Selasa, Juni 11, 2013
40
Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PKS Mardani Ali Sera mengatakan, postur anggaran untuk program jangka pendek modernisasi alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI, dari 2010-2014, sudah disusun secara matang dengan penyesuaian kondisi keuangan negara.

JAKARTA-(IDB) : Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PKS Mardani Ali Sera mengatakan, postur anggaran untuk program jangka pendek modernisasi alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI, dari 2010-2014, sudah disusun secara matang dengan penyesuaian kondisi keuangan negara.

Seperti diketahui, pagu anggaran Kementerian Pertahanan (Kemhan)pada APBN 2013 ini sekitar Rp 78 triliun. Kata Mardani, anggaran itu memang  sudah disesuaikan untuk mencapai postur pertahanan TNI yang memenuhi kekuatan pokok minimum atau Minimum Essential Force (MEF). Jadi, kalau anggaran dipangkas lagi, pasti akan ada keterlambatan dalam pencapaian target 37-40 persen di tahap satu untuk modernisasi alutsista TNI ini yang direncanakan atau disusun hingga 2024.

Di sela-sela menghadiri raker Komisi I dengan Menhan Purnomo Yusgiantoro, membahas Perubahan APBN 2013 dan RAPBN 2014 di Gedung DPR, Senin (10/6), Mardani mengatakan, kebijakan pemerintah yang akan melakukan penghematan anggaran di seluruh Kementerian /Lembaga pada perubahan pembahasan APBN 2013 yang tengah berlangsung di DPR saat ini, dikhawatirkan akan memberi dampak gagal tercapainya road map menuju modernisasi alutsista TNI untuk jangka pendek 2010-2014.

"Karena, belanja pegawa tidak mungkin kita kurangi dengan semangat UMR. Justru kesejahteraan bagi prajurit TNI itu diperbaiki. Yang akan dikurangi pasti belanja modal atau belanja alutsista. Dan itu sama saja kita mengingkari komitmen bersama di awal, ketika dengan gegap gempita Presiden SBY pada 5 Oktober di 2011 menyampaikan akan membangun kekuatan TNI yang kuat dengan anggaran memadai," tegasnya seraya mengatakan karena itu Komisi I sepakat tidak ada pengurangan anggaran untuk 2013 ini.

Kata Mardani, yang lebih berat sebenarnya pagu anggaran Kementerian Pertahanan di 2014. Dari Rp 173 triliun anggaran TNI yang diajukan atau diusulkan Menhan, yang disetujui hanya sekitar Rp 80 triliun atau hanya naik Rp 2 triliun dari pagu anggaran Kemhan di 2013 ini.

"Jadi cuma naik Rp 2 trilunan saja. Jadi, jauh sekali usulan anggaran untuk TNI yang diajukan Menhan ke pemerintah. Padahal, di 2014 nanti kita berharap dapat tercapai dari perencanaan tahap satu dari program modernisasi alutsista TNI tersebut," ujarnya.






Sumber : Jurnamen

40 komentar:

  1. capee deeeeh hi hi hi hi, Kedepannya SU-35, S-300, Improved Kilo dll tinggal mimpi di siang bolong

    BalasHapus
  2. wah kalau begini jadinya kapan alutsista TNI bisa lebih baik..ayo dong direalisasikan jangan cuma manis di bibir..masa cuma naik 2 triliun

    BalasHapus
  3. Gaji para anggota dpr dipangkas aja,
    Gak puentiiiing banget itu...
    Ya kan?

    BalasHapus
  4. berapa sih kurangnya, mau gak pake uang korupsiku.... keh..keh..keh..

    BalasHapus
  5. Apa gak di stop ajaa untuk pembelian alustsista dari luar yg notabe yg di incar menhan barang bekas ! Yg kebeli main tanda tangan bekas 75% bekas ! Mana ada barang bekas bagus ? Solusinya tunggu pemerintahan baru 1 lagi ,itu jangka panjang jrengg bukan bekas " cuma pemerintahan sekarang dana di potong ,100% blingsatan pemasukan kurang ! Untuk pembelian dalam negeri seperti panser anoa, jipp comodo di perbayak kebutuhanya mendesak sekali buat patroli di perbatasan papua kupang .selain lincah keamanan prajurit terjamin dari hadangan bullet 9 mm senjata mesin ak 47 besutan pembrontak .

    BalasHapus
  6. Hehehe... OMDO aj kmarin SBYE ngmong alutsista TNI hrz lbih kuat & besar dri negara tetangga.klo bnar dpangkas,trbukti sdh bhw pmrintah tdk brkomitmen utk mmajukan modernisasi alutsista TNI. sabar..sabar..pk menhan smbil ngelus dada...

    BalasHapus
  7. 2014 anggaran pertahanan dipotong? pasti buat kampanye bener2 kampret, malu diketawain sm negara lain "jadi segini aja indo mampu beli alutsista" kah kah kah (ketawa gila ala malon), TAEEEEE

    BalasHapus
  8. DUITNYA DI PAKE BUAT SUBSIDI BBM GAN....

    30% DUIT NEGARA BUAT BBM DOANG, ANGGARAN SUBSUDI TAHUN 2013 AJA UDAH 240 TRILIUN, TUH KALO DI BELIIN SUKOI DAPET BERAPA UNIT YA???????

    BalasHapus
  9. Bau mega krupsi di alutsista semerbak !!!? Kalian soal ini kurang faham mungkin ! 10 kalinya hambalang dari info bolekkk ,maaf gak main tuduh ..cuma waduh gimana yaaa ??

    BalasHapus
  10. Harusnya Rp. 50 T untuk Gripen NG + TOT dari A-Z.

    BalasHapus
  11. 2013 78 t..rencana 2014 80 t.. naek hanya 2 t... benar2 mengejar ketertinggalan militer dengan merangkak... dari jaman dulu di suruh berhemat2 terus orang indonesia udah banyak yg nyekek leher gini mau apanya lage yg di hematin.. uang negara tu bocornya ke koruptor2 itu.. solusinya bukan berhemat tapi hukuman setegasnya dan seberatnya pada koruptor..

    BalasHapus
  12. biasa bro pemilu udah dkat, duitny buat kampanye tikus2 got......
    beginilah jadiny klau ngak ada pendirian yg jelas

    BalasHapus
  13. Anggaran untuk pemilukada tingkat 1 di 34 pmopins saja sudah menelan 68T lebih belum di 150 kabupaten itu dipastikan diatas 120T. Ada cara lain utk memilih calon pemimpin dng biaya yg lebih masuk akal. Kita selalu ribut subsidi. Ini biaya yg sengaja dipendam krn ini objek empuk ngasilin duit buat partai. 188T habis untuk janji manis. Yg paling pahit 40% pemimpin yg dipilih masuk ruang kpk sebagai tersangka. Menyedihkan

    BalasHapus
  14. Pake' sistem kerajaan aja gimana?
    Kerajaan Majapahit II
    dasar kerajaan tetap Pancasila dan UUD'45.

    BalasHapus
  15. YANG NYALAHIN SBY GOBLOGG, EMANG SBY PUNYA HAK NGATUR KEUANGAN ? SALAHIN DPR, CONGEEKKKK

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa gak kamu yg g ...hehe..presiden punya kekuasaan penuh itu sudah di atur uud 45 .semua atas persetujuan presiden apa lagi menyangkut duwit segudangg lahh piyeee ?

      Hapus
  16. toh Presiden dan Kemenhan cuma bisa mengajukan dana tinggi, semua keputusan entah dikasih duit atau tidak urusan DPR

    coba deh baca buku PKn dari SD-SMA

    BalasHapus
  17. Oh jellas masak presiden musti gangkat duwit sebayak ituuu haha...atas persetujauan dpr, dua 2 nya ,bisa foting broo hehe...

    BalasHapus
  18. kembali kadi MACAN OMPONG,..WAK..WAK,..WAAAKKK

    BalasHapus
  19. tertulis di buku Tangan Tangan Amerika (Operasi Siluman AS di Pelbagai Belahan Dunia) terbitan 2010, bahwa dalam skema yang dirancang Pentagon melalui rekomendasi studi Rand Corporation, Indonesia harus dibagi 7 wilayah, yang mana salah satu prioritas jangka pendek adalah memerdekakan Papua. Ini adalah bagian dari BALKANISASI NUSANTARA.
    Maka, kejadian tewasnya 8 anggota TNI, itu, untuk membenturkan antara TNI dan warga sipil Papua, yang nantinya seakan sekenario semua warga sipil Papua adalah OPM.
    Skema dan kebijakan strategis pemerintahan Obama pasca Bush ini harus dicermati secara seksama. Dengan jargon demokrasi dan penegakan HAM sebagai isu sentral, maka masalah masa depan Aceh dan Papua bisa menjadi duri dalam daging bagi hubungan Indonesia-Amerika ke depan.
    Apalagi sebuah badan riset dan pengembangan strategis di Amerika bernama Rand Corporation, yang dikenal sering melayani secara akademis kepentingan Departemen Pertahanan Amerika (Pentagon) dan atas dukungan dana dari Pentagon, internasionalisasi Aceh ternyata masih merupakan isu sentral dan agenda mereka hingga sekarang. Bahkan dalam scenario building yang mereka gambarkan, wilayah Indonesia harus dipecah menjadi delapan bagian "DELAPAN BAGIAN"
    Sekadar informasi, rekomendasi Rand Corporation ihwal memecah Indonesia jadi 8 bagian tersebut dikeluarkan pada tahun 1998. Artinya, pada masa ketika Presiden Clinton masih menjabat sebagai presiden. Berarti rekomendasi Rand Corporation atas sepengetahuan dan sepersetujuan Presiden Clinton dan Pentagon.
    Dengan demikian, menjadi cukup beralasan bahwa rekomendasi Rand Corporation tersebut akan dijadikan opsi oleh Obama. Karena rekomendasi Rand Corporation dikeluarkan ketika suami Hillary masih berkuasa...."BERSIAPLAAAAAAH"

    BalasHapus
  20. Apa yang diinginkan oleh Pentagon dari skenario Rand Corporation Clinton..?
    Dalam skenario Balkanisasi ini, akan ada beberapa negara yang terpisah dari NKRI. Yang sudah terpisah Yaitu Timor Timur yang terjadi pada 1999 masa pemerinthana Habibie. Lalu Aceh, sepertinya sedang dalam proses dan berpotensi untuk pecah melalui “sandiwara” MoU Helsinki dan kemungkinan (telah) menangnya Partai Lokal di Aceh pada Pemilu 2009 tahun ini. Kemudian Ambon, Irian Jaya, Kalimantan Timur, Riau, Bali. Dan sisanya tetap Indonesia.
    Anggap saja skenario ini memang sudah ditetapkan oleh pemerintahan Obama, maka besar kemungkinan skenario ini akan dijalankan Amerika tidak dengan menggunakan aksi militer.
    Dalam skema ini, Diplomasi Publik Menlu Clinton akan menjadi elemen yang paling efektif untuk menjalankan skenario Balkanisasi Nusantara tersebut.
    Dengan kata lain, mengakomodasi dan menginternasionalisasi masalah Aceh atau Irian Jaya, akan dipandang oleh Amerika sebagai bagian dari gerakan demokrasi dan penegakan HAM.
    Dalam kaitan ini pula, Uni Eropa memang sejauh ini memang sudah menjadi pemain sentral di Aceh pasca MoU Helsinki. Misalnya saja Pieter Feith, Juha Christensen sementara dari persekutuan Inggris, Australia dan Amerika, mengandalkan pemain sentralnya pada Dr Damien Kingsbury dan Anthoni Zinni.
    Motivasi para penentu kebijakan luar negeri Amerika memang bisa dimengerti. Karena dengan lepasnya daerah-daerah tersebut, Amerika bisa mengakses langsung kepada para elite daerah tanpa harus berurusan dengan pemerintahan di Jakarta seperti sekarang ini.
    Mereka semua ini dirancang sebagai agen-agen lapangan yang tujuannya adalah memainkan peran sebagai mediator ketika skenario jalan buntu terjadi antara pihak pemerintah Indonesia dan gerakan separatis. Ketika itulah mereka-mereka ini (LSM-LSM tangan panjang asing) menjadi aktor-aktor utama dari skenario internasionalisasi Aceh, Irian Jaya, dan daerah-daerah lainnya yang berpotensi untuk memisahkan diri dari NKRI.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang iyaa lsm antek barat ,jangan terlalu percaya sipil barat nulis buku brooo ...negara mereka lagi diami pusing ,perang panjang kapan berakhir? "Memang pembrontak di saman sibuya bak anak bungsu di manja amatttt ...padahal bisul negara ini setelah ada kadang bikin sakit dan cendrung kurang ajar hehe...

      Hapus
  21. Monggo di ramal2 nasib indonesia!!! Para ano aja bisa buat ramalan apalagi para jendral dan pejabat!!! Pangkat dan gelar seabrek2 didapat dr sekolah bukan hc!!! Dari zaman joyoboyo dah di ramal2 tapi kenyataannya??? Oh iya dpr itu punya fungsi anggaran, control dan legislasi, jadi apapun mengenai apbn dpr berhak mencoret, menambah lalu mengesahkan!!! Eksekutif hanya mengusulkan!!! Kalo anggaran pertahanan kurang tentu dpr bertanggung jawab, tapi dpr pasti punya hitungan mengapa harus di tambah atau di kurangi!!!

    BalasHapus
  22. dpr mah isinya orang2 keblinger,, liat aja di tipi kalo ngomong kayak yg paling sip gak tau nya ketangkep korupsi,, trus kalo sidang kalo gak bolos ya tidur, liat duit matanya ijo, gak bisa liat cewek cakep ngaceng.. brapa persen sih orang 2 di dpr yg betul2 mau memajukan bangsa ini ,, bisa di hitung make jari...

    BalasHapus
  23. DPR = Dapor Para Rampok

    BalasHapus
  24. Para ano ano jangan salah arah ,yg bikin negara puyeng ,mega krupsi ,bank sentury ,hambalang yg gak keliatan ,kayu gelondongan dan bayak lagi .bukan dpr ! Dpr hanya mintak pesangon ,uang tip ,di banding hambalang yaaa ..jauhh "iya toh .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg lebih MEGA KORUPSI ya zaman Megawati yg namanya BLBI!!! Ratusan Triliun!!! Beli Sukhoi malah bekas!!! TebeTebe,,,

      Hapus
  25. wahai para sodaraku buka halaman http://yasons.wordpress.com/2013/03/26/isu-hangatskenario-kosovo-untuk-papua-merdeka/#more-145 ,.....INDONESIA DI AMBANG KE HANCURAN BROOOOO,'

    BalasHapus
  26. Kalat saran saya harga bbm utk bensin dibuat beberapa harga BBM, harga yg disubsidi utk angkutan umum, spd motor, plat kuning, dibuat harga bbm Rp. 5.500,-, plat hitam khusus utk kendaraan angkutan distribusi sembako dikenakan tarif Rp. 6.000,-, Plat merah dikenakan harga bbm Rp. 7.000,-, plat hitam khusus utk mobil pribadi dikenakan harga bensin Rp. 10.000,- dng pertimbangan org kalau punya mobil mskipun kredit plng tdk sdh mempertimbangkan kemampuan ekonomi atau pndptannya. Dng dmikian tdk akn ada salah dlm pemberian subsidi shg tdk terjadi pemotongan dlm anggaran pengadaan alutsista. Kebutuhan apache atau heli serang dan atau heli serbu utk indonesia diperkirakan minimal 7 skuadron. Dng pendistribusian mempertimbngkn wil yg berbtas dng negara lain dan hmpir merata di sbgn bsar wil indonesia ibu kota, bnyknya obyek vital, bnyknya jumlah pddk, bnyknya potensi SDA, dll.

    BalasHapus
  27. Optimis aja bro strategi kosovo kek balkan kek atau apalah itu, yakinlah kalu rakyat bersatu takkan terkalahkan!! Nih gw kasih contoh strategi belanda sejak th 46 pecahbelah, kirim westerling, kirim tentara, amerika bantu PRRI, kirim pembom, kirim CIA, inggris kirim sas, bantu kalimantan utara, GAK BERHASIL BRO!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siip!! Jangan pesimis kayak yg nulis zaman jd "saman"(KETAHUAN PALSU bukan WNI)

      Hapus
  28. yang komen pada pengak semua y...
    baca toe berita bagus2.
    2013 g ada pemotongan angaran kemhan.
    toh kita tingal tunggu barang datang di 2014, dana 80T cukup la uat 2014.
    secara yg dana 2013 saja da lumayan dapat mainannya.
    emang naikin angaran langsung 100% toe gampang, semua di sesuaikan dgn keuangan negara.

    BalasHapus
  29. Yg komen di atas sok pintar smua, kaya pakar aja. Pdhl cuma baca berita dari koran bekas thn lalu, smua nyalahin.. Dasar ano ano goblok...
    By: andre bandung blok tengah.

    BalasHapus
  30. Begitu banyak para koruptor yg ditangkap KPK ,miskinkan semuanya, lalu ambil uangnya belikan ke alutsista, gt aj kok repot,,wkwkwk

    BalasHapus
  31. Saya hanya bisa bilang berakit rakit ke hulu berenang renang kemudian.mungkin sekarang banyak rintangan mungkin 10 thn lagi indonesia sudah mempunyai kapal selam dan pesawat tempur sendiri

    BalasHapus
  32. Koment dr Anonim11 Juni 2013 19.58 sangat tdk santun krn mencaci maki org lain dan juga tdk menghrgai perbedaan pendapat yg merupakan ciri2 org yg tdk berbudaya, tdk tahu etika, otoriter, sombong, angkuh, congkak, slalu ingin dipuji, ini bukan jaman kerajaan mas, masnya tinggal aja di negara lain yg msh mengnut kerajaan yg mana pdpt raja slalu benar.

    BalasHapus
  33. ngentot bawok ama dubur enak mn ya?????

    BalasHapus
  34. Yang ngurangin duit belanja renstra wajib digantung. Apa gak nyadar klo rakyat trllu disepelekan oleh pihak luar. Alutsista kuat rakyat terjaga kok karena efek getarnya. Punya wilayah gede kok tidak tanggung jawab jaga, yang bener lah. Belanja Alutsista bisa dikurangi klo negara keadaan genting misal bencana alam. Tapi ini kan keadaan wajar. Tolong tanggungjawahlah jagain negara.

    BalasHapus
  35. Kok khawatir amat ama us, ind terlalu sayang utk dipecah2, 250 jt penduduk,potensi ekonomi bsr, alam melimpah. Kalau ind marah lalu beraliansi dgn rrc maka keseimbangan kawasan akan kacau balau. Tabur ranjau di selat malaka atau lombok pasti ekonomi mereka akan linglung. Kerjasama dgn rusia, rrc atau iran bikin rudal jarak jauh pasti mereka akan linglung. Malah skr kebalikannya mereka berebut pengaruh supaya dekat dgn ind. Mau freeport, bp,chevron, mcdonald, citibank, mobil oil. Newmont minggat dari kita lalu diberikan ke rrc. Pasti mereka blingsatan. Pengecit takut amat sama us, bangga dong sama negara kita

    BalasHapus
  36. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak? atau apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk bisnis, atau untuk membayar tagihan Anda jika ya maka hubungi kami melalui email: am.credito@blumail.org

    BalasHapus