Minggu, Oktober 13, 2013
10
JAKARTA-(IDB) : Indonesia dan Korea sepakat memperluas kerjasama industri pertahanan. Di masa mendatang kerja sama ini tidak hanya tentang pengadaan persenjataan serta alih teknologinya, diharapkan mencakup rancang bangun dan produksi bersama.

Demikian disampaikan Presiden SBY bersama Presiden Republik Korea Park Geun-hye usai tentang hasil pertemuan dua delegasi yang mereka pimpin. Pertemuan berlangsung di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta, Sabtu (12/10/2013).

"Kami sepakat untuk disamping pengadaan kapal selam atau pesawat-pesawat tempur tapi juga ada proyek-proyek bersama di mana sumber daya manusia baik dari Indonesia maupun Korea itu bersatu, untuk meningkatkan industri pertahanan di kedua negara dan utamanya yang kami kerjasamakan," kata SBY.

Proyek pengadaan kapal selam dan pesawat tempur dari Korea untuk Indonesia saat ini sedang berjalan. Kerjasama ini juga termasuk bidang pelatihan militer, saling kunjung perwira dan lain-lain.

Presiden Republik Korea Park Geun-hye di dalam keterangannya menyatakan keyakinannya bahwa kerjasama dengan Indonesia akan kokoh. Korea siap memfasilitasi kebutuhan Indonesia untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas militernya.

"Kita menyambut baik kedua negara menandatangani kerjasama pertahanan nasional. Presiden SBY dan saya sepakat untuk memfasilitasi kemajuan kerjasama pertahanan yang ada seperti sumber daya manusia selain pengadaan pesawat tempur dan juga kapal selam. Kita akan kerjasama antara perusahaan Indonesia Korea dalam proyek pertahanan," ujar Presiden Park Geun-hye yang berbusana warna merah.





Sumber : Detik

10 komentar:

  1. RI-Korsel Akan Buat Jet
    Tempur Canggih, BJ
    Habibie: Itu Salah dan
    Omong Kosong Sebelumnya, mantan Presiden
    dan Menristek BJ Habibie angkat bicara dan menyangga soal rencana pengembangan bersama jet tempur canggih antara Indonesia dan Korea Selatan (Korsel) yang biasa disebut KFX/IFX. Menurut Habibie, Korsel tak unggul dalam bidang teknologi pesawat terbang termasuk jenis tempur, bahkan rencana kerjasama ini
    kini dibekukan sementara oleh pihak Korsel. “Itu salah. Sekarang ini di-freeze kan? Itu omong kosong, wrong. Tapi dia nggak kasih kan?” kata Habibie pekan lalu. Habibie menegaskan, Korsel malah pernah mengimpor pesawat militer CN235 buatan PT Dirgantara Indonesia (PTDI). Bahkan, Habibie bercerita soal pengalaman Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Chappy Hakim saat kunjungan
    kerja ke Korsel disuguhi pesawat VIP yang tak lain adalah CN 235 buatan Indonesia. Saat itu, CN235 dianggap pesawat paling aman daripada helikopter ketika cuaca buruk. “Dari mana dia nggak unggul dalam bidang itu? Commercial airplane pun kita lebih unggul.” kata Habibie.

    BalasHapus
  2. tokokuka.com

    DVD Tutorial, Peralatan Komputer, Sepatu dan Batik Bola.
    Koleksi terlengkap dari kami untuk anda :*.

    baroinfo.com

    Info info unik, fresh, hot untuk kita semua.

    BalasHapus
  3. Kalo Bp Habibie ngomong korsel ga bisa bikin pesawat tempur lha kenapa terus KAI bisa bikin T50,TA50,FA50 golden eagle sebagai dasar pembuatan jet tempur pertamanya,malah kita beli dan sdh parkir di madiun 4 unit lagi?! Kalo macam CN235 mereka (KAI) belum bisa bikin. Kita semua berharap agar PTDI bisa bikin juga jet tempur kedepannya walau saat ini msh berwujud impian yang dikembangkan,tapi sungguh bijaksana kalo impian tsb tidak dirusak oleh pemikiran2 yg menjatuhkan impian tsb. By. Cougar

    BalasHapus
  4. Tambahan lagi dan maaf bukan merendahkan bapak dirgantara indonesia Bpk BJ Habibie,kalo kita melihat dari segi kemampuan saya kira bpk habibie atau PTDI/PT REGIO hanya spesialis pesawat penumpang aja dan bukan pesawat militer. Jadi kalo yg memberikan komentar kalo KAI-korsel ga mampu bikin jet tempur macam lockheed martin,boeing,northrop grumman,dassault,saab,sukhoi,bisa jadi masuk akal karena yg kasih komen bukan pabrikan pesawat komersil aja tp pabrikan jet tempur juga.
    By. Cougar

    BalasHapus
  5. YANG PASTI AMBIL POSITIF THINKING AJA BRO...ANGGAP UCAPAN HABIBIE TU SEBAGAI TANTANGAN BUAT PTDI-KAI KORSEL BISA GA MEWUJUDKAN KFX/IFX TU?!

    BalasHapus
  6. Dengan kata lain Proyek KFX / IFX lanjut lagi donk......Good...good...good...

    BalasHapus
  7. aduh dah ini negara, kalo si kebo masih ladenin juga artinya presiden kita bener2 goblok [-(

    BalasHapus
  8. paling di bo'ongin lg

    BalasHapus
  9. korsel ga kan bs gerak bebas msh distir ma usa

    BalasHapus
  10. Pak Habibie sengaja ngomong begitu hanya untuk mengetes kemampuan dari PT DI dalam membuat pesawat tempur,, tujuannya agar PT DI bisa membuktikan kalau apa yang di katakan pak Habibie itu salah :)

    BalasHapus