sinkron-dewasa- semua go head aja klo mau usulin RI beli SU35.. tapi itu musti realistis-di sesuaikan dg kondisi budget- catatan:menurut data yg ada-biaya operasional SU35 capai 700 juta/jam dan secara spesifikasi SU35 kemampuan nya tidak beda jauh dg SU30 TNIAU-kategori fighter jarakjauh 3000 km-cukup lakukan retropit SU27/30 dg upgrude di lini BVR ( beyond visual range) maka SU27/30 TNI akan miliki kesetaraan dg SU35- jadi tak perlu lha maksa in dg SU35- klo mau: tambah lagi az itu SU30dg up to BVR jadi 2 skuadron-episien- oh iya- untuk GRIPEN jangan di padankan dg SU35- gak sinkron: JAS39 GRIPEN masuk kategori light fighter medium mirip F16- dan masing2 (SU- GRIPEN)itu miliki fungsi- peran yg tidak bisa di pisahkan- saling mengisi- maka syah2 saja bila RI kelak-ambil kputusan pilih GRIPEN..trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lupa mo nambah dikit- I love youu mis kowad di stand kostrad monas- uuh i love you- boleh gak yeah- pemuda metal pengen temenan dg mba kowad itu- ohh ilove you- from dodivanhalen@gmail.com he he.

      Hapus
  8. HAHHH... tambah mengecewakan aja ni britanya, gak tau sapa yg salah, tapi udah 2 taun sayah menunggu janji2
    SUKHOI 180BIJI JADI F16 24bekas+teletubbies terbang lainnya
    LEOPARD2 EVOLUTION JADI leo 2A4bekas
    kapal selam KILO baru jadi changboneng harga grosir (nilai plusnya ada TOT)
    Kapal PKR harganya kemahalan ditambah super ribet padahal prancis dan itali sudah nawarin TOT dengan harga lbih murah dan spesifikasi lebih baik

    dan lain lain dan lain lain.....
    coba pikir kalo kita diserang Singapura = YG GRESS menyerang YG BEKAS --->> DORRR!!!

    BalasHapus
  9. Mnurut sy dephan jg dah cermat utk menghitung nilai kbutuhan dr alutsista yg didapatkan. Dephan mnerima f16 second bkn tanpa prhitungan tpi semuanya sdh mlalui kajian yg mndalam. Dg mmpertimbangkn jumlah, life time dn telnologiny. Dg mndapatkn 24unit dg masa pakai msh 20th + teknologi yg sdh ditingkatkn sy rasa cukup utk mjdi alat tempur sementara sambil mnunggu produksi ifx hasil kolaborasi dg korsel siap mnggantikn peran f16. Krn jika tni hanya mmbeli 6 f16 baru tentu tdk mncukupi utk mngcover luas wilayah yg hrs dijaga olh tni.

    BalasHapus