Kamis, Mei 09, 2013
25
MOSCOW-(IDB) : Sejumlah jet tempur terbang melintasi lapangan merah Moskow dan tank-tank berat berkumpul saat Rusia memamerkan perangkat militernya pada peringatan kemenangan melawan tentara Nazi Jerman di Perang Dunia II.

Keputusan untuk mengadakan parade "Hari Kemenangan" diambil diktator Soviet Joseph Stalin setelah negara ini diperkirakan kehilangan 27 juta rakyat untuk mempertahankan wilayah teritorialnya dan wilayah Front Timur.

Tradisi itu juga telah diwarnai gembar-gembor baru oleh Presiden Vladimir Putin, seorang nasionalis yang semangat patriotismenya telah merebut hati para kelas menengah.

Parade Hari Kemenangan telah terancang lebih baik selama 13 tahun kepemimpinan Putin dengan masuknya peluru kendali antarbenua dan pengebom Tu-95 yang diperkirakan dapat mencapai tepi Amerika Serikat.

Tradisi itu disertai dengan kembalinya retorika pro-Soviet dan peran penting pertahanan perang Moskow yang juga disinggung Putin, pada Kamis.

"Kami akan selalu mengingat bahwa Rusia, Uni Soviet, yang telah merusak rencana congkak dan tidak pantas Nazi serta menjaga mereka yang berambisi untuk menguasai dunia," kata Putin pada upacara yang disiarkan televisi nasional.

"Tentara kami telah menyelamatkan kebebasan dan kemerdekaan dengan mempertahankan Tanah Air mereka, membebaskan Eropa dan mengklaim kemenangan yang diyakini akan hidup selama beberapa abad," katanya.

Perayaan ke-68 yang Rusia sebut Perang Patriot yang hebat melibatkan 11 ribu tentara berbaris melangkah ke basis militer dengan spanduk bertuliskan "9 Mei" yang menghiasi dinding Kremlin.

Sekitar dua ribu veteran tampak bangga mengenakan rompi dengan medali yang disematkan Putin pada resepsi spesial di Ktemlin setelah dia melihat aksi militer dari panggung.

Putin juga menenggak 100 gram vodka tradisional yang pada waktu perang diminum para tentara setiap harinya.

Pemimpin Rusia -- dengan citra perkasanya yang menghiasi layar televisi dengan jet tempur dan tank -- telah mencanangkan rencana belanja militer dengan anggaran 740 miliar dollar AS untuk satu dekade mendatang dengan pengiriman 400 peluru kendali balistik baru dan 600 pesawat tempur.

"Kami harus memodernisasi industri pertahanan kita secara komprehensif seperti yang dilakukan pada tahun 1930," kata Putin tahun lalu dengan merefrensikan pada tahun-tahun terburuk pembersihan politik era Stalin.

Sekelompok pendukung Komunis pada Rabu meluncurkan patung Stalin di wilayah timur Yakustsk.

Rencana militer Putin telah menekan anggaran di sektor lain dan untuk pabrik usang era militer Soviet yang sudah tidak ampu memenuhi permintaan untuk memproduksi senajata dengan generasi terbaru.

Putin beberapa kali menunjukan kekecewaanya terhadap produk militer seperti tank dan sistem persenjataan yang berharga lebih mahal dibanding rival mereka di Barat, namun sering gagal ketika diuji kehandalannya.

Pemimpin Kremlin mengatakan pengeluaran militer tambahan diperlukan untuk mengamankan peran Rusia sebagai penjamin perdamaian di seluruh dunia.

"Kami akan melakukan semua yang kami bisa untuk memperkuat keamanan di planet ini," katanya, Kamis dikutip AFP.






Sumber : Antara

25 komentar:

  1. Wow... siapa yang jago? us ato rusia?

    BalasHapus
  2. patut di tiru rusia tidak peduli ocehan barat yg penting era jayanya ussr tegak kembali ,dan pembrontak di buru sekalipun gumpet di negara pulau gaku besar karna media london ,yata sukses
    penghianat tewass .alutsista pun bukan class e ecek 2 di akusisi dan bisa di pertanggung jawapkan di depan rakyat rusia .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betulin ejaan dulu, baru komentar.

      Hapus
    2. keliatan gak sekolah haha....kalau gikutin fikiran saran mu sarakah tololl ituu bisaa cilaka kita euyyyy ....
      study di mana ??? anehh kann ....

      Hapus
    3. gak usah bertengkar ini saman reformasi bebas bicara asal tidak melanggar hukum ,biarkan sajaaa ..
      .saman kedektatoran telah punah !!! atau boleh di sebut SAMAN PREDATOR KANGGG....SUDAH MAMPUSS !!!

      Hapus
  3. alutsista rusia nyata cetar membahana....kalau kita cuma cetar dikoran...nytanya barang gak mutu semua wekekekeke

    BalasHapus
  4. Ruskie Horozzo!!!! Pantas dan wajar Ruskie mempunyai kekuatan militer sangat kuat, karena kekuatan militernya untuk menjaga kedaulatan negaranya yg luas dan mempunyai SDA strategis.
    Dpt dijadikan contoh, diambrukan sistim komunisnya oleh kapitalis sekarang sdh recovery gantian skrg kapitalis yg ambruk. Padahal yg membuat kedua sistim sama ; YAHUDI.!!!!!!!! He....he.....he..............
    Maka kita hrs bangga dan pertahankan ideologi Pancasila yg g setuju asas ini sikat dan gilas habis.

    BalasHapus
  5. iiihhhhh seremmmm......

    Alutsista Rusky nggak ada yang ukuran cebol nggak kayak punya Indonesia, punya Rusky alutsistanya ukuran Super Jumbo semuaaa kerennn

    BalasHapus
  6. Namanya juga bangsa The Great Alexander bukan bangsa Ken Arok yg harus turun temurun sampai anak pinak hanya sanggup membuat keris doang yg selalu dipuja-puja...??jaman sudah berubah seharusnya anak temurun ken Arok harus memuja Alutsista modern bukanya alutsista class perang dunia 2 sungguh sangat riskan hidup ini dan masih banyaknya maklar*alutsista yg gentayangan untuk menimbun hasil korupsi dan mengesampingkan alutsista yg modern untuk generasi anak cucu Ken Arok yg sudah kehabisan kesabaran oleh saudara kandung di sebarang lautan yg selalu menantang di ambalat..?

    BalasHapus
  7. semua tergantung duit nya ada apa enggak..

    BalasHapus
  8. ano ano disini emang udah melakukan apa buat kemajuan negara kita ? bisanya cuma mengolok-olok doang

    gw kasian sama org2 yg udah berusaha bikin maju negara ini dgn membuat karya2 dalam negeri tapi gak diapresiasi sama bangsanya sendiri, ckckck

    BalasHapus
    Balasan
    1. kita rakyat hampir habiss ke sabaran itu semua kritik buat penguasa sekarang bertingkah laku bak babi lepas kendali .
      anehhh penjarahan di mana 2 dan di biaarkan supaya gak kelitan harta segudang rakuss bintamak segala bidang mylai dari celek sekeluarga di depan.

      Hapus
    2. Daripada luu kakean cangkem.. Pasang profile bendera negara yang menjajah kita..
      Nippon bangsaaat

      Hapus
    3. sekkkkk asekkkk.....kata artis ibu kota yg lagi tennar kwkwkw......hhh..
      hasekk hasekkkkk demokrat kroni calon penghuni NUSA KAMBANGAN
      "BANGUNAN BESAR TIDAK LAH SEINDAH YG KITA BANYANGKAN KAMAR MENCEKAM BAU DAN TIDAK TERAWAT SOBATTT ITU LAH
      NUSA KAMBANGAN AHIR PENANTIAN KRUPTOR .!!!!!

      Hapus
  9. atas gue pasti malon babi,hahahaha.......

    BalasHapus
  10. ano 12.51 ngemeng apa sih..?teu ngrti euy..hehey.bro,shukoi pake R-27 bnr ngga tuh?semoga ja bener.kpn ya indo bs buat kyk ss-x-27,optimis aja deh semoga bs.

    BalasHapus
  11. Dunia sangat berkepentingan dgn kuatnya militer rusia dan cina krn akan menjadi penyeimbang kekuatan blok barat. Selama ini blok barat terlalu sombong dan otoliter dlm memaksakan kehendaknya di dunia. Kita lihat di irak, libya, afghanistan, chad, sudan, dll. mereka dgn sesukanya melakukan agresi dan melanggar kedaulatan negara tsb. Mereka selalu mencampuri urusan dlm negeri negara lain. Dgn label HAM mereka mendikte negara lain padahal mereka menutup mata dgn apa yg terjadi di israel, guantanamo dll.

    BalasHapus
  12. @ano 10:54 Russia bangsa alexander the great??? Alexander orang macedonia ......bro. Udah mencela negara sendiri masih salah lagi...(Baca sejarah dulu kalo mau pake perumpamaan)...

    BalasHapus
  13. Hahaha....gua yakin china,rusia,usa bisa menguasai dunia,yg lain hanya ekor beruk aja.

    BalasHapus
  14. Semuanya tergantung rakyat,apa mau menderita dulu demi kewibawaan negara?.
    Memang semua tergantung duit,akan tetapi apa rakyatnya mau duit itu untuk alusista.
    Saya mau bayar pajak,jika untuk alusista militer.

    BalasHapus
  15. Setuju mas Bagol!!

    orang indonesia kebanyakan mau enaknya doank, ga mau berkorban..
    terlebih itu anggota Dhewan sok terhormat.. ngoceh paling mantab, kelakuan bejad..

    BalasHapus
  16. Anggota dewan itu bisanya gedein perut sama nyari rumah buat yang ada di bawah perut itu..
    Liat aja kasus suap sekarang pake media wanita...

    BalasHapus
  17. Yang pasti untuk militer indonesia jangan bermimpi kayak militer negara adidaya,cukup gimana caranya jadi negara adidaya ekonomi dan memiliki kekuatan militer yang kuat dan disegani buat defence and proteck nkri dan rakyat.

    BalasHapus
  18. Indonesia adalah negara yang dipimpin oleh orang2 yang cepat puas dan selalu berkata cukup...
    Padahal melampui negara tetangga saja tidak mampu dan engos-engosannnn....

    BalasHapus
  19. Ano 10.04 menurut mu siapa pemimpin RI yg tak cepat puas selama ini??? Atau siapa calon mu tuk yg akan datang ?

    BalasHapus