Jumat, Oktober 18, 2013
56
Kita sudah berpengalaman membeli alat perang bekas. Karena itu, ada baiknya ditimbang matang-matang saat mendapat tawaran alat perang bekas lagi.


JAKARTA-(IDB) : Panglima TNI Jenderal Moeldoko mengaku tertarik untuk mendalami dan mengkaji tawaran 10 kapal selam eks angkatan laut Rusia. Kata Moeldoko, kondisi kapal selam tersebut masih memadai. 



Namun demikian, Moeldoko menegaskan, meski TNI tertarik untuk membeli kapal selam bekas tersebut, pihaknya tetap akan melakukan verifikasi secara mendalam dulu.



"Saya kira kita tertarik dengan itu. Sampai saat ini masih dilakukan kajian dan pendalaman. Dan kalau bisa, itu akan lebih bagus, ya," ujar Panglima TNI Jenderal Moeldoko di sela-sela raker dengan Komisi I DPR RI, Kamis (17/10).



Moeldoko pengatakan, pihaknya merespons sangat baik atas tawaran 10 kapal selam dari Rusia itu, karena memiliki efek gentar yang cukup baik. Apalagi kapal selam yang ditawarkan ke Pemerintah Indonesia cocok dengan kondisi Tanah Air, yakni jenis dan tipe kapal selam kelas menengah. 



Sebelumnya Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro menyatakan, pemerintah mendapat tawaran untuk membeli sekitar 10 unit kapal selam dari Rusia. Jumlah ini di luar rencana pembelian tiga unit kapal selam dari Korea Selatan yang akan datang pada 2014.



"Kapal selam dari Rusia sudah ada. Mereka membuka kesempatan karena kedekatan dengan kita," ujar Purnomo beberapa waktu lalu.



Saat itu Purnomo menyatakan, pemerintah belum bulat untuk menerima tawaran Rusia karena masih harus mempertimbangkan dan menghitung biaya.

Selain harga kapal selam per unit, pemerintah juga harus mempertimbangkan besarnya biaya perawatan, pemeliharaan, perbaikan, dan kesiapan infrastruktur. Hal lain yang menjadi pertimbangan adalah usia atau masa guna kapal selam tersebut. "Kita sedang survei pangkalan kapal selam, salah satunya di Palu,"ujarnya.



Pada 2024 meski belum memastikan sebagai negara terkuat, menurut Purnomo, Indonesia akan berada pada empat negara kuat di kawasan Asia Tenggara bersama Singapura, Malaysia, dan Thailand. Bersama tiga negara ini, Indonesia akan membentuk ASEAN Defense Ministerial Meeting yang kuat dari ancaman kawasan luar.




Sumber : Jurnamen

56 komentar:

  1. semoga dengan pertimbangan matang dari TNI kapal selam kilo bisa kita miliki.....amin

    BalasHapus
  2. "Kita sudah berpengalaman membeli alat perang bekas."

    Mohon ijin bapak panglima.... Kok kesannya beli bekas mulu dan bangga betul beli barang bekas :""(

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul tu, mending buat beli baru aja, type 214 dari turki sudah AIP nya..
      sekalian ToT

      Hapus
    2. Beli baru?? Wani pirooo ?? Duitnya udah digerogoti rakyat sendiri untuk subsidi BBM.

      Hapus
    3. Beli baru ? waktunya kelamaan. 1 unit KS butuh 2 tahun, 10 unit KS butuh waktu 20 tahun...he...he..

      Hapus
  3. mantap bungkus pak


    JAYA TERUS INDONESIAKU

    BalasHapus
  4. FAKTA TERBARU : OREO SEPERTI NARKOBA

    http://baroinfo.com/kesehatan/makan-oreo-bikin-kecanduan-seperti-kokain

    BalasHapus
    Balasan
    1. indo defence jg bikin kecanduan bro, sma aj..

      Hapus
    2. apalagi nasi bro. kita tiap hari kecanduan sama yang namanya nasi... wakakakakaka

      Hapus
  5. Semoga cepat terealisasi pembelian 10 KS KILO RUSKY untuk AL - nanti nya koleksi KS RI : 2 U209 retropit- 3 U214 chongbogo-10 KILO class-

    BalasHapus
    Balasan
    1. changbogo type 209, yg type 214 namanya suh il won

      Hapus
    2. berita itu hanya untuk permisi ke negara sekitar, sekarang udah masuk 2 kilo, tinggal nunggu 8 lagi :))

      Hapus
  6. kapal selam bekas gk apa2 kalau yg pakai rusia.... Di jamin barang masih bagus,.....

    BalasHapus
  7. "Kapal selam dari Rusia sudah ada. Mereka membuka kesempatan karena kedekatan dengan kita,"


    ehhmmm... Maksud kata pak purnomo itu berarti sudah punya kapal selam dri rusia ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar bro, kapal selam dari rusia itu sudah ada. Yaitu 10 kelas kilo (412), yakinlah. Penawaran 10 bekas sekarang adalah kamuflase keberadaan 10 yg sdh ada (pangkalan palu itu biaya besar tak mungkin utk 2 kapal selam doang).

      Hapus
    2. kami butuh penampakan lontong Ya Allah

      Hapus
    3. dasar bodoh....ketipu dengan editan kelender

      Hapus
    4. Percaya brother ku semua.. semuanya nanti.. kapal selam itu jumlahnya 24.. satu akan pensiun.. 14 konsumsi publik.. 10 rahasia.. hihihihi

      Hapus
  8. Bekas berapa tahun? Saya si setuju saja dapet bekas, selama masih baik dan layak untuk dipakai. Tapi jangan gegabah loh kalo dapet barang bekas mematikan, bisa mematikan tapi sebelum digunakan mati duluan itu yg harus dipertimbangkan. Kalian pasti tau maksud saya.

    BalasHapus
  9. Satu lagi rhan 122 sdh diumumkan sebagai perisai rudal 15 km (gps). Kalo sdh diumumkan biasanya ada yg lebih hebat lagi yg dirahasiakan. Tebak ? Yaitu rx 420 (diuji 2010) telah menjadi rudal balistik 3 digit. Dan kerjasama c 705 adalah kamuflase penguasaan indonesia peluru kendali. Dan peluncuran satelit sdh pasti dilakukan mandiri (ini nanti menjadi bukti penguasaan peluru kendali rx420).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kabar untuk rx 550 gimana mas bro....kapan diuji terbangnya ???

      Hapus
  10. Yah isinya disinformasi...enggak karu2 an. Mbah Pur bilang ADA dan mungkin, pejabat KEMENHAN : kayaknya enggak jadi, karena enggak sesuai. Mbah Moldoko : menarik....
    FORMIL PANAS DINGIN......

    BalasHapus
  11. yg dibonceng udaloy class Admiral Pantelev langsung ke palu & surabaya 2 biji, trus (kabar angin) yang ngawal pak putin ke bali abis dimainin gitar pak sby gak mau pulang 1...
    ada 5 lontong donk hari ini???

    BalasHapus
  12. Kalau beli bekas terus gak diapa-apain itu baru kita prihatin,,, tapi kalau beli bekas lalu dimodif dan diperkuat sehingga musuh tidak tahu lagi speknya itu perlu diacungkan jempol! lihat tuh kapal frigate kelas Achmad Yani kita dipasangin rudal Yakhont,,, jadi menakutkan walaupun kapal nenek-nenek,,, Australia kapal perangnya bekas AS tapi dimodif dan dipersenjatai rudal-rudal Inggris,,, hehehe biasa aja ituuu brooo,,,

    BalasHapus
  13. Sudah jellas ada , kami liat sendiri gapung di sorong dari bentuknya kilo class moncong besar dan lebar , nampak gagah sekali sobat, sudah di pastikan kilo class bukan changbogo class sudah ketcill bentuknya mirip tempayan .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayang gan......coba difoto, pasti cetar membahana. Atau mungkin malah tinggal nama he...he....

      Hapus
  14. x-) nyang jelas kilo seterongg x-) :>)

    changbego :-s :-s

    BalasHapus
  15. jauh jauh pesan kapal selam ke rusia,di palembang banyak yang jago buat kapal selam..murah lg

    BalasHapus
  16. Dan kalau bisa,
    itu akan lebih bagus, ya,ea pak jendral laksanakan jgn terlalu lama ya.

    BalasHapus
  17. Ibarat, ane lbh ngebet ngebeli mobil baru drpd nyang bekas. Nyang bekas pastiannye cenderung sgt murah namun brg baru di liat dr segi teknis makin mutakhir dan efek getarnye jauh lbh tinggi.....!! YDUR bin KUDATERBANG.

    BalasHapus
  18. klo beli alut bekas dari om rusk gak akan dikibulin kyak beli dri om sam. Jarak tembaknya ini bsa 300 km, itu kita blm punya . coba dipikir deh. klo beli baru kan lebih dari 10 trilyun persatu kpl selam . duit siapa?

    BalasHapus
  19. oh gitu ya pak menhan....minat atw sudah di kolam kita :>)
    bekas tapi kok bikin khawatir negara2 tetangga ya....?so what gitu loh biar barang bekas tp ngefek n masih mulus emng salah ya//??

    BalasHapus
  20. Percayalah brother semua.. itu lontong ntar jumlahnya 24 setelah penawaran 10 ini selesai.. 1 akan pensiun (yg tdk retrofit).. 24 utk 3 pangkalan (lampung,surabaya,palu).. 14 akan menjadi konsumsi media.. 10 tetap rahasia.. hihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari 24 lontong.. 10 akan dipasang yakhont (yg skrg sdh ada).. yg 10 lagi lontongnya rahasia akan dipasang rudal rahasia.. 1 lontong terpedo doang.. 2 lontong rx420 (changbogo).. 1 lontong rx550 (changbogo indonesia)

      Hapus
    2. klo AMUR masuk yang mana.??? :d

      Hapus
    3. Udah masuk semua itu boss... jangan bingung.. aman koq.. tapi belum cukup ngadapin.. pangkan militer cocos.. natal.. darwin.. filipina.. pasifik.. and bakalan singporno.. hadehhh.. atut nih !!!

      Hapus
  21. ya elah si bapak main drama nya kelamaan, sdh ambil saja dari 10 yg di tawarkan 3 di antara nya baru, biar gak heboh. :)

    BalasHapus
  22. Bisa nangis thu Aussie ngadu ke Paman Sam mintak ditolongin untuk menggerakan LSM dan anngota DPR bokingan Paman Sam agar dibatalin aja nhi KS Rusky...,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. ano 19.34, iya ente bener banget tuh,,, yang kita takutkan bukan goyangan dari luar tapi goyangan dari dalam sendiri,,, lihat aja tuh MK digoyang karena membubarkan BP MIGAS ,,,, asing tidak suka,,, nanti lihat aja tuh ,,,, beli KS 10 biji ,,, TNI digoyang lagi soal mark-up segala macam ,,,, sama Modus Operandinya waktu Megawati mulai beli Jet tempur SUKHOI ,,, digoyang abis-abisan ,,, makanya kita harus rapatkan barisan ,,, gempur itu LSM yang beragenda BARAT !!!!!! ada juga LSM beragenda TIMUR tapi sponsornya dari BARAT juga ,,,, waspadalah waspadalah ,,,,

      Hapus
    2. Ente ini komen apaan????
      Nyerocos g ada manfaatnya.

      Hapus
    3. Ano 06.43 keluarganya ada yg kerja di LSM tuh... tersungging deh...

      Hapus
  23. Tolong di beliin mesin genset buat mengatasi pemadaman listrik di sumut,lht saja zaman gini msh ada pemadaman lampu yg berlangsung lama....negeri ini banyak tukang garong...hingga mesin tua tdk dpt di ganti

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan sumatra aja bang,jawatengah jg ada pemadaman
      listrik..semakin lama pemerintah kt koyok djanc0k..
      Banksattt para k0rupt0r.akil.anas.andi.

      Hapus
    2. ya emang bung kita banyak pemadaman,tp harga generator,turbin,apalagi sekarang musim kemarau,so,,,jaga alam biar kita ngga kekurangan air,

      Hapus
    3. hari gini pemadaman listrik...hellooooo udh tahun 2013 lho ini bentar lg 2014...
      bukan jaman penjajahan lho ini...maka nya klo pemerintah mau bangun PLTN (nuklir) harus d setujui,nah ini masih pake PLTD (diesel)...minyak d indonesia ini aj kritis...
      blom jg d bangun PLTN udh d ganyang dluan sma masyrakat...wkwkw
      dan perlu lu ingat tiap tahunnya konsumsi listrik d indonesia ini meningkat lho bray...

      Hapus
  24. mikirnya jgn kelamaan jenderal, bungkus aja cepat keburu dikasih ke negara lain

    BalasHapus
  25. udah pada liat brita baru? Malingsia dah mulai bikin pasukan marinir dan pangkalannya sengaja ngadep ke kita, kalo gak ada kilo bakalan mampus tentara kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang kenapa kalo Malaysia bikin pasukan Marinir baru??? Ya, biarin saja itu khan urusannya dia, 'tul, g???
      Urusin tuh urusan ente.!!!!!

      Hapus
    2. wooww takut..hehe bro tipikal orang malay itu klw merasa unggul dikit mereka slalu bikin onar dengan kita,dan mana mereka sekarang tdk bikin onar lg,jd mereka sekrng berfikir panjang klw mau bikin onar sm kita,alasannya knp..?ya lo tebak sendiri deh,,,

      Hapus
    3. Klo konflik gak usah lama2, sgr aja bentuk pos komando blasah kecoak malon...

      Hapus
  26. Yang diambil 10 bekas, tapi Typhoon Class, pangkalannya di Tj.Priok =p~

    BalasHapus
  27. Aliran ngayalulah wal ngimpimulah telah berkumpul....

    BalasHapus
  28. Menarik...dan akan semakin menarik...klo dilihat dari teken kontrak yang dulu mah...kayanya dah berenang renang dikolam kita..and klo dari pernyataan pernyataan yang ada kayanya sudah berenang renang tuh..makin panas dingin dah..

    BalasHapus
  29. kalo pak moeld ambil kilo sekarang, 10 tahun lagi udh jadi barang rosok..
    mending beli baru aj 4 aj gpp.. tp bisa tahan 30 tahun..

    salam bhineka tunggal ika

    BalasHapus
  30. Memerlukan kajian yg mendalam seberapa bisa untuk di korup,dan berapa banyak bagi2 nya,,baru di acc DPR ha2,,,bagi2 Ampau,,,Proyek.

    BalasHapus
  31. Kapal selam sunyi dan senyap,sprti itu jugalah proses pengadaannya...! Dan mereka sudah wara wiri mnjaga halaman negara kita...

    BalasHapus