Rabu, Juni 12, 2013
39
JAKARTA-(IDB) : Sidang Kesembilan Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) membahas agenda perkembangan alih teknologi kapal selam dan perkembangan program KF-X/IF-X (pesawat jet tempur).
 
Dalam agenda tersebut, dibahas pembangunan infrastruktur pembuatan kapal selam di Surabaya melalui PT PAL dan pesawat jet tempur di Bandung melalui PT DI. Dikatakan, paling lambat dalam dua hingga tahun ke depan, Indonesia diharapkan sudah memiliki infrastruktur industri pembuatan kapal selam dan pesawat jet tempur berteknologi canggih, di atas pesawat tempur sekelas Sukhoi dan F-16.

"Rencananya, infrastruktur pembuatan kapal selam akan dibuat di Surabaya melalui PT PAL. Karena itu, dibutuhkan infrastruktur untuk pembangunan kapal selam," kata Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus Ketua KKIP, Purnomo Yusgiantoro, sesaat setelah Sidang Kesembilan KKIP bertajuk "Membangun Sinergitas Menuju Kemandirian Industri Pertahanan", Selasa (11/6).

Dijelaskan Purnomo, dalam sidang kesembilan KKIP ini, juga dibahas mengenai dijadikannya pembangunan infrastruktur kapal selam dan jet tempur sebagai program nasional. Oleh sebab itu, agar tidak menemui hambatan, payung hukum sangat diperlukan, agar rencana pembangunan infrastruktur kapal selam dan pesawat jet tempur tetap berjalan pada lintas parlemen.

"Butuh dukungan parlemen, karena program ini pasti akan melalui lintas parlemen. Dibutuhkan payung hukum agar menjadi proyek nasional," ucap Purnomo.

Dijelaskan Menhan pula, sebagai negara kepulauan, keberadaan kapal selam dan pesawat jet tempur sangat diperlukan untuk menjaga kepulauan Indonesia hingga batas luar. Jika infrastruktur ada, pembuatan kapal selam bisa dilakukan di Indonesia.

Dikatakan lagi, untuk membangun infrastruktur pembuatan kapal selam, Indonesia akan bekerja sama secara khusus dengan Korea Selatan (Korsel). Kerja sama kedua negara akan dilakukan mulai dari kesepakatan lisensi, engineering manufacturing development, hingga prototipe.

Saat ini, menurut Purnomo, tahap yang sudah selesai dilaksanakan mencakup tahap teknologi desain. Dua tahun ke depan, ditargetkan akan mencapai tahap engineering manufacturing development dan prototipe. "Dari sisi teknis, kita juga sudah kirim 52 ahli untuk belajar teknologi design," ucap Purnomo.

Diungkapkan Purnomo lagi, pada tahun 2012, KKIP juga telah menghasilkan sejumlah produk kebijakan. Dalam hal penyusunan regulasi, di antaranya adalah disahkannya UU No.16 tahun 2012 tentang Industri Pertahanan.

Sidang Kesembilan KKIP ini dipimpin langsung Menhan Purnomo Yusgiantoro selaku Ketua Harian KKIP, didampingi Wamenhan Sjafrie Syamsoeddin sebagai Sekretaris. Pembahasan tersebut juga dihadiri Ses Menristek, Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kemperin, Deputi II Kementerian BUMN, serta Kasum TNI dan Asrena Kapolri.






Sumber : Beritasatu

39 komentar:

  1. Beneran apa bohongan apa di bohongin apa di kadalin atau serius nih?

    BalasHapus
  2. Ini sih pembohongan yg luuaaarrr biasa, sungguh !!!!!

    BalasHapus
  3. we will wait and see...

    BalasHapus
  4. Antara menhan dan pejabat korea tidak ada bedanya "setali sepagar ! Maklumlah cari selamat sambil cari mangsa baru ! Di buatlah berita besar DENGAN JUDUL GAK MASUK AKAL .

    BalasHapus
  5. Da ktauan dibo'ongin msh ttp ngintil.....
    Mang ga da negara laen apa....?
    Ksian bnr DI ga dianggep

    BalasHapus
  6. masyarakat di buat untuk terus berharap, bermimpi dan menunggu...

    BalasHapus
  7. masih di atas kertas kosong alias ngimpi + ngiggau, jng banyak bicara, buat proposal tandatangani terus laksanakeennn

    BalasHapus
  8. WAKAKAKAKAKA...YUK TARUHAN....INI CUMA IMPIAN SEX BIDADARI DARI GOA KELELAWAR.....LHA KOREA AJA BINGUNG AMA KFX...NYARI BANTUAN SANA SINI.....ITU KAPAL SELAM PERCAYA ATAU TIDAK....KITA ADALAH KELINCI PERCOBAAN...ENTAH BERHASIL ATAU GAK PROJECT INI......COBA RENUNGKAN PESAWAT C295 KEMARIN BELUM DIBAYAR LHO...KOK BUAT PABRIK KAPAL SELAM/JET TEMPUR???WAKAKAKA....NASIB NASIB TINGGAL DI NEGERI PENUH PENIPUAN

    BalasHapus
  9. Yaa..tunggu aja ntar beneran ndak nih..memang untuk mengobati rasa sakit hati rakyat hanyalah dengan bukti

    BalasHapus
  10. Babilah kalian semua yg koment by: adrian kalibata city herbras 02/CU

    BalasHapus
    Balasan
    1. 14.53 pasien rs JIWA ya????????????!

      Hapus
    2. setan lo andrian kali anjing, bikin rusuh wae.....berantem yook....gw tuggu di lapangan monas....seeeeeeekaaaaaarannggggg!?

      Hapus
  11. Babi itu lezat lho!

    BalasHapus
  12. bukan begitu..., ini semua pasti terjadi bila kalian setuju harga BBM ganti harga.

    Paham gaksih...?

    BalasHapus
  13. wakakaka:....setuju,ini cuma propaganda pepesan kososng...buat fregat pkr aja gak jadi...murni dibuat di belanda,kok ngimpi kapal selam yg lebih rumit????
    Tau gak sihhhh kita selalu ngutang bbm operasional kapal perang????gimana mau bangun pabrik kapal selam???gak usah jauh2...itu prototype pernah kah dibuat masal????

    BalasHapus
  14. goblok goblok kabeh wong goblok kabeh !

    BalasHapus
  15. Yo bener, goblok goblok kabeh!

    BalasHapus
  16. malaysia itu anjing dan babi,, alias goblok otakna.. xixixi from intel indonesia

    BalasHapus
  17. mau cuci tangan ni bapak2
    setelah ap yg ia perbuat,
    atas tot,tot,totnya,
    dpr minta pertangungjawaban bapak2 ini,
    sebelum ia tdk menjabat lg,
    dan akhirnya lepas tgn

    BalasHapus
  18. tolol harusnya kamu bangga dgn bangsamu sendiri

    BalasHapus
  19. sekedar informasi buat saudara2 ku yang belum tercerahkan.
    indonesia tidak bodoh,
    lho tao gak sih, klo indonesia dan rusia mau bangun bengkel pesawat? n loe tao gak sih dlm join job tersebut bakal ada alih teknologi pesawat cangih (pesawat tempur). n masih banyak yang belon loe tao.
    n gak perlu loe tao.
    biarlah kalian tetap menjadi komentator warung kopi.

    BalasHapus
  20. Gue sih masih percaya bakalan terwujud (biar kate dibohongin),krn buat gue ilmuwan RI ga bodoh. Terserah yg mo nanggepin pesimis. Gue tetap yakin kelak RI bisa bikin dewe tu kasel dan pespur dg desain dan teknologi dewe.

    BalasHapus
  21. Pejuang Tanah Air13 Juni 2013 pukul 08.47

    Baca dulu dengan teliti, itu baru membuat produk kebijaksanaan, dan untuk dibuatkan payung hukumnya.......,
    dan disitu juga ada bunyi :
    "Butuh dukungan parlemen, karena program ini pasti akan melalui lintas parlemen. Dibutuhkan payung hukum agar menjadi proyek nasional," ucap Purnomo.
    Itulah semangatnya!!!!!!
    Rasa nasionalisme harus terwujud siapapun Presidennya, Juga harus tetap tegakkan hukum untuk transparansi publik, dan demokrasi tetap terwujud.
    Jangan kuwatir dgn adaya UU Pers, saya yakin media selalu mengontrol semua kebijaksanaan pemerintah.
    Di negeri ini sudah demikian bebas bersuara.... contohnya ANO ANO diatas teriak2 , sampai bilang maaf Babi...dll, dengan santai tanpa rasa takut walau ada UU ITE dll

    BalasHapus
  22. Positif thinking aja, namanya juga usah. Kalau awal aja dah negatif dan pesimis, gimana mau maju. Semua prosesnya panjang, yang instan adalah bikin mie......... (Sori bro, saya orang awam. Tapi Optimis, Postif thinking dan mau maju milik semua orang).

    BalasHapus
  23. http://www.youtube.com/watch?v=EhHmjzA4fnA

    indonesia seharus nya

    BalasHapus
  24. Khusus untuk kapal selamnya, knapa sih diteruskan? Korsel gak punya lisensi dari jerman buat kapal selamnya . ini kan gak etis. sedangkan kita udah boleh oleh jerman beli leopardnya. Indonesia mesti hati2.

    BalasHapus
  25. apa kalian pikir negara akan buka rahasia pertahanan ke kalian semua???

    BENSIN AJA MASIH PADA MINTA DI SUBSIDI.. SOK JAGOAN PULA KOMENNYA, MACEM YANG HEBAT-HEBATNYA LAH KLEN SEMUA YA.

    P A Y A H

    BalasHapus
  26. buat 00:35. Anda terllu ngimpi jauh. cobalah realistis. duitnya dari mana? slama ini pemerintah cuman bisa ingin dg kemauan yang maksimal tapi besar pasak dari pada tiang. Sampai saat ini nggak jelas tu proyek. cuman komodo yang terealisir. sedangkan PT DI juga gak disuntik dana cukup untuk buat pesawat. mikirlah

    BalasHapus
  27. Ano 15:45 saya kasih jempol buat anda hehehe...

    I ♥ INDONESIA

    BalasHapus
  28. Babilah kalian semua macam bunyi kentutt by: aadrian kalibata city herbras 02/CU

    BalasHapus
  29. dukung truslah.. Malu jd orang kalau menghina bngsa sendri.hargai usha bngsa ini. Kalau menghargai bngsa sja tdk bs aplagi mw menghargai drinya sndri.. Kita dsni bkn ank kecil lg.. Brsikaplh dewasa trhdp bgs ini. Dkung indonesia dmi kmjuan brsma.

    BalasHapus
  30. cek nie berita lansung dari korea :

    INDONESIA SOUTH KOREA DEFENSE한국 잠수함 첫 수출‥사상 최대 규모)

    https://www.youtube.com/watch?v=ockQPer_sLo

    BalasHapus
  31. Changbego 1 milyard dapet tiga..
    Kilo 1 milyard dapet 2 terus battle proven..

    Malah milih changbego buatan kroya..

    Kie wonge asline do goblok kabeh pow pye????

    Kakean cocot..

    BalasHapus
  32. Šąªªßąªª®®•••• lan narimo ing pandom

    wes ora sah ngedumel kabeh.

    tnggu tgl mainy.

    changbogo + kfx

    BalasHapus
  33. saya hanya bisa berharap dan berdo'a smg indonesia mampu untuk memproduksi itu semua.dengan cara apapun smg dalam waktu dekat kita akan berhasil an sukses punya dan membuat sendiri,bahkan semua alutsista seperti rudal,roket,tank,heli serang gandiwa,dan yang lain.klo tidak bisa mbo'ya jangan koar2,emang gak malu ngomong ngalur ngidul gak ada buktinya,gak malu koar2 ToT dari negara belanda,china,korsel dan lain2 tp kenyataannya dibohongin.dan klo yg koar2 itu karena disengaja oleh kemenhan mau membohangi rakyat maka aku tidak segan2 mengutuk kalian jadi tokek biar tidak berhenti teriak2 memanggil namnya.paham...???!!awas lo..

    BalasHapus
  34. dukungan itu perlu

    BalasHapus
  35. saya heran dengan manusia yang sukanya pesimistis,,,..,jujur saja untuk teknplogi militer untuk indonesia emang belum semua dapat di kuasai..secara penuh tp namanya proses pembelajaran semua butuh biaya,,,kaya orang yang bilang babi,,itu,,,,gak nyadar ya,,.., sekolah saja harus bayar bro.., contoh orang negara china ...yang dulunya juga sama seperti indonesia...mereka juga sama kok lewat transfer tegnologi...baik secara kerjasama maupun mencuri teknologi.., dan wahai manuasia indonesia...yang tidak berwatak indonesia,,apa yang bisa kamu sumbangkan untuk...bangsamu...cuma bacot..,dan koar2 diinternet.., , ibarat proyek KFX gagal...tapi indonesia..sudah bisa belajar..bagaimana mengenal dan memproses,,serta bagian2 yang penting dalam industri pesawat tempur,,,dari pada ...dikorupsi koruptor...,ngaca dong...positive dan tetep kritis,,,tp yang membangun,..., ingat mencari borok orang itu mudah...tp memberi solusi itu sulit...,..

    satu kata buat orang indonesia yang sering menghina bangsanya sendiri dan pesimistis,,,"""BAJINGAN"""

    BalasHapus