Rabu, Juli 24, 2013
77
JAKARTA-(IDB) : Menteri Pertahanan RI Purnomo Yusgiantoro, Selasa (23/7) menerima kunjungan  Duta Besar  Rusia untuk Indonesia, Mikhail Y. Galuzin, di  Kementerian Pertahanan, Jakarta. 
 
Adapun maksud kunjungan Dubes Rusia kepada Menhan ini adalah untuk membicarakan beberapa hal yang menyangkut kerjasama teknik militer antara kedua negara. Diantaranya adalah  kerjasama Angkatan Laut kedua negara dalam hal penyediaan material dan renovasi untuk Kapal Selam. 

Selain itu Dubes Rusia pada kesempatan tersebut juga menyampaikan bahwa pemerintahnya akan mengadakan pameran senjata “Rusian Arms Expo” yang diselenggarakan pada akhir bulan September mendatang di salah satu kota disebelah timur  Moskow di Rusia. 

Dubes Rusia juga mengatakan bahwa pameran yang diselenggarakan saat ini merupakan pameran terbesar yang akan menampilkan persenjataan militer khususnya untuk Angkatan Darat. Dubes Rusia berharap Menhan dapat menghadiri pameran persenjataan militer tersebut.







Sumber : Kemhan

77 komentar:

  1. mantaaaaap, pelan dan pasti keberadaan KS kita teknologi terbaru dr rusia akan terungkap...

    BalasHapus
  2. Mppffttttttttt......ini nih.....

    BalasHapus
  3. blm beli kapal selam dari rusia tapi sudah mau direnovasi hmmmmm.....

    BalasHapus
  4. Renovasi KS yang mana?
    Pasopati?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ITU KEHEBATAN TNI DALAM MENYEMBUNYIKAN ALUTSISTANYA.........BRAVO....... MAJU TERUS TNI JANGAN SAMPAIN NEGARA LAIN MENGOBOK OBOK KEDAULATAN NKRI

      Hapus
  5. Sebenarnya isinya Perawatan ks kilo yg sudah 3 tahun di beli RI

    BalasHapus
  6. pengadaan material..perawatan..plus aplikasi teknology russia ini..justru menimbulkan pertanyaan..tanda tanya besar..? apakah changbogo yg kita akuisisi itu jg akan dilengkapi rudal yakhont atau torpedo buatan russia..?? atau dari kri cakra class diinstal radar buatan russia..atau bisa jadi kilo class order..apapun beritanya..hub indonesia dan russia ini diliputi misteri...top secret program. Arhanud kita kedepan akan diperkuat pantsyr..buk m1 dan Bastion. jikalau memungkinkan APBN kita kuat s300 bisa jd alternatif dan diakuisisi oleh TNI AD.

    BalasHapus
    Balasan
    1. NDAK BAKAL SALAH BUNG KARNO CARI SAHABAT

      Hapus
  7. Bahasa kode... Artinya kalender TNI AL itu bukan hasil sotosop... Uuuupsssss..........

    BalasHapus
  8. mudah2an kebenaran TNI membeli kilo class tsb benar adanya,,,, memang sangat aneh apabila rusia menawarkan kerjasama material dan renovasi kapal selam apabila TNI tdk punya kapal selam buatan rusia

    BalasHapus
  9. Sudah jelas sejelas jelasnya bahwa RI dah punya 2 bh ks kilo

    BalasHapus
  10. Yg pasti ks nanggala gk bisa di ksih yakhont....
    Pangjang yakhont gk muat dalam ks nanggala...

    BalasHapus
  11. mau tanya gan.. .apa benar kita cuma punya ks 2 unit saja.....trus ks yg lainnya pd kmn yyy... apa mungkin ini adalah rahasia negara....minta petunjuk gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul masih di rahasiakan

      Hapus
    2. Sok tahu elu,omonganmu gaya nya kayak jendral, sikat gigi dulu dong Bauuu mulutmu

      Hapus
  12. sebuah tanda pertanyaan besar.ada apa?

    Di ba smw itu

    BalasHapus
  13. renovasi kapal selam djaman boeng karno, jang sekarang ada dan tergeletak di soerabaja djoega jang karam di teloek bajoer

    BalasHapus
  14. asyik kilo kilo
    jadi bener dong berita kompas waktu itu bahwa yakhont diluncurkan dari nanggala. nanggala kan nama tuk ks tni al dan ks yg bisa nembak yakhont yakni kilo teknologi terbaru yakni amur class.
    jadi kita punya ks lebih dari 2 dong

    BalasHapus
  15. Kilo dah dilaut indo bos.ks indo rahasia makanya gak di buka di publik.kecuali yang ecek ecek...mungkin

    BalasHapus
  16. Negara kita dah pengalaman punya senjata rahasia!!! Tak perlu di umumkan di tiap2 masjid!!! Cukup secara tersirat saja ambillah kesimpulannya!!! KS KILO sudah tentu ada pertanyaannya adalah kita punya 2 atau 4 biji KS kilo?

    BalasHapus
  17. Australia lebih tau jumlah ks indo drpd orang indo sendiri....

    BalasHapus
  18. Mas mas bangun jangan mimpi melulu , bubar kan FPI

    BalasHapus
  19. Bubarkan FPI ganti segera TIMOR PRADOPO pendirinya jangan mimpi melulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iye gw habis entotin artis artis elu terutama penyanyi Dangdut

      Hapus
  20. sssttt angan pada berisik takut kedengaran negara tetangga kita yg suka patok2 an

    BalasHapus
  21. apa hubungannya sama FPI kampret

    BalasHapus
  22. Ya benar ano2 kita punya ks kilo berikut buktinya:
    Pertama: Duta besar Rusia untuk Indonesia Alexander A. Ivanov. Tempo.co, 12 Desember 2011mengatakan Indonesia telah membeli kapal selam tipe BNV dengan tipe terbaru dengan teknologi termodern dari Rusia. Kapal selam ini antara lain mampu mengejar target dalam posisi di dalam laut ataupun di permukaan laut.
    Kedua: Kalender TNI AL yang memunculkan disain kapal selam Kilo Rusia. Institusi militer negara tidak mungkin memasukkan gambar alutsista secara penuh satu halaman, jika alutsista itu bukan miliknya atau bagian dari rencana pembelian.
    Ketiga: Kompas Cetak 26 September 2012:

    Jakarta – TNI untuk pertama kalinya akan meluncurkan peluru kendali (rudal) jelajah dari kapal selam. Menurut Kepala Dinas Penerangan TNI AL Laksamana Pertama (TNI) Untung Surapati di Mabes TNI AL, Cilangkap, Jakarta, Rabu (26/9), uji coba itu merupakan tonggak sejarah TNI. “Rudal jelajah Yakhont ditembakkan dari kapal selam KRI Nanggala. Rudal tersebut memiliki jangkauan hingga 300 kilometer dengan hulu ledah 200-an kilogram,” katanya.
    Kapal selam yang bisa menembakkan rudal yakhnot hanyalah sekelas Kilo/ BNV. Setelah berita itu menjadi heboh, tidak ada koreksi dari Kompas maupun Dispenal. Hal ini menunjukkan informasi yang disampaikan benar seperti apa adanya.
    Dubes Rusia Alexander A Ivanov mengatakan Indonesia telah memiliki kapal selam BNV (Kelas BNV adalah nama lain dari kelas Kilo 636 singkatan dari B =(B)(bolshaya, large) N = Novorossiysk (nomor B-261) V = Varshavyanka). Dispenal mengeluarkan gambar Kapal Selam Kilo di Kalender tahunan mereka.
    Gitu Ano-ano selamat buat TNI jaya selalu INDONESIA....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Elu ngisep ganja ya, Halusinasi

      Hapus
  23. " Kerjasama Angkatan Laut kedua negara dalam hal penyediaan material dan renovasi untuk Kapal Selam ".

    GAK ADA KATA2 KILO, ANEEH, NGAPA PADA RIBUT??

    BalasHapus
  24. Kapal selam adalah unit rahasia krn keberadaannya dibawah laut juga utk menghindari perlombaan senjata di kawasan shg keberadaannya dirahasiakan tp by the way dubes rusia pernah ngomong juga jumlah kapal selam kita. Utk kapal selam cakra dan nenggala memang disengaja keberadaannya utk diketahui khayalak ramai. Sesuai tradisi kita, kedua kapal selam itu hrs naik ke permukaan tdk di dlm laut bila berada didekat negara lain

    BalasHapus
  25. Saya setuju!...
    hmmmm... saya skrg paham.... "silent"..."secret".
    Mnrt saya,
    Pertama, hal ini bukanlah usaha agar militer negara tetangga tidak tahu, tp opini publik bhw ks kita masih tetap 2 tentu dpt menenangkan publik di kawasan.... ketenangan publik di kawasan inilah tujuan pemerintah RI dan TNI AL. Kalo ada inteljen asing tidak tahu bhw Indonesia punya kilo, maka itu bonus/capaian besar bg TNI AL.
    Kedua, ketika ancaman dr luar thp negara dianggap sudah nyata, perang ada di depan mata, maka kerahasiaan senjata strategis, seperti kasel, ya mutlak harus dijaga sebagaimana keselamatan NKRI mutlak harus dijaga.

    BalasHapus
  26. Nah cerdas....malon panas dingin
    ....scorpen kalah lagi....masuk wilayah indo siap siap karam....

    BalasHapus
  27. mantaaapp...!!!
    pelan tapi pasti....

    BalasHapus
  28. Ayo lon masuk bw scorpenmu....kami dah dah sering...kik kik kik

    BalasHapus
  29. ada bnyk kemungkinan ;
    1. indonesia mau buat pabrik kapal selam U 209 yg TOT ma korsel di PAL surabaya,, setidak nya butuh material yang tidak ada di indonesia,, untuk mendapatkan KS yg berkualitas maka digabung teknologi KS kilo dgn U209,
    2. misteri 10 KS indonesia pd jaman bung karno blm ada yg tau bangkai nya... apa mau di renovasi dengan material baru atau emang sudah ditenggelamkan,,,
    3.memodifikasi KS cakra/nenggala dengan material russia.. atau
    4 indonesia setidak nya butuh 12 KS.. klo di hitung yg ada sekarang cuma ada 5 KS itu plus dari korsel. soo butuh 7 KS lg, kemungkinan nya beli KS kilo dengan TOT di gabung dengan KS buatan indonesia. masih kemungkinan,,,,, yang tau cuma mabes TNI

    BalasHapus
  30. Kemungkinan KS Kilo itu sdh ada di kita, tapi masih di-"sembunyi"-kan
    disalah satu pulau kecil yang banyak di perairan kita, jauh dari masyarakat
    Dulu rencana tempat sandar KS Kilo itu ada di Kupang, atau di sekitar Kepulauan Kangean yg biasa untuk latihan meluncurkan torpedo latihan oleh kapal selam kita karena airnya jernih sekali, sehingga torpedo latihan yg meluncur itu dapat di amati dari udara karena mempunyai lampu yg berkedip-kedip sampai ke kapal sasaran.
    KS Kilo tidak mungkin sandar di dermaga Ujung Surabaya karena kolam yg ada dangkal.
    Itu semua masih kemungkinan yg belum jelas.

    BalasHapus
  31. Memang yg paling tau ya tni al!!! Tapi rakkyat pun tentu punya perkiraan bagi yg cerdas mencerna info!!!

    BalasHapus
  32. Pro kontra pasti ada,tp itu semua yg tau adlah pihak TNI.

    BalasHapus
  33. Psssttt...jangan keras-keras nanti ketahuan...

    BalasHapus
  34. Ngga usah Dibahas Panjang Lebar, Cuma Tuhan & Pemakai KS Itu sendiri yg Tau. Biarin Aja yg penting Kita Hidup di NKRI Ini Aman & Tenteram. Klo dibahas terus ntar bkan rahasia lagi...

    BalasHapus
  35. yang paling masuk akal adalah menyediakan material dan renovasi 10 KS indo whiskey class yg sampai sekarang gak tau kabarnya, kemungkinan besar 10 KS indo itu disewakan ke pakistan, dan sekarang telah selesai masa sewanya, anything is possible... whoo knows?

    BalasHapus
  36. whiskey kok mau direnovasi adaZ" aja, gak mungkin itu, yg ada RI buat kapal selam baru dengan sistem dari rusia supaya gampang integrasi antar kapal.

    Kita bisa bikin body lontong kapal selam tapi klo sistem, radar sonar, dan elektronika lainnya kita blm mampu nah kekurangan inilah ditutupi dengan kerja sama denga yg ahli yaitu RUSIA

    BalasHapus
  37. Darimana tahu kalo kita sdh mampu buat body kapal selam, ano 18.07?
    Ngimpi kali yee!!!
    Technologi body kapal selam kita juga belon menguasai. Ngomong kaya bedug. !!!!

    BalasHapus
  38. Baca bae, bae itu Russia punya maksud ajak Indonesia bikin semacam bengkel kapal selam plus Russia sedia membantu menyiapkan material yg dibutuhkan, bukan bikin kapal selam, bukan begitu katong.
    Kalo bikin kapal selem wong Palembang so jago dia.

    BalasHapus
  39. Namanya sama-sama Nanggala mas. Bedanya di nomernya. 402 dan 412..

    BalasHapus
  40. Kapal selam lagi ya??
    Tiap idb buat postingan tentang KS pasti para ano ano udah pada ribut KILO KILO KILO.
    Ya bolehlah berharap baik, tapi sewajarnya saja.
    Lebih baik Nohh tungguin aja Changbogo dari korsel....

    BalasHapus
  41. yang jelas KS Indo hanya ada 2 nama besar, iaitu nanggala & cakra. titik.

    BalasHapus
  42. Susah dikasih taunya kalo kagak ngeliat sendiri denfan mata kepala.....kik kik kik

    BalasHapus
  43. Yang udah tau ma senyum senyum sendiri

    BalasHapus
  44. Intelejen militer mengatakan indonesia setidaknya memiliki 5 kapal selam saat ini!!!

    BalasHapus
  45. Ano 19.28
    Sulit menerima kenyataan bahwa KS Indo lebih dari 2?

    BalasHapus
  46. udah jgn bersisik,tni mnjamin,kalau hanya untuk peperangan bawah laut,siapapun musuhnya,mereka hanya akan menjadi "kurcaci" hiu kencana.
    Hee

    BalasHapus
  47. ga mungkin banget kalo dah di kasih kredit sama putin lg yg dtng.masa indo ga tau etika trus ga di ambil...ane mah yakin ga mungkin kalo g di ambil bisa2 d cemberutin ma putin.

    BalasHapus
  48. waktu rame masalah sukro menhan sampai marah,apalagi masalah yg ga kliatan di utik2 dpr. murkanya bukan di mulut lg bisa2 di karungin.

    BalasHapus
  49. Wajarlah klw indo sdh atw akan punya ks kilo sebab itu kan ks klas berat nah cangbogo klas nomer ke 2.sama kaya angkatan darat nnti ada mbt leopard dan ringan tank scorpion.pswt tempur juga ada sukhoi sbg klas brat f16 klas 2.kapal perang juga ada fregat sbg klas berat kcr klas 2,rudal jg yakhont klas berat rudal china klas ke2,jd wajarlah

    BalasHapus
  50. Uda di aminin aj, klo qt punya KS cakra n nanggala ,gk usa mngada-ada.brhayal boleh aj bung... tp data resmi KS kita cuma 2 unit.intinya pencermatan dlm prkembangan kawasan psti da di antisipasi&di prhitungkn matang2 ole pihak kemenhan.

    BalasHapus
  51. Yang saya tau Kapal selam kita cuma 2 yang aktif & pesan. Sama Korea 3,Tapi emang negara kita perlu kapal selam kelas berat,masa TNI AD dpt MTB Leopard,TNI AU dpt Shukoi,TNI AL cuma dapat Kapal Selam Ringan dari Korea
    Khusus kapal selam kelas ringan kenapa belinya sama Korea ya ga sama pembuatnya langsung,Jerman,beli lah dari Jerman,jangan Korea,ToT pelit lagi tu Korea

    BalasHapus
  52. http://www.youtube.com/watch?v=Be0S-2_Dwh8
    lucuuuuuu abisssssssss

    BalasHapus
  53. Kmungkinan jg menunjang produksi kapal selam dalam negri bro..
    selain dgn korsel kita jg belajar dgn rusia.. dgn teknologi dan bahan khusus yg kita blm bisa..
    jg mengupayakan kemandirian dgn memberdayakan industri dlm negri..misal pt nipres produsen batre... rencana mau memproduksi 18 btre kapal selam sampai th 2025.. mari kita dukung bersama.. mumpung bulan Ramadan kita doakan bersama kejayaan NKRI.. bersatulah saudaraku...jgn berpecah belah dlm golongan2 yg saling menyalahkan dan saling menjatuhkan. salam.. met sahur,met berpuasa.. :-)

    BalasHapus
  54. Hmmm...renovasi kapal selam oleh rusia, emng negara kita punya kapal selam dari Rusia???'

    BalasHapus
  55. lawong gk punya KS buatan Rusia k Ruaianya nawarin penyedia'an " MATERIAL + RENOVASI KAPAL SELAM " .......Kan aneh Aja....
    gk usah d jawab yg jlas jwbnya udh psti taw.....
    sebnrya pnya ks kilo/armur....
    hanya TNI AL lah yg taw.so optimis aj lo buat Q....

    jayalah TNI AL.
    HIDUP NKRI......

    BalasHapus
  56. ks cakra dan nanggala dah direnovasi di korsel!!! Trus renovasi KS yg mana om rusky?? Jg mengada ada om! Tuh ponakan mu pd ribut!!

    BalasHapus
  57. Mas mas aku baru saja e ek nih bikin kapal selam di wc

    BalasHapus
  58. Udah pecat aja TIMOR PRADOPON Bubarin FPI dan PKS(partai Kapal Selam)

    BalasHapus
  59. TNI KEBO (pandawa lima palang)

    BalasHapus
  60. saran saya utk mengantisipasi penyusupan dan penyerangan oleh kapal selam negara lain terhadap kapal perang dan kapal selam indonesia serta obyek2 vital seperti pelabuhan, dan dengan mengingat indonesia adalah negara kepulauan dengan jumlau pulau belasan ribu pulau dan luasnya lautan yang memisahkan pulau2 indonesia tersebut, indonesia sebaiknya mengadakan kapal selam dalam jumlah besar dan berkemampuan teknologi tinggi, canggih dan siluman, dan yang tidak hanya dapat menembakkan torpedo dibawah laut tapu jiga dapat melakukan tembakan ke atas udara utk mematahkan serangan atau invasi negara lain melalui udara, monggo kepada pejabat2 kita utk memperhitungkan dan melakukan penelitian, terhadap jumlah dan posisi penempatan kapal selam yang saya sampaikan ini, penempatan di sekitar pulau natuna 2 kapal selam, 2 unit kapal selam di aceh, 2 unit su medan, 2 unit di riau, 2 unit di kepulauan nias, dan 3 di sumatera selatan, 3 di selat sunda, 2 di kepulauan banten, 2 di jakarta, 4 di selatan jawa, 2 di cilacap, 2 di surabaya, 3 di NTB, 4 di NTT, 2 dihalmahera, 4 di sulawesi, 5 di kalimantan, 5 di papua, di gorontalo 2 unit, kemudian di laut jawa distandbaykan 3 unit,

    BalasHapus
  61. Oo.. jadi ini detail kerjasama teknik militer indo rusia, I see.. I see..

    BalasHapus
  62. saya rasa sekarang adalah waktu yg pas bagi para tetangga untuk mempersiapkan mental mereka, mengakui kenyataan bahwa indonesia telah diperkuat aramada kasel KILO...

    BalasHapus
  63. tauk nggak kalo kilo ri sewa pake ama brunai...

    BalasHapus
  64. Ano 09.47 malon sinting kehabisan akal

    BalasHapus
  65. Renovasi ini ditujukan utk perbaikan dan upgrade kapal selam kelas Wishky milik tni al yang tdk mempunyai internal toilet yg sering merepotkan crew ks kelas ini serta penambahan AIP supaya lbh senyap, dan penambahan ruang karaoke. Semoga membantu.

    BalasHapus
  66. Indonesia sangat beruntung bersahabat dengan Rusia dan China, ketimbang bersahabat dengan AS.

    BalasHapus
  67. Indonesia sempat punya 12 kapal selam, 1 kapal selam di Mesiumkan dan 2 kapal selam yang sekarang sedang aktif. Mana 9 kapal yang lainnya ???

    BalasHapus
  68. semua ngomong kilo..
    ga tahu ya kalo semur yg kita punya? 8-)

    BalasHapus