Kamis, Juli 11, 2013
1
BELAWAN-(IDB) : Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) I Belawan Laksamana Pertama (Laksma) TNI Didik Wahyudi, S.E., meninjau pelaksanaan docking KRI Pati Unus-384 di dermaga Belawan, baru-baru ini.

Kapal Perang milik TNI Angkatan Laut jajaran Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar)ini berjenis Korvet kelas Parchim. Namanya diambil dari nama Raja ke dua Demak yaitu Pangeran Patiunus, kapal ini pertama kali sejak dibeli dari Jerman Timur pada tahun 1993 naik Docking di Belawan guna pemeliharaan dan Perawatan bawah air sekaligus pengecetan Kapal. Sebelumnya, Kapal Perang yang didesain untuk perang anti Kapal Selam di perairan Dangkal/Pantai ini pernah juga naik Docking untuk pemeliharaan Perawatan pada tahun 2011 di Jakarta.
   
Menurut Komandan KRI Pati Unus-384Letkol Laut (P) Tubagus Budi Wahyudi yang diwakili Perwira Pelaksana (Palaksa) KRI Pati Unus-384 Mayor Laut (P) Ropitno, pemeliharaan Kapal Perang ini direncanakan selesai dalam waktu sepuluh hari dan pekerjaan pemeliharaan kapal  meliputi pengangkatan serta pembersihan tritip yang menempel didasar bodi kapal sekaligus pengecetan kapal.   







Sumber : Koarmabar

1 komentar:

  1. Ada yg sdh ngerti dg "Tritip"?
    Tritip adalah sejenis kerang laut yg sering nempel di badan kapal yg terendam di air laut, apabila tidak dibersihkan seringkali menyebabkan diding kapal jadi "bolong" halus sehingga air laut merembes kedalam.
    Untuk itu si perlukan pembersihan trtip tadi dengan peralatan khusus semacam pahat berputar dengan kekuatan ekstra besar.
    Atau kalau mau irit dan agak mengurangi tritip yg merupakan biota laut, maka masukkan saja kapal ke alur sungai yg agak jauh kehulu, rontok deh itu tritip, misalnya kapal dilayarkan ke sungai Musi Palembang, di jamin itu tritip akan rontok dengan sendirinya.

    BalasHapus