Senin, Maret 11, 2013
0
JAKARTA-(IDB) : Menhan RI Purnomo Yusgiantoro, Senin (11/3) menerima kunjungan perkenalan Dubes Thailand baru untuk Indonesia, Paskorn Siriyaphan, di Kantor Kementerian Pertahanan RI, Jakarta.
 
Turut mendampingi Menhan, Dirjen Pothan, Pos M. Hutabarat, Staf Ahli Keamanan, Mayjen TNI Hartind Asrin dan Kapuskom Publik Brigjen TNI Sisriadi.

Dalam kunjungannya, Duta Besar Thailand memperkenalan dirinya sebagai Dubes  Thailand yang baru ditugaskan di Indonesia sejak bulan November tahun lalu. Bagi Paskorn Siriyaphan merupakan suatu kehormatan sebagai Dubes Thailand untuk Indonesia karena bisa meneruskan dan meningkatkan hubungan diplomatik yang sangat erat disegala bidang bagi kedua negara semenjak 60 tahun yang lalu. Pada kesempatan pertemuannya dengan Menhan, Dubes Thailand juga mengundang kehadiran Menhan pada acara High Level Committee Meeting bidang pertahanan yang akan diselenggarakan pada bulan Juli tahun 2013 di Thailand.

Disamping itu Dubes Thailand juga membahas dengan Menhan beberapa perkembangan isu-isu yang terjadi di sekitar wilayah daratan Thailand dan wilayah perbatasan Thailand dengan beberapa negara tetangga.

Mengenai isu perbatasan Kamboja dengan Thailand, Dubes Thailand mengatakan sementara ini kedua negara sepakat untuk menyerahkan masalah tersebut kepada forum pengadilan tingkat internasional di Den Haag hingga batas bulan Oktober tahun 2013. Sementara masalah tersebut dibahas, kedua negara tidak akan membicarakannya dalam forum bilateral.
Pada kesempatan tersebut, Menhan Punomo Yusgiantoro, menyampaikan terimakasih atas undangan pertemuan High Level Committee yang disampaikan Dubes Thailand. Selain itu Menhan mengatakan kepada Dubes Thailand yang baru tersebut bahwa kerjasama militer kedua negara saat ini sangatlah kuat. Hal ini ditandai dengan beberapa pertemuan dengan Menhan Thailand yang berkunjung ke Indonesia beberapa kali untuk membicarakan permasalahan wilayah perbatasan yang ada di Thailand.

Dubes Thailand mengucapkan terima kasih atas dukungan penuh Indonesia terhadap integrasi wilayah Thailand. Adapun bentuk dukungan yang diberikan oleh pemerintah Indonesia adalah berupaya untuk isu wilayah Thailand Selatan tersebut tidak bahas di dalam agenda forum pertemuan Organisasi Konferensi Islam (OKI);

Selain itu Menhan menekankan bahwa Indonesia tidak pernah atau tidak akan pernah mengizinkan anggota TNI untuk melatih  orang asing yang merupakan kelompok garis keras yang ada di daerah Thailand Selatan dengan beberapa maksud dan tujuan tertentu. Hal tersebut juga sudah disampaikan Menhan Purnomo Yusgiantoro kepada Menhan Thailand sebelumnya.




Sumber : DMC

0 komentar:

Posting Komentar