Jumat, Oktober 18, 2013
19
Tucano Membawa Bom-n

LUMAJANG-(IDB) :  Sejak kedatangannya satu tahun yang lalu, pesawat Tempur Super Tucano telah melakukan uji coba dalam latihan air to ground yang pertama pada bulan Februari 2013 lalu, dan hari ini Jum’at (18/10) Pesawat Super Tucano kembali melakukan latihan penembakan Air To Ground di AWR Pandan Wangi Lumajang, Jawa Timur.


Tucano Membawa Bom-330
Pesawat Super Tucano membawa bom


Penembakan hari ini melibatkan 2 pesawat Super Tucano dan secara bergantian pesawat buatan Brasil yang masing-masing membawa 3 bom menggunakan Bom Latih Asap (BLA) seberat 250 kg, menembakan bom dari ketinggian 4000 kaki dalam 3 sortie penerbangan.


Menurut Kepala Pentak,  Sutrisno, S.Pd, M.Si., latihan ini dimaksudkan sebagai ajang uji kemampuan dan mengasah ketrampilan para penerbang-penerbang pesawat tempur Super Tucano dalam melakukan operasi-operasi udara yang dibutuhkan utamanya kemampuan dalam ketepatan menembak atau menghancurkan sasaran sekaligus untuk meningkatkan kemampuan tempur yang handal dan profesional.


Tucano Membawa Bom-475
Dua Pesawat Super Tucano dari Brasil latihan penembakan Air To Ground

Dengan pelaksanaan latihan ini diharapkan akan semakin meningkatkan profesionalisme dalam menembak dari udara ke darat yaitu dapat menembak sasaran dengan tepat, sehingga jika dibutuhkan setiap saat para Penerbang Super Tucano telah siap bertugas.

Oleh karenanya, kata Sutrisno,  latihan ini akan berjalan selama satu minggu ke depan, dengan take off dan landing langsung dari landasan pacu Lanud Abd Saleh, agar kemampuan yang diharapkan dapat terwujud sebagaiman yang direncanakan. 





Sumber : Poskota

19 komentar:

  1. Nice Info gan :D

    HOT NEWS : INDONESIA JUARA HACKING DUNIA

    http://baroinfo.com/teknologi/indonesia-juara-ke-3-kompetisi-hacking-dunia

    BalasHapus
  2. Gw denger tucano di taro di Papua digunakan toek ngejar pesawat asing nah ini sudah ide gila...gmana kalo yg masuk f 18 atau pesawat jet lainnya malah tuh tucano jd kaya ketawaan bg mereka, knp kalian tidak taro f 15 atau hawk aja di sana toek intercept pesawat2 gelap, tp kalo tucano di pake toek air fire support toek darat baru setuju...tolonglah di pertimbangkan lg dan jangan permalukan bangsa kita ini!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu namanya disinformasi! Emang Tucano untuk intercept pesawat asing? ya enggak mungkinlah.....sama dg ngejar jambret pake Rx king dg becak. Tucano jelas fungsinya sbg ground attack. Kalo untuk intercept dah disiapin F 16 / Hawk di Biak.

      Hapus
    2. Juancukkk lucuuu ngejar jambret naik RX King dengan becak.. Haaa haaa lucu lucu... Ono ono aeee

      Hapus
    3. Denger dari mana mas bro...jangan ngegosip ah...ini bukan infotaiment. Sampe sekarang ga ada tuh Super Tucano ditempatin di Papua. Yang jelas Super tucano tuh dibeli utk menggantikan OV-10 Bronco sebagai pesawat COIN alias Counter Interguency alias utk anti peperangan gerilya. Kalo pun harus di tempatin di Papua bukan berperan sebagai interceptor tetapi lebih untuk mebackup satuan darat yang bertugas di Papua.

      Hapus
    4. yg di-intercept ya tentu bukan pesawat tempur sekaliber itu 'kang....pengalaman saya di sana, yang sering nyelonong masuk itu pesawat2 kecil macem sekelas Cassa 212 gitu lah. itu org Australia yg pura2 misi kemanusiaan padahal sih ngambil foto udara dan nerjunin bantuan buat OPM. Mereka biasa terbang rendah sejak dari laut, lalu masuk dengan berlidung dari tangkapan radar dengan memanfaatkan kontur geografis yang bergunung2.

      Hapus
  3. Klo super tucano sdh lihai, PT DI siap buatkan yg lebih hebat, ya sekelas A-10 thunderbolt lah!... spt kata Wak Habibi: buat apa bikin jet fighter, lebih baik pesawat baling2...

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk ap gunakan mesin jet mahal ongkos operasionalnya,,,
      dan mesin turbotrop (baling") lebih hemat operasionalnya...

      menurut gw jika mesin jet itu boros,,buatlah teknologi yg ad mesin jet itu utk lebih hemat...mesin turbotrop cocoknya d jadikan pesawat antar provinsi dan kecamatan aj..wkwkw
      gw tdk sinis dgn PT DI tp gw ingin PT DI bs lebih lihat realita sekarang ini...
      jika masih berpikiran mesin jet itu boros,maka tdk akan pernah maju PT DI dan bersaing perusahan" Boieng dan Air Bus...

      Hapus
    2. Ya gitu yg bener... Habibi, klo ingin berjasa pd negara, bikin warthog bisa nggak? Klo bisa, berarti pernuataannya gak salah... walaupun ifx hrs trus lanjut...

      Hapus
  4. super tucano sesuai fungsinya digunakan untuk peperangan anti gerilya,bukan intercept pesawat tempur macam F-18/F-35. Penempatan di Papua merupakan keputusan yang bijak mengingat di Papua msh terdapat OPM

    BalasHapus
  5. Nah loe baca kaga di news itu tucano di taro di papua untuk mencegat pesawat2 gelap dan ide gila ini yg ngomong KASAU sendiri, gw hanya ngakak aja ngebacanya apa kaga tolol tuh orang kaya bemo ngejar Ferrari hahahaha tp kalo di pake toek ground air support masih make senselah...hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Papua sering terjadi black flight. Dan pesawat yg digunakan untuk black flight ini memang bukan bermesin jet. Karena kebanyakan mereka melakukan pengambilan data dari udara atau dropping kebutuhan OPM. Jelas bukan untuk intercept F18 Sonotan, kalo itu dah disiapin F16/ Hawk do Biak.

      Hapus
    2. ano 00.19 klo baca berita itu makanya jangan asal baca doank, ga di perhatikan kata2nya, liat yg di cegat pesawat apa, coba baca ulang ..di situ cuma di jelaskan untuk mencegat pesawat asing,bukan pesawat TEMPUR asing,? artinya pesawat komersial. yg kecepatannya msh dibawah super tucano.
      yg punya Kecepatan maksimum : 590 km / h (319 knots, 367 mph)
      kecepatan cn 235 saja Kecepatan Maksimum: 509 km/j (317 mpj),,
      klo kecepatan casa 212 Kecepatan maksimal: 370 km/j (230 mpj)
      ini mash bisa di kejar..
      TNI juga tau kapasitas super tucano.. mereka bukan anak kecil lg,, ga seperti sampean yg ga bisa baca dengan jelas.. langsung coment.. dah gitu ngatain KSAU tolol lagi,, akhirnya malu sendiri..

      Hapus
    3. Setuju ama mas Andri...Kasau itu bukan bodo..dia dilahirkan di Skadron 11 alias skadron tempur pemegang rating A-4 Skyhawk, pernah jadi Komandan skadronnya, Ketika Skad 11 isi nya SU 27/30 dia malah jadi Komandan Lanud Sultan Hasasuddin tempatnya Skad 11. Gua kuatir tuh yang bodo yang ngasih comment ngga nganalisa tulisan. Setau gua black flight yg didefinisikan sebagai Lasa X oleh Satuan Radar, di daerah papua, kebanyakan black fligt pelakunya adalah cessna yg banyak digunakan oleh perusahaan pertambangan atau misi misionaris (MSA)..

      Hapus
  6. Btul sdara2 kalo utk intercept jet tempur pake hawk dibiak dgn rudal sidewinder ala kdarnya,tp sya ragu klo yg lwat super hornet ato nanti f35 jsf bsa ngatasi . Minimal su 35 bm baru sepadan.

    BalasHapus
  7. untuk saat ini hawk 200 dan f 16 sebagai intersep di papua sudah cukup baik ..dan kita jangan pesimis degn apa yg kita punya yg walaupun kalah dalm spek di atas kertas..ingt saat hawk kita dog fight dgn hornet si ausie disaat akan lepasnya tumor timur..hawk kita bisa memberikan perlawanan yg luar biasa seakan di luar kemampuan pesawat kecil itu..lihat siapa di belakang senjata itu..itu untuk saat ini dan untuk nanti kedepannya jelas ada lompatan yg lebih baik ..sepadan atau lebih baik dari mereka..kt yg mengamati dan komentar dan mengadirkan banyak pandangan dan apatah lagi dari TNI sendiri yg ahli di bidangnya tentu lebih paham akan peralatan yg di beli..kita ingin yg terbaik dan kita lebih ingin yg terbaik tsb adlh dari karya kita sendiri...HAYO GENERASI MUDA INDONESIA yg pynya kemauan dan kemammpuan berbutlah untuk negara ini karana cintamu pada persada nusantara ini...

    BalasHapus
  8. Itu f 16 yg kita punya msh proses di upgrade dan juga belom di taroh di biak permanen n ente juga di berita2 pesawat jet oz sering hilir mudik dr papua sampe ntt dan kita tidak mempunyai kekuatan untuk intercept dan kite hanya ngeliat di layar radar, untung mereka kg nyerang tp kita malulah ngeliat kelakuan mrk, dan kita juga sering mengeluh krn kekuatan au kita yg tidak mengcover seluruh wilayah RI krn terpusat di suatu tempat doank meskipun kasau mantan pesawat tempur tentunya dia know better penggunaan dan penempatan kekuatan tempur tp yg gua liat sekarang malah kemunduran beliau dalam pemetaan dan penggunaan alat tempur!!!

    BalasHapus
  9. Goblok-goblok semua, sekarang yg jadi andalan utk intercept pesawat asing adalah Su-27 SKM dan Su-30 MK2 bukan F-16 A/B atau Hawk -209/109, jelas ?!

    BalasHapus
  10. WADOOOOH ,,,, NGELIHAT TAMPANGNYA SUPER TUCANO NGERIIIIIII DEH,,,, NGERI DI GIGIT ,,, IIIH GIGINYA SEREM-SEREM ,,,, WKWKWKWKWKWKWK

    BalasHapus