Rabu, Juni 26, 2013
15
pesawat nirawak Lapan Surveillance UAV (LSU) 02 (photo: Lapan.go.id)
 Lapan Surveillance UAV (LSU) 02.
JKGR-(IDB) : Lembaga Penerbangan Dan Antariksa Nasional /LAPAN akhirnya berhasil menerbangkan  pesawat tanpa awak atau Unmanned Aerial Vehicle (UAV) LSU 02 sejauh 200 kilometer dengan waktu tempuh dua jam, pergi dan pulang ke lapangan udara Pameungpeuk, Garut, Jawa Barat.  UAV dengan bahan bakar Pertamax Plus (RON 95) ini terbang secara autonomous dan berhasil kembali mendarat dengan mulus di lapangan udara Pameungpek, Garut.


“UAV ini bisa terbang sangat jauh hingga 5 jam. Lima liter pakai Pertamax Plus oktan 95. Kalau terbang 1 jam 0,9 liter,” ucap Kepala Bidang Avionic LAPAN Ari Sugeng di acara Harteknas di Aula BPPT Jakarta.


LSU 02 berbobot 15 kg, dilengkapi 2 kamera foto dan kamera video. Pesawat ini mampu terbang dengan ketinggian 3000 meter. Lapan kini sedang menyiapkan generasi baru UAV  yang mampu terbang  hingga ketinggian 7200 meter, dengan payload dan endurance yang lebih besar.  Dalam artian, Lapan terus meningkatkan  jangkauan terbang (long distance), kemampuan terbang (long endurance), kemampuan terbang secara automatis (autonomous flying), dan kemampuan take off dan landing.


Spesifikasi LSU 02:
 
Panjang badan ± 200 cm
Panjang bentangan sayap (wing span) 250 cm
Engine 10 hp/ 3,5 ltr
Endurance 5 jam
Jarak jangkau maksimum 450 km
Komunikasi telementri 900 MHZ dengan daya 1 watt
Dilengkapi dengan system otomatis (autonomous flying system)
Kapasitas muatan 3 kg


Pengalaman Operasi:
 
Nusawiru (1 st flight test)
Rumpin ( 4 th flight test)
Oktober 2012 uji coba terbang Laut Ambalat Sulawesi Utara
Februari 2013 Test Flight endurance Pameungpeuk
Uji coba terbang di Situbondo, Jawa Timur, pada 2013


UAV Sriti BPPT (photo: BPPT)
UAV Sriti BPPT.
Peluncuran UAV Sriti BPPT (photo by BPPT)
Peluncuran UAV Sriti BPPT.


PT LEN ikut bergabung meningkatkan kualitas UAV (photo by PT LEN)
PT LEN ikut bergabung meningkatkan kualitas UAV,

UAV Sriti BPPT
 
Selain UAV LSU 02 Lapan, Indonesia juga mengembangkan UAV Sriti buatan BPPT. UAV Sriti telah unjuk kebolehan dihadapan para siswa Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat  /SESKOAD di Subang-Jawa Barat 2 Mei 2013. Sebelum dibawa ke siswa Seskoad, UAV Sriti melakukan uji coba menggunakan engine baru, tanggal 25 April 2013 di Batujajar-Jawa Barat. Pengujian ini untuk mengetahui kehandalan sistim propulsi dan kesesuaian mencapai terbang mandiri. Dalam rangkaian pengujian tersebut juga dilakukan uji kehandalan sistem transmisi data dari  UAV ke Ground Control Station (GCS). Operasi terbang Sriti terpantau dari hasil pengiriman dokumentasi data parameter terbang,  foto dan  video yang secara real time dikirim Ground Contro.


UAV Sriti dioperasikan untuk pengintaian terbang berdurasi 2 jam dengan jangkauan radius 75 km. Kelebihan Sriti adalah, tidak memerlukan landasan untuk take off dan hanya menggunakan peluncur serta dapat mendarat menggunakan jaring. UAV Sriti dioperasikan oleh  satu regu prajurit (10 orang) untuk memasang, menarik peluncur, monitoring GCS, bongkar pasang jaring dan pilot. Sistem ini cocok dipakai TNI AD dan dapat dimobilisasi dengan mudah ke berbagai tempat.


Meski UAV Sriti masih dalam skala riset, SESKOAD berkeyakinan dimasa mendatang TNI AD membutuhkan banyak UAV model Sriti untuk melakukan pengawasan teritorial di wilayah perbatasan bahkan akan ditempatkan disetiap KOREM. UAV  Sriti juga dipersiapkan untuk misi pemantauan (surveilance & recoqnition) pergerakan penyerangan dan pertahanan pasukan militer.


UAV Wulung
 
Selain memiliki Sriti, BPPT juga mengembangkan UAV Wulung dengan ukuran yang lebih besar dari Sriti dan membutuhkan landasan untuk take off. Kontrak produksi UAV Wulung dengan BPPT telah dilakukan  tanggal 29 April 2013. BPPT menyatakan kesiapannya untuk memproduksi pesawat tanpa awak tersebut bekerjasama dengan PT Dirgantara Indonesia (DI) sebagai pelaksana produksi. PT LEN ikut bekerjasama dalam mengembangkan UAV yang lebih modern.

Puna Wulung memiliki spesifikasi berat kosong maksimal 60 kg, berat muatan 25 kg, kecepatan jelajah 55 knot, bentang sayap 6,34 meter, ketahanan terbang empat jam dan ketinggian terbang 12.000 kaki di atas permukaan tanah. Pesawat tersebut dilengkapi kamera pengintai yang dihubungkan dengan pusat pengendali di darat.


Saat ini tim UAV Wulung terus mengembangkan pesawat tersebut. ’’Pesawat ini sekarang masih memiliki kemampuan 3,5 gravitasi. Kami sedang kembangkan agar memiliki kemampuan 7 gravitasi sehingga mampu menahan beban ratusan kilogram,’’ ujar Kepala Program UAV BPPT, Joko Purnomo. UAV Wulung masih ada di level dua. Umumnya, pesawat militer tak berawak milik negara maju telah berada di level tiga. Level tertinggi atau level empat yang mampu dicapai saat ini adalah kemampuan jelajah di atas 70 ribu kaki.


Wulung akan memenuhi kebutuhan skuadron Supadio TNI AU, Pontianak. Dengan adanya UAV, fungsi pengawasan oleh kapal dan pesawat berawak TNI AU bisa lebih efisien. UAV bisa menggantikan biaya tinggi akibat pengawasan di wilayah perbatasan.


Selain untuk keperluan militer, UAV Indonesia juga digunakan untuk pengawasan transportasi, SAR, penelitian atmosfer, pengawasan kebencanaan, kargo operasi hujan buatan, penyebaran benih, pengamatan vegetasi daerah kritis yang sulit, pengambilan gambar film dan lain sebagainya.

UAV Wulung BPPT (photo: Viva.co.id)
UAV Wulung BPPT

wulung
Kilas Balik UAV Wulung

Pengembangan UAV Wulung tidak bisa dilepaskan dari sosok Prof Said Djauharsyah Jenie yang tahun 1998 mulai merekayasa teknologinya. Proyek ini sempat terhenti namun tahun 2004 pengembangan UAV dilakukan lagi. Selama dua tahun, Said dan timnya fokus mengembangkan struktur ringan. Sejumlah uji coba dilakukan namun berakhir dengan kegagalan. Setelah ditelusuri, penyebabnya adalah bobot pesawat yang terlalu berat. Setidaknya ada dua prototipe pesawat yang gagal diuji coba meski berkali-kali dilakukan penyesuaian.


Rupanya para ilmuwan pengembang UAV yang berlatar belakang ilmuwan PT DI menyamakan struktur pesawat tersebut dengan pesawat komersial. Tidak heran beratnya berlebih dan gagal diterbangkan. Mereka pun kembali berkutat di bengkel pembuatan pesawat dan berhasil menciptakan prototipe ketiga yang mampu terbang.

Meninggalnya Prof Said pada 2007 membuat tim UAV terguncang. Mereka sempat menjadi anak ayam yang kehilangan induknya. Apalagi, kala itu dukungan pemerintah terhadap pengembangan UAV masih belum 100 persen. Mereka harus mengembangkan pesawat dengan kemampuan finansial yang terbatas. Rancangan UAV terus disempurnakan hingga akhirnya menarik perhatian Balitbang TNI yang ikut serta dalam pengembangannya. 







Sumber : JKGR

15 komentar:

  1. sekalian pak pasang cantelan rudal anti personel dan bangunan biar lebih mematikan,...jayalah indonesiaku

    BalasHapus
  2. bagus juga kalo sriti di tempatkan di pos-pos perbatasan,gak ribet pake landasan pacu.
    ngemeng2 Wulung BPPT masi kalah ampuh dari punya Lapan,tapi kok yg mau di produksi massal malah wulung....

    BalasHapus
  3. malaysia sudah membangun pesawat UAV yang lebih canggih dari indonesia.
    indonesia tertinggal oleh malaysia dalam UAV

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malaysia anak emas inggris jadi dia pede banget. Sejak indonesia krisis tahun 1996 dan berkepanjangan sampai 2005 alutsista kita berhenti tidak operasional karena embargo. Malaysia justru mulai saat itu belanja alutsista besar besaran Mig 29, F 18, Astros, Cesar, dll tapi semua uang berasal dari setoran cukong2 yang membabat habis hutan di Indonesia. Belum lagi mereka mengirim misi teror dgn menugaskan Nurdin M Top dan Asahari yang sangat merugikan kehormatan Indonesia. Mereka sudah dapat Sipadan dan Ligitan tapi masih ingin lagi Ambalat. Itulah kenapa kita yakin bahwa kita sesegera mungkin untuk bangkit membengun mengembangkan angkatan bersenjata untuk mengejar ketertinggalan dari negara2 tetengga

      Hapus
  4. kite terlalu nyante kale ye, telat ga pa2 tapi konsekwen dong, dikebut pembuatannya dan pake teknologi yg mumpuni, jgn setengah2 gitu gantee..

    BalasHapus
  5. pasang di monitor di tank leo...
    bagi bagi gambarnya ke laptop personel infantri...

    bagi2 kesiapa lagi yach...

    BalasHapus
  6. Bertahap dan pasti suatu saat kita mampu membuat pesawat perang/pengebom nirawak...apresiasi untuk para ilmuwan lanjutkan risetnya untuk pembuatan nirawak yg lebih canggih..tunjukan bahwa kita mampu.

    BalasHapus
  7. @ano 14.59 kan menggunakan bukan membuat
    kita juga menggunakan UAV buatan israel yg dibeli lewat pilipina
    kalo ini hasil mikir ilmuan kita
    hehe



    ane yakin kedepan UAV kita bisa disejajarkan dengan negara maju
    contoh realnya SS-2 dan ANOA
    semangat berekaperimen

    BalasHapus
  8. Ditempat gw sering hilir mudik nich uav..sayang suaranya menurut gw mah agak bising.kalau bisa sedikit diperkecil senyap gtu.hehehe.
    Ok go lah produk lokal.

    BalasHapus
  9. Yang milik LAPAN itu semi RHS bro

    BalasHapus
  10. kita indonesia slalu produksi barang di bawah standar kualitas mumpuni ." apalagi menyangkut alutsiata sarat tehnogi kita keterbelakang . bukan tampa sebap , RISET tampa biyaya mumpuni bakal jalan di tempat alias dana riset kepotong di tempat , ini hampir saban hari gak segaja sering kita liat di lapangan dana riset di pangkas : hasilnya bisa diliat uav butan cina (wing long) dan uav bikinan lokal .

    BalasHapus
  11. Wednesday, June 26, 2013

    Russia sells China 100 Su-35 fighter jets
    (China Daily Mail)- According to a report by Voice of Russia, China and Russia have concluded an export agreement for 100 Su-35 fighter jets during the Paris Air Show.



    At the 50th Paris Air Show at Le Bourget Airport, Russia had it’s most intensive participation over the past few years. All the 46 well-known Russian weapon manufacturers and companies, including Sokhoi, Mikoyan and Ilyushin, had presence there. In the exhibition hall, open-air site and flying shows, the audience has witnessed the Russian aviation industry’s newest achievements.

    At that exhibition, there was the first flying show of the Su-35 abroad. The Su-35 is the most intrepid fourth-generation fighter jet in the world today. It is equipped with a 30mm machine gun, a radar with a search range of 400 km, and a flight range of 3,500 km without refuelling.

    It’s powerful engine enables it to perform various super difficult movements such as horizontal rolling, plane screw spin, Pugachev Cobra and other stunt manoeuvres. It has its unique super “pancake” manoeuvre – a horizontal 360 degree turnaround without reduction of speed. Western media exclaimed in admiration, “It’s not an airplane, it’s a UFO.”

    Mikhail Pogosyan, general manager of United Aircraft Corporation, was tremendously satisfied with the Su-35’s performance this time. He said: “The Su-35 is better than all other types of fourth-generation aircraft. Its performance not only embodies excellent pneumatic technology, but also the ability of the unique equipment it carries and its attack capability.

    “It is not yet our newest achievement because we are at the same time developing a fifth-generation fighter jet. The two types of aircraft may supplement each other in the future to enhance the combat efficiency of the air forces of Russia and the countries that use Russian-made weapons.”

    Source: huanqiu.com “Russia: China and Russia Have Concluded Export Agreement for 100 Su-35s” (translated from Chinese by Chan Kai Yee)

    China Daily Mail

    BalasHapus
  12. Mengharap indonesia bisa lebih baik dg negara tetangga birokrasinya muluk-muluk makanya selalu tertinggal kayak kerbau dongok by: adrian kalibata city herbras 02/CU

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang adrian pernah ke Luar Negeri? Kok tau kalau di negara negara tetangga birokrasinya ruwet dan banyak yang kumpul kebo? Dasar minim tapi bacot lu busuk banyak makan sampah

      Hapus
  13. REST IN PEACE
    ADRIAN KALIBATA CITY
    SEMOGA ARWAHNYA DITERIMA DI KANDANG BABI. AMIEN...

    BalasHapus