Selasa, Juni 04, 2013
53
JAKARTA-(IDB) : Komisi I DPR mengkritisi permasalahan hibah alutsista (alat utama sistem persenjataan) dari negara lain. Wakil Ketua Komisi I TB Hasanuddin menuturkan pada tahun 2011 sesuai dengan renstra (rencana strategi)  TNI akan membeli 6 unit F 16 blok 52 yang merupakan unit tercanggih dan terbaru seharga USD 600 juta .
 
"Tapi kemudian pemerintah melalui KSAU saat itu tiba-tiba memutuskan  menerima hibah pesawat-pesawat F 16  ( bekas US National Guard ) yang sudah teronggok di Gurun Arizona  sebanyak 24 unit," kata TB Hasanuddin dalam keterangan yang diterima Tribunnews.com, Selasa (4/6/2013).

TNI, katanya, harus  harus membayar lebih dari USD 700 juta untu, memperbaiki, membawanya dan tetap dalam standar pesawat tua yakni. blok 25 dan blok 32 . Ia mengatakan secara jumlah alutista memang bertambah, namun dari efek daya tangkal terhadap sistim pertahanan udara , hampir tidak ada .

"Tahun 91, TNI AL pernah juga menerima puluhan kapal ex Jerman Timur , negara saat itu harus mengeluarkan anggaran yang tak sedikit ,  dan sekarang kapal-kapal itu menjadi beban pemeliharaan selamanya ,  tapi sudah tak efektif lagi untuk dipakai," ujar Politisi PDIP itu.

Ia pun berharap pemerinta dan DPR duduk bersama membuat definisi mengenai hibah. "Agar hibah benar-benar hibah murni , tak ada motif politik negara lain sifatnya mengikat , apalagi hanya menguntungkan calo," tuturnya.







Sumber : Tribunnews

53 komentar:

  1. Lama jadi negara ronsokan mudah 2 han tidak di liat dari bahasa badan menhan di singapore ketawa 2 100% tidak tuluss hanya igat fulusss ,bakal ada bisa tua mau di derekk ke indonesia dengan 1juta alasan di jamin tokcer gak peduly indonesia cilaka .

    BalasHapus
  2. "Hibah" itu hanya bahasa diplomatisnya, riilnya kita beli barang bekas.!!!
    Sebagai penguat argu, pinjam suara user bahwa material " hibah" itu akan meningkatkan puan kuat han.
    Masih mending, kapal eks Jerman pengeluaran biayanya sangat minim hanya di " mark- up" oleh kelompok tertentu yg dekat dg istana waktu itu hampir 100% dari anggaran yg diajukan user.
    Di luar ada rumors yg mencuat bgm barang hibah tsb bahkan koar2 bahwa F-16 itu bahkan akan di refurbish tidak F-16 blok 32 tapi menjadi blok 52. Fantastis memang rumors tsb dan juga tidak pernah di eliminir atau disanggah oleh pihak pemerintah, bahkan ada upaya pembiaraan yg g jelas apa motipnya.
    Yg jelas, barang hibah itu sdh disepakati kedua belah pihak dan tentu akan direalisir.
    Tinggal user nanti yg akan menanggung resiko. Kecian..........

    BalasHapus
  3. Bang TB br skrg koar2 pas anggaran udah dsetujui sm komisi dia sndiri.ngga ngomong mslh knaikan bbm jg bang?malu krn topikny udah diambil sm partai ksandung sapi?jan mnjelang pemilu emang bkin smua partai asal njeplak cangkeme..

    BalasHapus
  4. Terlepas asal njeplaknya bang TB tapi masalah ini sebenarnya memang harus dicermati dan dijadikan pelajaran berharga di masa yad. Boleroes11 berharap ada anggota PP2A alias Persatuan Pengguna initial Anonym-Anonyim yg sering komen di sini dpt jadi SDM yg kualifait yg cinta negara dan bangsanya. Jgn jago nge " bully" Boleroes11 doang, nggak mutu.

    BalasHapus
  5. F sixteen fighting falcon " hemm kapan datang broo ?? Ada tanggal lahirnya f16 yg di belli menhan ??

    BalasHapus
  6. bli baru d kritik,hibah jg d kritik..
    REWELL...
    asu edan

    BalasHapus
  7. sebenarnya dari sisi spec. hibah F-16 -32 C/D dibandingkan dengan existing F-16 OCU A/B Milik TNI AU sudah lebih tinggi beberapa tingkat . jadi tidak di upgrade-pun pesawat tersebut sudah lebih unggul . masalahnya dengan dinamika kawasan, TNI_AU meminta agar di sesuiakan, makanya keluar usulan upgrade avionik,fire control,data comunikasi, dan ganti engine . jadi disitulah keluar biaya dan perlu waktu. tapi secara Frame structure, batas fatige metalnya masih bisa dipakai lebih 10 tahun tergantung jam operasi pertahun TNI-AU.

    BalasHapus
  8. Ohh di upgrade ,f 16 di belli menhan di upgrade ganti mesin ganti avionnic "mirip mobil keluaran 86 overhoul bisa gak stabill larinya brooo " aq dengar sudah bayar kontan .datangnya tahun depan terrus ? Jangan2 seperti pesawat latih pesanan curug rakyat sudah bayar kontan 5 tahun kemudian datang ketengan .

    BalasHapus
  9. telat broo..knapa baru sekarang komeng nya?

    BalasHapus
  10. Tahun depan menhan atau pun minggu depan patut di pikirkan kebijakan pro rakyat kelola negara ." Belanja alutsista begitu vitalnya buat indonesia kedepan ,MIG 35 ++ strategi jitu amazing polish airfoce .

    BalasHapus
  11. Salah satu bentuk argu yg dipakai bagi pemulusan hibah dg pengeluaran dana anggaran yg tidak sedikit adalah dg mengemukakan alasan teknik.
    Untuk melawan atau menyanggah argu teknik tersebut ya pasti tidak mudah, kecuali oleh orang yg berkopeten di masalah tersebut.
    Paling tidak awam diyakinkan bahwa pesawat hibah tsb masih hebat long live dan wajar kalau keluar duit dan nggak usah kawatir kecuali biaya perawatan dan terutama penyediaan suku cadang apa di jamin oleh kontrak dg program ILS selama 5 tahun atau 5.000 jam terbang itu menjadi urusan pemerintah yg berkuasa.!!!!!
    Yang kuasa kok dilawan ya keteter.

    BalasHapus
  12. CAMKAN HAL INI....tak tik usa'''untuk menguasai sebuah negara,tak perlu berperang,pelajari kelemahannya...terus tanamkan orang anak buah antek di pemerintahan..negara itu sudah jatuh sendirinya dalam kendali usa''.....kalian pikir indo berambut hitam ini orang indonesia kah???wong orang usa berwajah asia saja.....kabuuuuuur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Passs! Srategeti sekutu menghadapi negara berkembang ,main tekan adu taktic gali lobang jauh 2 hari ,kapan 2 tinggal lempar bola pasti kennak ?

      Hapus
  13. tb hasanudin kebagian jatah dikit,ndak sesuai harapannya, kenapa dulu wkt mau diputuskan DPR ndak menentang dan menggagalkan??? Setelah bati kurang baru koar koar.....sama saja KORUPTOR PENGHIANAT

    BalasHapus
  14. "Tahun 91, TNI AL pernah juga menerima puluhan kapal ex Jerman Timur , negara saat itu harus mengeluarkan anggaran yang tak sedikit , dan sekarang kapal-kapal itu menjadi beban pemeliharaan selamanya , tapi sudah tak efektif lagi untuk dipakai," ujar Politisi PDIP itu.

    He..he..he..bener2 asal njeplak. 2014 jangan ada yg milih lagi lah !
    TANPA KAPAL EX JERMAN TIMUR - TNI AL sekarang ADA APANYA ?
    Perdebatan dah selesai...Parchim Class sekarang jadi tulang punggungnya TNI=AL

    BalasHapus
  15. Miris juga,
    Apa gak kasian sama keluarga pilot yang bakal nunggangin ntuh fighting falcon?
    pesawat tua kalo "ceblok" gimana???

    BalasHapus
  16. Salah satu bentuk argu yg dipakai bagi pemulusan hibah dg pengeluaran dana anggaran yg tidak sedikit adalah dg mengemukakan alasan teknik.
    Untuk melawan atau menyanggah argu teknik tersebut ya pasti tidak mudah, kecuali oleh orang yg berkopeten di masalah tersebut.

    Ya sing dituku barang teknis, tentu argunya juga teknis dan ekonomis. Nek sing dituku klambi ..iku model, bahan dan harga argune. Nek gak ngerti teknise...tapi ngotot mencela, iku jenenge WATON SULOYO ! iku nggarai diwasoe uwong....he..he..

    BalasHapus
  17. barang bekas pun tak apa lah kalau gk kepake tinggal panggil aja madura di kilo ntar duit nya beliin yg baru walau pun cuma dapet 1. Saya kasi imbauan sama ano2 sekolahkan anak2 kita yg tinggi didik dri sekarang pake didikan teknologi suruh belajar menguasai sejak usia dini biar pada melek tekno gak kaya kita2 dah pada tua walau punya inisitatip pun gk akan di akui karena kita bukan prof.ir atau lulusan luar ayo mulai dari sekarang . kita liat nanti di akan datang anak2 muda kita akan bisa bikin pespur tank rudal kapal tempur ks dan sb anak kita walau pun masih sd kalau bisa bikin teknologi canggih pasti banyak di akui karena anak sekolah. Saya teringat sama tni yg bikin humve di karawang gak di akui karena bukan ir.,

    BalasHapus
  18. Ada benernya juga mending beli daripada hibah.toh sama-sama ngeluarin duit juga.apalagi kalau hibahnya dari us+ausi patut dipikir2 dulu.

    BalasHapus
  19. DPR pahlawan kesiangan, orang miskin aja belagu. Sekarang kalau anak bapak minta mobil tp bapak tdk punya uang, padahal itu penting, pasti bapak membelikan yang seken lalu diperbaiki sana sini. Ekonomi negara hampir sama dgn ekonomi rumah tangga hanya skalanya aja yang beda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emm kalau negaranya mampu ,kok main banding rumah tangga gak kerja ganggur ?sudah tahu belanja alutsista milyaran dolar hasil senjata jadul semua! Permasalahan di situh krupsi segudang entah kapan slesaii ?

      Hapus
  20. One on two indonesian top gan ,you have green light ! Target army force in the border ! " this not good ,thank ,sam evertng ! Army down there ! As full invasioan force ! " mr presiden i neet your desicion ?? Biasa lambat gambil keputusan ,kota pontianak dalam bahaya ! " haha...delta hotel the target destroyed! " one on two all unit retun to base in makasar ! " Copy !
    SO WE FLY TO KEEP THEM SAFE ! We fly 35 bm .

    BalasHapus
  21. Indonesia tuh utang 2000 triliun , masih belaga beli yang baru!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duwit negara biar salah kelola mendekati 200 milyar us dolar cadangan devisa hehe...tumbuh alami economi biar di grogoti lintah darat lumayan sehat bantu barat INF AND BAYAK LAGI BANTU ASEAN JADI MARKET .

      Hapus
  22. Teringat jaman Bung Karno yg mendapatkan 10 unit pesawat Hercules C-130 B secara gratis. Yg menjadikan AURI waktu itu satu2-nya operator Hercules C-130 B di kawasan Asia, dimana beberapa unit sampai sekarang masih eksis operasi di Skd 32 Malang.
    Karena kualitas pimpinan nasional yg cerdas memanfaatkan " Conditio se Qunon" yg blm ada gantinya saat ini. Termasuk mempunyai KS 12 unit, Cruiser, Destroyer, dan Tu - 16 dan peralatan perang lain yg di dapat dari Rusia.
    Boleroes11 berharap kiranya di masa yg akan datang ada anggota PP2A alias Persatuan Pengguna initial Ano2 yg muncul menjadi pimpinan nasional yg lebih menjanjikan di negeri ini, dan tidak sekedar pandai me"Bully" Boleroes11.
    Semoga.!!!!

    BalasHapus
  23. sampah, sampah, sampah , ayo spa yg mau bli......

    BalasHapus
  24. Lu aja kale boler yg maju!! Atau anak lu lu pilih jadi pemimpin, kita2 hanya bisa membuly boler tak kan mampu mimpin!!! Tapi tolooooong bener ya boler Tunjukin kemampuan mu yg sering lu tulis "kalau jaman kami dulu..." dan " kalau hasil karya kami dulu...." Trus "kalau pimpinan kami dulu...." Lalu "kalau hasil SR dulu..." Intinya nya serba hebat deh jaman sekarang mah semuanya gak ada bagus2 nya!!!! Naah tunjukin buat pabik senjata buat blog sendiri atau buat partai superman yg isi kumpulan orang2 super seperti boler!!! Tunjukin boleeer kami butuh bantuan mu!!!

    BalasHapus
  25. f16 bukan nya 19jt us. Satuan nya memdingan beli jas grefen dari suwe dia dapet 10 tuh

    BalasHapus
  26. udah denger kabar belum kpk mau joint industri sama lapan buat biki roket atau rudal penjejak

    BalasHapus
  27. udah barang2 seken kena embargo pula kalo gak nurut... sedih kali nasib bangsa ini... duitnya buat nambahin skuadron sukhoi khan bisa dapet tuh...

    BalasHapus
  28. kalo dah diganti avionik dan sistem persenjataanya itu namanya dah blok 52, bukan 32 lagi.apa emang blok 32 dapat dipasangi rudal terbaru....seperti amraam

    BalasHapus
  29. pak TB bersuara selalu setelah kesepakatan, hibah ,kemarin2 sebelum kesepakatan dibuat bapak kemana pak ? kok gak dengar suaranya, jgn2 udh set lagi,kalau pak TB nya bersuara setelah kesepakatan semua terjadi.

    BalasHapus
  30. Kok hobby nerima pesawat tua,yg hanya nambahin beban aja....negara yg kasih hibah aja sudah kagak mau pake ,kok kita nerima dan kasuh untung lg ke dia,lagi pula sudah mau jadi besi kilo an....persenjataan kita jgn tergantung pada barat....sudah byk contoh yg dpt kita lht....bisa bisa kena embargo lagi

    BalasHapus
  31. Kenapa tidak diadu saja F16 A dgn SU30? Hehe... Menurut catatan saya, sejak tahun 80'an tidak ada pesawat 'barat' jatuh ditembak pesawat 'timur' dalam perang yang sesungguhnya. Bahkan beberapa pesawat kelas 'berat' buatan rusia jatuh ditembak pesawat kelas 'ringan' buatan 'barat' (cmiiw). Intinya kita tetap butuh pesawat 'barat'. Jika amerika licik dan menyebalkan, kita bisa beli gripen atau rafale. Atau jika ingin hemat biaya operasional + battle proven bisa beli yang bisa difungsikan sbg interceptor (mirage 2000)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perang vietnam puluhan pesawat tempur amrik rontok dihajar pilot2 vietnam yg pakai pswt buatan uni soviet...baca sejarah mas bro

      Hapus
    2. Perang vietnam terjadi di era 70an bukan di era 80an. Tapi tidak usah ke kecil hati masih ada.yang lebih ngawur: F117 bisa beroperasi dari kapal induk dan punya kemampuan menjatuhkan jet tempur lawan Ahahaha real hoax

      Hapus
  32. bung ano 21:12 latihan dogfight maksudnya..?? atau bvr..? soal catatan pribadi anda..mungkin ada yg perlu saya luruskan sedikit..karena tau sendiri amerika itu rajanya hoax..dan pemerintah berkolaborasi dengan media untuk pemberitaan bohong kpda publik demi kepentingan institusi pemerintah amrik. pada masa perang dingin kenapa sukhoi begitu ditakuti..dan knpa f-16 bisa fight..?? dilogika gk msuk akal.. dari segi manuver dan bvr sukhoi jauh mengungguli f-16 itu fakta! f-16 tu shorty pendek..gak bakal bisa masuk jauh kedaratan kontinental russia. kalo dari kapal amrik induk yg dekat ke perairan russia..?? seberani apa amrik masuk perairan russia...kapal selam bertebaran di sepanjang perairan russia. klo pesawat tempur f-16 bs fight padahal us.navy gk pake f-16. hanya pake f-14. satu satunya biang keladi yang menembak jatuh sukhoi siapa lagi kalo gak f-117 nighthawk pesawat suksesor amerika kala itu yg pnya kemampuan stealth. f117 bisa diluncurkan dari kapal induk uss.nimitz dan uss. abraham lincoln semasa perang dingin dan perang teluk..hanya pesawat itulah yg ditakuti russia. jd...tentang f-16 bs fight sukhoi just kiddingnya amrik dan media..TIME.CNN.HBO.... cerita NASA neil amstrong ke bulan HOOAAX juga.. itu aja pelurusan berita dari saya.. :-)

    BalasHapus
  33. lieurlah t bisa sare..

    BalasHapus
  34. Nicee penerus bangsa ,cerdas ! " di jamin ke depan bangsa indonesia tumbuh pintar secara alami tak tertandingi untuk masa akan datang .!!! Yooo DI LANJUT ! .

    BalasHapus
  35. F16nya kan Tua Bodynya doang, Kalau Mesin, Avionik, weapon System, dllnya kan di Upgrade, jadi emang apa salahnya diterima? Lagian kalau F16 y udah block 52 juga kalau udah tua bakal di upgrade. Lagi, skrng 10 F16 pny TNI AU juga lg di Upgrade kan?

    BalasHapus
  36. F16 indo punya kurang srekk broo ! Jet tempur moderen rada bongkok !,namaya jugak kakek haha....mau di dandani kayak apa percuma lah !

    BalasHapus
  37. Argu ano anggota PP2A yg sangat puinter diplomasi kelas dunia 14.42 tgl 05 Juni '13, yang komen ; " Yang di tuku barang teknik tentu argunya ya teknik dan ekonomis" begitu celotehnya.
    Yang mulia Ano 14.42 yg sangat puinteer itu mungkin lupa atau misleading bahwa pesawat F - 16 itu " Hibah" bukan di "jual"!!!!!
    Kalau jual beli saya nderek argu Yang Mulia Ano 14.42 anggota terhormat PP2A . Mohon maaf saya koreksi komennya, dan tidak ada yg mempunyai niat mencela atau "ngajak suloyo " karena sudah cukup tua untuk di " wasoeh" oleh pensiunan tentaranya Yang Mulia Ano 14.42 tanggal 05 Juni 2013.
    Tabik Yang Mulia,.........

    BalasHapus
  38. Aku beli mobil bekas tahun 1996, aku beli tahun 2009, dan sampai sekarang aku pake mondar mandir lancar2 saja tuh...hehehee...
    maaf! ga nyambung ya?...

    BalasHapus
  39. WAKAKAK...SELAMA KORUPSI ITU INDAH,JANGAP NGIMPI BAKAL PUNYA ALUTSISTA BANYAK DAN KEREN,KITA ITU JAMAAN NGETENGIYAH DAN KATROK IYAH...FINISH

    BalasHapus
  40. Mmg ada bnarnya omongan si TB ini... Tapi kenapa koar2 sekarang, giliran sudah ditanda tangan kontrak baru koar2 kayak monyek cari mukaaa...
    Ya begitulah Si TB Hasanudin Si Politik Uang

    BalasHapus
  41. emang deh Indonesia sukanya hibah mulu. Ada dana carinya yang setengah2. ingat itu duit rakyat. Rakyat inginnya dilindungi dg alutsista yang gres. kenapa gak beli 5 aja F-35 yg sudah ditawarkan amrik. atau 10 saja Sukoi 35 bm. Jangan suka beli rongsokan. Pengalaman dari Kapal Jerman timur yang kita beli itu.

    BalasHapus
  42. Emang sulit broo penyakit lama krupsi kruptor ,semenjak para pejuang berguguran di makan usia ." Mereka lepas kendali ,berkaca ke pendahulunya gejarah selamat ! Ahirnya partai sebagai kendaraan pilitec di jadikan sarana tuk tipu rakyat , kpk di gembosi ujung tombak hukum bertangan besi di kepung bak mainan ! Kembali ke fighting falcon LIAT FOTO DI ATAS "IBARAT MANUSIA DARI SEGI FISIK ADA YG KUARANG TAPI MASIH PERCAYA DIRI ,RAMBUT MISALNYA MULAI POLOS HAHA..."f16 indo pesan dari segi fisik sudah cacat body , yg baru rada bongkok dan tambun ,corong pendingin enggine agak melebar .daya angkut senjata yg baru lebih pakem ,jangkuan lebih jauh makanya lebih tambun .

    BalasHapus
  43. jamu mas jamu...

    BalasHapus
  44. number talks!! jumlah itu sdh merupakan kekuatan!!! f-16 terbukti--battle proven!!! di hampir semua perang modern terlibat, dan tak ada satu pun yg ketembak musuh! service life nya panjang...(sukhoi; 2000 jam terbang harus ganti mesin!) biaya operasional per jam nya f-16 irit (karena single engine). sayang...cuman 24+6 parts!!! tambah lagi dong hibahnya, kalau bisa punya 100 bekas pun ok.

    BalasHapus
  45. tolong bro...komen tentang milter saja nggak usah jelek2 kan lembaga TNI, DPR, atau partai!! kita semua se bangsa! mari kita dukung TNI kita agar tetap maju, kita dukung KPK, kita dukung DPR... masing2 punya fungsi sendiri2, UNTUK INDONESIA JAYA!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ente dari partai Mana bro?
      Demokrat, pdi p, ato golkar?

      Hapus
    2. persetan dgn INDONESIA RAYA jika kalian (pemerintahan) selalu berbuat kesalahan utk kesekian kalinya...
      Ingat pesan Bung KARNO...Jangan lupakan JASMERAH.

      Hapus
  46. Indonesia negara yg tdk pernah belajar dr sejarah...
    selalu berbuat kesalahan utk kesekian kalinya...
    makin hari makin muak aku dgn Indonesia..
    bukan dgn rakyatnya tp dgn sistem pemerintahannya yg makin hari makin goblok...
    cepet atau lambat indonesia akan terpecah...

    BalasHapus