Sabtu, Maret 02, 2013
93
JAKARTA-(IDB) :Menteri Pertahanan (menhan) Purnomo Yusgiantoro mengatakan, alutsista yang mempunyai efek penggentar (deterrence) milik Indonesia sudah lengkap. Apalagi, kesepakatan soal pembelian main battle tank (MBT) Leopard dari Jerman menurutnya sudah final.

"Untuk deterrence saya kira kita sudahlah (lengkap)," kata Menteri Pertahanan Purnomo di komplek kantor presiden, Jakarta, Jumat (1/3).

Selain tank leopard yang berberat 60 ton yang berjumlah lebih seratus unit, Indonesia juga sudah memesan tank medium dibawah leopard dengan berat 30 hingga 40 ton. Selama ini Indonesia hanya punya light tank.

"Sudah (tank disetujui) bagian paket dan kita sudah punya satuan rudal," kata Purnomo lagi.

Pada akhir kabinet diperkirakan sistem penggentar Indonesia sudah lengkap yang mana kebanyakan alustsista tersebut dipasok dari Jerman.

Untuk saat ini, Alutsista penggentar yang dimiliki Indonesia antara lain, pesawat grobb, satuan rudal dengan jangkauan 300 kilometer dan 150 kilometer, helikopter Puma yang bisa digunakan untuk penggunaan keperluan militer dan sipil, jet heavy fighter dan jet light fighter, main battle tank, medium battle tank dan light battle tank.

"Sekarang sedang proses akhir (leopard). Kita kan akan dapatkan cukup banyak dari sana (Jerman). Pokoknya lebih dari seratus dan itu sudah cukup efek penggentarnya," tutupnya.




Sumber : Beritasatu

93 komentar:

  1. "Untuk saat ini, Alutsista penggentar yang dimiliki Indonesia antara lain, pesawat grobb..."

    Haa? siapa yang gentar sama pesawat grobb? dan sejak kapan grobb masuk kategori ALAT UTAMA sista?

    BalasHapus
  2. pendekar mabok juga rupanya, jgn2 sodara si bule sinting...

    BalasHapus
  3. penggentar itu sukhoi, minim punya 250 Sukhoi baru itu namanya (deterrence) ...

    BalasHapus
  4. komplit sudah komisinya lumayan untuk tujuh turunan atau membantu membuat kilang minyak baru di Singapore.

    BalasHapus
  5. sukhoi 35 bm nya belom kebeli pak, harusnya dibeli dulu satu squadron + amunisi lengkap, baru ada deterencenya...

    BalasHapus
  6. Menhankam : SUDAH KOMPLIT alutsista untuk deterjen....tapi yg terlihat cuma itu2 aja, ....tapi yg terpublikasi itu2 aja.....APA UCAPAN BELIAU NGAWUR atau SEBUAH CLUE bahwa ada yg tidak tampak dan tidak terpublikasi dan bersifat DETTERENCE.
    Kalau CLUE berarti :
    Kita punya KS KILO dan operasional.
    Kita punya STREGUCHI, S 300/ 400 dah masuk
    Jumlah Sukhoi lebih dari 1 sq
    Jumlah F 16 lebih dari 1 sq. .....dll.

    BalasHapus
  7. Ano 12.41 Nggak ada yg tersembunyi, semuanya terang benderang, tapi banyak yg nggak tahu kalau tank Marinir itu sudah di retroffit dan up gunning, begitu pulu meriam s-60 kita yg jadul sekarang sudah berubah menjadi meriam modern setelah di retroffit. Cms kapal perang kita sudah di modifikasi cms-nya termasuk masalah cms kapal selam kita sdm kita sudah ikut serta terlibat dlm proses pembuatan sofwarenya termasuk software mpa cn-235. Nah kegiatan spt ini banyak yg nggak tahu termasuk luar negeri. Kalau beli alutsista semua pasti tahu bro drmn,apa, bgm,brp dstnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbah Boleroes, tidak semua alutsista yg kita punya dipublis. Untuk memberikan effek kejut pd musuh.Mbah jangan lupa, Yakhont dah lama datang namun baru tahun kemarin dibuat latihan. Untuk senjata strategis, tentu saja dirahsiakan keberadaannya. Kados entut mbah. .....wonten gandanipun, namnging mboten ketingal wujudipun. Mekaten saking kulo.

      Hapus
  8. Ano 12.41 betul yg anda duga sy sudah melihat semua itu dengan mata kepala sy sendiri (bukan matanya boler)!!! Kalo gak percaya silahkan datang tentu dgn syarat khusus!!!

    BalasHapus
  9. Ano 13.09 hebat yah sudah ngeliat dg mata kepala sendiri apa dan bgmn KS Kilo saya malah ngiri karena anda sudah pernah diajak nyelam perdananya.
    Sdh pernah masuk cockpit pespur sukro terus terbang malah diajak demo cobra pugacev segala......
    Benar-benar huebat, ano ini, crew darat satsel di armatim malah belum pernah ngeliat tapi belajar bhs rusia ya, mau di kirim ke india ya, tapi nggak jadi. Lha kalau benar ada faslitas pendirat gimana, untuk chargigng battery, charcging baterai torpedo, fasilitas air, dan pengunggah logistik abk kapan disiapkannya. Yg di teluk Palu saja hanya untuk 209, kalau untuk Kilo trus tambatnya? Apa di empangnya situ? Ada-ada saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbah Boleroes, Pangkalan daging sekilo, memang dah ada dan sudah dipakai. Tempatnya dimana? itu rahasia. Kan tidak ada orang yg mempublish PIN ATMnya!

      Hapus
  10. Tak kan semuanya anda tau pak boleroes!!!! Bahkan sampai perwira tinggi tak semua tahu apalagi anda!!!

    BalasHapus
  11. indonesia mestinya punya kapal selam buatan rusia. hem . . . pengen bcoran prediksi bola terakurat. kunjungi mhoki88.blogspot.com

    BalasHapus
  12. Ano 14.25 makin tinggi nilai tipu-tipu info anda, saya maklum saja ano pengin jadi "Super Star" di bidang informasi data yang bersifat maya.
    Kasihan anak ini. Mau nipu tapi ilmu nipunya masih belum tinggi. Maklumlah. Ya ,ya Ano 14.25 saya memang kalah dengan anda yang sudah pernah nyelam dengan KS Kilo dan mencoba terbang dengan Sukro trus manuver Cobra Pugacev segala, ano 14.25 memang huebat banget tau yang orang lain tidak tahu bahkan Perwira Tinggi juga nggak tahu ( yang sudah pensiun tentunya).

    BalasHapus
  13. untuk MEF 1 cukup segini dlu
    toh bnyak yg blm dtng kan

    Insya Allah MEF 2 lbih dari ini
    menhan jauh lebih tau dari ini semua

    BalasHapus
  14. Apa nya yg gentar....coba coba pesan s300, atau mulai pesan s400.... Soalnya sering ufo lewat udara kita tanpa pamit....LOL

    BalasHapus
  15. Wadoooow jadi ngerti gw obsesi nya si boler nih 1.ingin jadi super star dunia maya 2. Ingin di anggap paling tahu dan pintar tentang alutsista 3.ingin jadi sumber refrensi ilmu alutsista!!! Maka disiapkan lah nama dan prangkat dumaynya BOLEROES!!! Indikasinya setiap ada yg komen dan pura2 tahu banyak tentang alutsista pasti di serang sama boler!!!! Aduuuuh boler kalo kita2 yg anonim ini sekedar iseng! baca dang ngetik aja pake HP jadul makanya gak bisa pake nama!!!! Kepikir ke arah sono aja baru setelah baca komen mu boler!!! Ha ha ha Jadi boler jgn takut kesaing lah!!! Tenang aja leeer!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentnya gak mutu dan kekanak kanakan mas, Ga usah ngejelekin dan menghujat orang, kecuali kalo anda anggota DPR yang kebakaran jenggot ato anggota militer yang ga mau mendengar kritik yang membangun. ato broker alutsista yang udah ga kebagian proyek. Yang jelas saya senang kalo memang bener2 kita sudah punya KS, tapi lebih seneng lagi kalo kita punya dakita tidak ada yang mengetahui kalo kita sudah punya dan menggunakannya. keep on secret.

      Hapus
  16. kmplet dibawah ketiaknya paman sam..??? Indo jika ingin kuat sprti thn 60an,harus bernyali baja sprti china n iran serta berani melawan sgla intervensi asing terutama USA. tpi sya msi ragu dgn pejabat qita skrg ini.

    BalasHapus
  17. Bro Ano 15.59. Kelihatannya anda pantas jadi dukun yg tahu lebih dulu isi hati orang lain.
    Saya mengalah deh sama pribadi yang punya sifat demikian, kata si mbah saya " wong ngalah luhur wekasane" = orang yang mau ngalah menunjukan keluhuran budinya.
    Ini blog dibangun oleh admin untuk memberi kesempatan pada siapa saja untuk menulis komen yang baik dalam tata kelola bahasa, salaing menghormati kalau mampu pada peradaban kesopanan kalau nggak mampu ya silahkan.
    Komen saya tulis agar blog ini hidup dan ramai, nggak ada keinginan saya untuk lebih unggul dsb-nya namun saya juga ingin kalau menanggapi komen yg lain tentu akan berlaku tat tertib dan sopan santun.
    Jgn mentang nggak akan dikenal siapa pribadi penulisnya tapi kalau komen seenaknya saja apalagi menuliskan komen yg sampah.
    Pengin saya kalau komen ya silakan kalau nggak tahu ya sudah kalau tahu hayo kita kreatip untuk komen yg baik yang dinamis dan berkepribadian tinggi tapi bukan ber polemik yang nggak bermutu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kaga usah diladenin koment koment yang kaga mutu, so jalan terus dengan koment dan ide ide membangunnya. pada dasarnya semua menginginkan alusista kita lebih baik dan disegani kawan maupun lawan, kecuali para broker yang hanya menguntungkan kelompok dan pribadi doang.

      Hapus
  18. Lengkap Bapak Loeee...
    Penggetar Nenek Loeee...

    Lucu Pak Purnomo iniiii.... Sukhoi cuma seuprittt, beli ketengannnnn pula
    biar gwa hitungggg..
    1. 60 Leo 2 RI
    2. 40 Leo2A4
    3. 36 ASTROS
    4. 12 Sukhoi 27/30

    Dibandingkan luas wilayah dan jumlah penduduk nomor 3 terpadat didunia dengan negara kepulauan terbesar di duniaaa....

    DIMANA OTAK LOE PURNOMO ????

    Lihat thu Singapura dengan negara yg tidak lebih besar dari pulau Bangka... Jelas2 jumlah yang ada sangat masih jauh dari yang diharapkannnn...

    Jangan Cepat berpuas diri Pornomo, loe cuma bisa ngomong "Penjajakan, Akan, Kemungkinan"... omongan loe tidak pasti dan tidak bisa dibuktikan dengan pasti, kami rakyat benar-benar kecewa...

    BalasHapus
  19. Boler emang lu tuh sopaaann??? Emang omongan mu ber adab??? Ngaca boler lu tuh diserang terus akibat komentar lu suka ngehina orang ngerendahin orang!! nenek lu kecewa sama lu boleeer sang tinggi hati!!! Gak nyadar!!!!! Buka dan Baca komen2 lu yg lalu!!!

    BalasHapus
  20. Mek ngomong AKAN, KEMUNGKINAN, HAMPIR, MENDEKATI, dll....
    Ikuuuu tok ae mbacote.
    Paling" ujung'e BATAL.
    NEGORO OPOOOOO KIII....
    PEJABATE BOBROOKKK

    BalasHapus
  21. hmm indonesia itu terlalu demokrasi, seharusnya kita itu jadi negara yang low profile aja kayak singapura.... mereka punya Iron Dome aja nggak dipublikasiin, mereka F-16-nya setara block 60 ngga digembar-gemborin, mereka punya sistem artileri roket HIMARS berpemandu aja nggak banyak yang tau.... harusnya kita bisa jadi negara seperti itu, nggak usah lah ngebeberin detail pembelian senjata, malah lawan udah tau gimana caranya meng-counter sistem persenjataan kita nantinya

    BalasHapus
  22. Wooou ada perang antara boler dan ano =)) =)) =)) kalo gw jadi presiiden si ano gw jadikan menlu dan si boler gw jadikan menhan keduanya hebat berdiplomasi hehehehe

    BalasHapus
  23. mungkin maksudny si purmomo ini, udah lengkap komisi2 yg dia dapat dlm pembelian alutsista ini x.........

    BalasHapus
  24. boler=bambang wahyudiono...!!! Kampret,ganti nickname lagi nich org!!! Mank ilmu u itu semana sich tentang ALUTSISTA n STRATEGI MILITER...? ilmu dapat dari browsing internet aja sombongnya minta istri eh salah minta ampun...wkwkwkwkwk...

    BalasHapus
  25. Ilmu itu kan diperoleh darimana saja, perihal Alutsista sebagian dari pengalaman sendiri sebagian dari membaca sebagian dari cerita teman sebagian lagi dari ano-ano yg sopan dan beradab kalau dari browsing internet kecil saja saya lebih ngadelin pengalaman dari perjalanan hidup mengikuti kegiatan alutsista yg hampir 32 tahun gua lakonin. Kalau soal strategi gue bukan lulusan akademi atau sekolah strategi jadi gue gak banyak tau yang gue tau strategi gimana bisa nganter anak-anak saya jadi sarjana semua dan dapat penghidupan yg layak sekarang itu aja.
    perihal minta istri seh kalau situ mau ngaseh ya semoga dapat saya terima cuma kasihan sama wanitanya nanti karena kondisi phisik saya sudah nggak kayak 30 tahun yang lalu, jadi gimana kalau saya serahkan ke anda yang masih strong agar sebanding, tapi kalau maksud lu mau ngasih nenek-nenek yah gua tolak deh ntar bisa ngabisin uang pension gua, lagian ini kan hobi saya menulis agar otak gue nggak jadi loyo alias pikun nanti. Makanya saya seneng banget di usia senja gue masih ada kegiatan menulis walau nulis di blog ini. Makasih sama admin blog ini ya, juga sama ano - ano yang lucu-lucu fans berat Google dan Wiki.

    BalasHapus
  26. efek gentar??pertahanan udara kita masih sangat rapuh..andai ada serangan udara musuh yg kita lakukan mungkin cm lari dan berlindung..peralatan tempur kita secepatnya dihancurkan..habis tak tersisa.jd mn efek gentar maksdnya?mestinya sistim pertahanan udara di dahulukan.

    BalasHapus
  27. ilmu bole itu dari RSJ, dia kan gila bin sarap, maklum pengemar katinone jadi suka berhalusinasi..., agan-agan semua maklumi ya si bole sinting.

    BalasHapus
  28. indo itu bangsa komisi, tak akan jalan pemerintahan negeri ini tanpa didahului KOMISI (wani piro). sebuah tabiat yang mengakar dan membudaya. Dan yang gak kebagian komisi pasti teriak-teriak macam anjing.

    BalasHapus
  29. baleroes koment loe kayak ngerti ilmu perang aja
    cumsn bisa bacot
    g pantas loe jadi orang indonesia jangan 2 loe cuman buangan mata-mata orang asing

    BalasHapus
  30. entah kenapa gw slalu benci dgn sikap orang yg cepat puas.. Padahal tikus tikus sedang mengintip di balik meja dgn mencari celah agar bisa menikmati sumber daya alam dinegri ini..
    Serdadu yg tangguh hanya di bekali pisau yg berkarat Dan sudah rapuh terhadap hantaman benda keras..

    Ayoooooo jendral
    tambah.. Tambah.. Dan tambah

    BalasHapus
  31. Temen2 sob penggemar blog Indo Defence,saya jg fans dr blog ini dah hampir setahun,saya jg srg menimba ilmu pengetahua ttg hal yg berkait dg militer lewat sob2 di blog ini,tentunya perbedaan sudut pandang tiap2 komen itu hal yg wajar buat sharing,tp jgn sampai trjd mana yg mrs benar dan mana yg paling unggul. Yg penting kita bs kompak aja deh... saya suka jg di blog ini krn tiap komen ada yg lucu,ada serius,riil,kenyataan,ada yg kelewat oon,dll. Tp ttp semua saya anggap fans friend indo defence. Bravo indo defence...salam kompak selalu.

    BalasHapus
  32. Wah wah wah..sy klo lht statmennya Pakmenhan sungguh sangat mengecewakan cb lht yg disebutkan sbg alutista yg deteren klo menhannya aja persepsinya bgt ya bnr sich mlh sgt deteren klo buat nakut2i rakyat sipil...ya mbok sekali2 lht disingapura gt pak menhan biar bs utk berkaca sprt apa alutista sna seberapa bnyk dan seberapa kuat utk perbandingan jaga wilayah jgn dkit2 tkt klo trjd perlombaan senjata diasia...sbnrnya klo mnrt logika itu cmn berlaku jg buat yg punya DUIT, mstnya klo buat yg sm2 punya duit ya biasa pak menhan yg pst bagaimana skema pertahanan yg diterapkan dan bagaimana utk program modernisasinya jls

    BalasHapus
  33. Kalo menurut saya MEF tahap 1 hanya utk mengejar ketertinggalan aja alutsista tni,dimana jumlah ato kuantitas yg diutamakan,mengingat jmlh alutsista tni emang minim dan dah byk yg uzur,sdg kalo dianggap punya efek deterence saya kira cukup lumayan sbg penyeimbang. Toh info dari GFP militer kita tetap tertinggi dinegara asia tenggara. Selain itu faktor dana yg minim jg jd pengaruh,mudah2an di MEF ke 2,belanja alutsista spt yg diinginkan sob2 ano jg saya bsa terwujud,trgtung pemerintahan baru nanti stlh SBY lengser. Dimana saya menilai thn 2020 nanti militer kita bsa mnjdi macan asia yang bertaring tajam (tp jgn ngimpi kekuatan militer kita kayak 5 negara adidaya).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dana minim gimana, lht garuda militer blog.. 2010-2014 alokasi dana buat alutsista baru dipakai setengah.. dan sisa gak dipakai walau sdh ditambah.. negara lain gak bisa dibohongin masalah Indonesia punya apaan.. F16 gak bakal di kasih BVRAAM sm US..

      Hapus
  34. indonesia negara gagal,apa yg bisa d banggain dari indonesia slama ini...??dari makanan smpek senjata,semuanya import.

    BalasHapus
  35. Dipikirannya Pak Pur Indonesia itu Jawa doang !!!!!! Gawat !!!!!!!!

    BalasHapus
  36. Dipikirannya Pak Pur Indonesia itu Jawa doang !!!!!! Gawat !!!!!!!!

    BalasHapus
  37. klo negara gagal untuk apa di bahas bro ano, toh jelas negara gagal korupsinya mantep bener, demokrasinya ampe bablas ampe kadang lupa sopan santun, brg import semua, tapi kenapa jiran2 disekitar kita pasang kuda2 mantap benerr, kayaknya kita ancaman berbahaya, klo kita beli senjata pasang kuping rame2, klo mereka belanja apa kita peduli?, punya apa sih kita?, jelas ABnya ompong kok dijadikan ancaman, ato kita meragukan hasil intelejen ASIS yg konon katanya salah satu yg terbaik di dunia? ....salah satunya, moso takut ama AU indo yg ompong ampe harus beli 12 new hornet + 12 growler, mereka punya 72 hornet lebih dari cukup buat acak2 indo kok....ahhh jadi aneh gua....ahahahay....slow aja toh bro masih bisa ngenet sambil ngopi + ngebul nikmat, besok anak2 bisa sekolah, bini shopping, bro ke t4 kerja PP aman,... tapii ingat ada org2 yg kadang2 musti jauh dari family,kurang bahkan nggak tidur2, hidup dalam tekanan dan kewaspadaan tinggi untuk memastikan hal2 tersebut tetap berlanjut....hoaammmm ngantukk....mimpi lagi ahhhh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini tukang sayur apa tukang rumput......jangan2 buto ijo he....he...

      Hapus
  38. Alhamdulillah, segala sesuatu,apa yang kita miliki saat ini harus kita syukuri, agar berkah, dan semoga Alloh swt meridhoi segala urusan dan perjuangan kita

    BalasHapus
  39. Mas next generation of wiragunan ;
    "nggih mas, Alhamdulillah, memang semua harus kita syukuri, kalau kita sudah berusaha dengan sungguh2.
    Untuk dpt dari Ridhlo dari Allah tergantung langkah dan jalan yang kita tempuh, dalam hal ini kalau budaya perjuangannya masih korup gimana?"

    BalasHapus
  40. Pangkalan KS Kilo pasti di luar Surabaya karena kedalaman lautnya tidak memungkinkan. Mungkin pilihan yang bagus di luar Surabaya misalnya di sekitar Kep. Kangean, Madura dekat Pulau Sapudi, di Kupang atau di sekitar Pulau Morotai, sedang di Palu pendiratnya hanya untuk 209.
    Mungkin ada yang lebih tahu?

    BalasHapus
  41. wis lah..
    gak usah saling serang
    wong sama-sama sharing aja kok....

    BalasHapus
  42. mungkinkah setengah dari sisa anggaran TNI yg belum dipakai akan dialokasikan untuk riset teknologi mandiri?

    BalasHapus
  43. Peruntukan anggaran yang disetujui DPR kan tidak untuk riset.
    Lagian kita terlalu banyak lembaga riset, yang tujuannya untuk pemerataan penghasilan bukan hasil riset yang dikejar untuk dimanfaatkan oleh masyarakat bagi kemajuan.
    Kalau Riset teknologi mungkin BPPT atau LIPI yang harus di dukung anggaran sendiri.

    BalasHapus
  44. maksudnya riset teknologi militer yang dapat menghasilkan alutsista penting seperti misile at pesawat tempur. Badan/lembaga riset yg ada selama ini seperti berjalan sendiri2. Perlu dibentuk semacam komando koordinasi misalnya yg mengepalai lembaga riset tersebut. Shg saling mengisi untuk menghasilkan produk militer yg diinginkan.

    BalasHapus
  45. deterjen efek? asal jangan ngomong soal ini sama vietnam, bisa-bisa tar malah kena deterjen efek sendiri kita, hehe *piss

    BalasHapus
  46. Gimana kalau model di AS, swasta yg mengerjakan seluruh tahapan
    dari mulai riset sampai produk sedang pembiayaan dari pemerintah?
    Gw lihat hampir produk militer sana nggak ada yang dikerjain oleh semacam BUMN di kita, tapi seluruhnya 100% oleh MNC (Multi Nasional Corporation) jadi kalau risetnya di terima oleh pemerintah berarti MNC bisa dapat duit dan berhak memproduksi, dan berarti duit lagi. Jadi benar-benar dagang, dan kalau diminta komisi oleh pejabat pemerintah AS ada UU anti Trust yg hanay boleh memberi komisi secukupnya maximum 11 % dari nilai kontrak.
    Kalau di lembaga riset pemerintah kita, biaya riset dianggap uang hilang, istilah para pejabatnya ; Namanya Riset kan "try and error" kalau berhasil syukur kalau gagal yah gimana lagi, begitu terus setiap tahun anggaran dan yang pasti banyak gagalnya, maka hasilnya tidak pernah maksimal dan optimal.
    Kalau ada fihak swasta yang akan mengenalkan produknya sukur kalau nanti dapat ikut tender pengadaan, maka si pengusaha harus melewati prosedur sertifikasi terlebih dahulu di lingkup Litbang walau material tersebut sudah punya sertifikasi international dan bahkan sudah battle proven atau sudah terkenal di khalayak umum sebagai material yang kuat, irit dan berdaya guna tinggi.
    Saya setuju kalau masalah Riset di jadikan satu lembaga saja, sesuai maksud dan tujuan Riset diberi anggaran yang cukup dan harus menghasilkan sesuatu yang paling baik untuk dipakai nanti.


    Sedang kalau

    BalasHapus
  47. Tuuuh komen tukang sayur stubuh bgt gw!!! Ini MILITER bung!!! Apa yg anda dengar dan apa yang anda lihat bukan lah kedengaran dan kelihatannya!!! Hehehe!!! Tak mungkin kekuatan dan kelemahan MILITER kita sampe tukang sayur dikasih tau halaaaaah ya gak mang sayur!??

    BalasHapus
  48. tukang sayur kurang tidur tuh, jadi komennya nggak bisa dijadikan patokan.
    Makanya tidur dulu yang cukup, trus bangun nginum kopi kental dulu baru komen lagi, yakin komen tukang sayut ntar bermutu, nggak kayak yang komen diatas, nggak nyambung tuuuuhhhhh. Malu-maluin komennya.

    BalasHapus
  49. saya setuju bila riset dan pembuatan produk militer dilaksanakan oleh swasta sedangkan pembiayaan oleh pemerintah. Karena pasti lebih profesional, ada kotrak/perjanjian tertulis yang mengikat tanggung jawab dari masing2 pihak untuk memberikan komitmennya. Tidak ada lagi pembatalan sepihak krn bisa dituntut ganti rugi.

    BalasHapus
  50. kri klewang kemaren salah satu hasil kerjasama yg bagus antara pemerintah dengan swasta. Sayang produknya mengalami kecelakaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan lagi dibangun lagi klewang.

      termasuk PT. RAI yang sama pak habibie apa yah.
      itu juga swasta kan yah.

      Hapus
    2. Yang kecelakaan KLEWANG yg mana ya? Klewang terbuat dari FIBER CARBON yg sifatnya SANGAT SULIT TERBAKAR dan jika terbakar ASAPNYA BERWARNA PUTIH KEKUNINGAN. Berbeda dg FIBERGLASS, mudah terbakar dan asapnya berwarna hitam..Kesimpulannya...tengok kika.......lari!

      Hapus
  51. kecelakaan bukan alasan untuk menyerah. Harus terus dicari jalan untuk memperbaikinya.

    BalasHapus
  52. Saya khawatir pak Pur keceplosan ngomong karena saking semangatnya. Kalo ucapan pak Pur benar berarti rumor yg selama ini beredar BENAR. Jadi kilo dan amur benar. Jadi yg lain2 rumor benar....Tks. Pak Pur.

    BalasHapus
  53. sama s300 sudah di gelar di 5 wilayah yg berbeda sejak tahun 2010.. Ya mbah bejo??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebagai buktinya adalah Hornet si Aussy kena lock sistem lanud yg tidak diketahui jenisnya. Sang pilot pontang panting melarikan diri dan sangat ketakutan. Ujung2nya mereka teriak2 ke Kongres minta dibelikan Growler......
      Tempatnya dimana? dan kapan datangnya? ..Itu rshasia TNI....

      Hapus
  54. mbah bejo ngimpi kali ketemu sama pak Pur, kenyataannya kan nggak ada itu rumors apalgi kita beli s300 dan sudah di gelar di 5 wilayah? emang nggelar tikar, gampang jangan terlalu percaya sama impian mbah bejo....jo bejo....jo bejo.......mbahe ngimpi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mmm bagus klo masih mimpi semoga aja jadi kenyataan. . . .

      Hapus
  55. mbah bejo komen kaya mbah boler tuh, suka halusinasi.

    BalasHapus
  56. Tapi tau nggak mimpi-mimpinya mbah bejo sih mimpi halusinasi bukan mimpi semacam obsesi. Percis kaya komen mimpinya mbah boler. Jadi jauh dari kenyataan Bro.

    BalasHapus
  57. Kata obami sudah cukup mainan nya? Jawab dori: lebih dari cukup,bami

    BalasHapus
  58. Wah..wah..waaahhhh....yg komen kok semakin kontra produktif yaaa...bisa2 yg berani menunjukkan jati diri berkurang nehh..sebaliknya yg pakai ano2 semakin banyak.

    Sebenarnya melalui blog ini banyak hal positif yg dpt diambil, selama para bloger mau berfikir positif. Kita perlu saling menghargai pendapat siapapun, yg perlu kita sadari bersama bhw terkadang dr pendapat ekstrem itulah dimunculkan perubahan n perkembangan ilmu, memang yg namanya ekstrem terkadang belum mampu dijangkau oleh pemikiran orang kebanyakan. Selama pemikiran itu masih bersifat ilmiah n logis, kenapa tdk kita terima sbg bahan kajian n kita uji kemampuan pemikiran tsb.

    Semua bloger layak kita hormati, krn mrk semua adlh org2 yg peduli thd kemajuan, terutama alutsista n NKRI. Tdk semua org punya kepedulian spt para bloger di sini...

    Salam hormat dr saya pd semua bloger...wow anda semua keren2...

    Smoga NKRI yg kita dukung semakin jaya, dg adanya hambatan semoga menjadikan kekuatan seluruh elemen anak bangsa. Majulah Indonesia....

    BalasHapus
  59. Hallo Fery ini sedang ngasih pelajaran klas yaa..... duuuhhhhh so sweet, sooo nice duuueeeehhhh Fery.............ciuuusssss, mi apa?????????mi oyeng yaaaaa

    BalasHapus
  60. Sudah komplit noh katanya.
    Barangnya aja belum pada datang, udah bekoar-koar udeh komplit, komplit apaan komplit komisinya, ngkali?

    BalasHapus
  61. maksud nya pak menhan mungkin komplit untuk tahun ini agan2.. tapi tahun2 depan ya pasti terus di tambah donk jumlah alut sista nya.. kan anggaran pertahanan gak muncul di tahun ini aja.. belain pak menhan lah kasian di marahin mulu di blog ini hahaha...

    BalasHapus
  62. Ano 15.16 agennya pak pejabat yah???
    Pantes ajah komennya udik bangget, dasar tukang lap sepatunya pejabat luh! Huh mpet gw.

    BalasHapus
  63. Indonesia butuh 10 pesawat tempur siluman , 2 skuadron Sukhoi SU-35 ,bberapa pertahanan udara S-300, 20 kapal selam kelas kilo, 200 helikopter serbu Mi-28 dan rudal jarak jauh. mengingat Indonesia uda pny lumayan bnyk kapal perang . kalo itu uda terpenuhi, saya rasa Negara Tetangga g akan berani mengklaim wilayah NKRI.

    BalasHapus
  64. Masih kurang, 12 Kapal Induk klas sukarno, kapal selam nuklir 11 ekor, 1550 helikopter serang dg rudal nuklir, dan Missile antar benua dengan hulu ledak nuklir, nah itu kagak ada yang berani ama kita Bro 15.31.
    Belum tentara penyerbuannya 23 juta tentara dengan membawa senapan kelas nuklir, ya toh.......ha.....ha.....ha gua jagoan nuklir, siapa berani ngelawan gue, gue sikat pake sikat gigi nuklir......salam buat Ano 15.31

    BalasHapus
  65. haha cuma segitu penggentarnya,harapan menjadi negara yg di segani cuman mimpi basah rakyat RI.

    BalasHapus
  66. ano 15:16

    ya suka2 gw donk mau komen apa aja emangnya ini blog nenek moyang lo ini negara demokrasi boy semua orang bebas berpendapat hahaha.. lo bisa nya kritik aja boy emang apa yg udah lo kasih buat negara ini,, and kalo alut sista negara ini kurang emang nya lo mau ngeluarin duit pribadi lo buat beli nya hihihi..

    BalasHapus
  67. buat ano 15:31

    ya suka2 gw donk mau komen apa aja emangnya ini blog nenek moyang lo ini negara demokrasi boy semua orang bebas berpendapat hahaha.. lo bisa nya kritik aja boy emang apa yg udah lo kasih buat negara ini,, and kalo alut sista negara ini kurang emang nya lo mau ngeluarin duit pribadi lo buat beli nya hihihi..

    BalasHapus
  68. Ano 16.26 yang suka mimpi basah, belum tahu ya kita sudah pesen kapal selam dg mesin tenaga nuklir, bomnya nuklir, kalau belum tahu....emang lu payah Bro, katanya paling tahu sampai disembunyiin segala data dan informasinya. Kalau gw mah udah tahu duluan karena kita punya "chip" yang ditanam di kepala gua dpt menerima sinyal data dan info alutsista Indonesia dari Amrik kesukaan gw, alutsista Indon sih y cemen-cemen banget karena belum ada peralatan perang nuklirnya sih.
    Nanti kalau kapal selam nuklir dari Korsel datang pasti "chip" di kepala gw pasti akan memberi sinyal karena bahan "chip" itu berasal dari teknologi Nano karbon.
    Maka Ano, Bro 16.26 jangan suka kesel kan alutsista Indon memang payah nggak mutu gitu loh mana banyak korupsinya, kalau gw nggak ada korupsinya karena di kepala gw ada "Chip"nya Amrik, Ano 16.26 mau dipasangin "Chip" kaya gw, ntar tak mintain ijin ama Amrik, ya.

    BalasHapus
  69. Mimpi n harapan kita thd alutsista n NKRI agr disegani mmg tinggi, itu adalah suatu hal yg wajar n harus diperjuangkan.

    Namun, jika kita telaah lbh dlm, sampai kapan kita hrs tergantung pd alutsista produk negara lain, sampai kapan Sumber Daya yg kita miliki mampu bertahan n mengimbangi perbedaan yg sgt signifikan thd penguasaan teknologi tinggi. Pasti sulit menjawabnya...pengadaan alutsista memang dlm situasi mendesak sgt diperlukan. Tp utk jangka panjang, percepatan alih teknologi yg lbh diperluka, hal ini dg maksud utk mengurangi ketergantungan n meningkatkan kemandirian.

    Tdk ada yg tabu utk mengejar ketertinggalan... Bbrp negara berupaya mencetak enginer dg menyekolahkan kaum muda ke negara maju, mengupayakan pengadaan dg syarat TOT, bahkan yg lebih ekstrim dg nyolong ke negara maju yg nyatanya mrk memperoleh kemajuan yg sgt signifikan. Sekarang tinggal kita utk memilih, cara mana yg cocok n cepat utk menyokong kemajuan yg tentunya hrs didukung komitmen pemerintah.

    Bravo tuk semuanya....

    BalasHapus
  70. ano 16:40
    anda berhalusinasi kepala anda di pasangi chip oleh amrik sungguh kasihan sekali... atau mungkin anda kebanyakan menonton film penculikan oleh alien sehingga anda terinspirasi lalu membual seolah- olah anda pernah jadi korban nya.. jgn lupa amrik melawan vietnam saja kalah dan banyak prajurit nya jatuh korban dan yg lain nya mengalami gangguan kejiwaan ...

    BalasHapus
  71. Ano 16.40 anda jangan melawan amrik ya, seluruh alutsista yang dibeli Indon semuanya sudah gue tempelin "Chip" yang nggak bakal ketahuan biar loe periksa pake scanner, soalnya chipnya lembut kaya putri solo yg kawin sama Jendral botak Jok..Jok...Joko Susilo tapi kurang susila ternyata, Itu "chip" dibuat dari partikel nano carbon kalau dia diminta amrik lwt satelit mata2-nya dengan teknologi satelit LEO agar TX maka "chip" yang sudah diprogram secara real time akan TX, dan NSA akan dapat melacak seluruh alutsista yang baru dibeli dimana, dan dipakai apa, paling-paling disimpan di gudang diselimuti pake kelambu maklum alutsista baru.
    Nanti kalau hari Senin dan Kamis di keluarkan dari kandang, dipanasin saat dipanasin itu terkumpul panas yang mudah diditek secara imagine setelah dikebulin asap menyan pasti dimassukkan ke kandang lagi diselimuti lagi, begitu aja ber tahun tahun karena nggak pernah ada perang, perang sama siapa? kalau di serang Amrik pasti turun tangan kan sudah disiapin 2300 Marinir Amrik di Darwin dengan senapang nuklir
    semua tuh. Dari utara lwt selat Makssar berdasar monitoring radar sumbangan Amrik armada ke tujuh dengan kapal perang nuklir semuanya akan datang membatu kita yang di serang musuh, dan......ternyata musuhnya adalah saudara sendiri karena beda agama dan keyakinan trus beda pengertian mengenai batas desa atau wilayah bahkan tiap-tiap Kabupaten tingkat II nanti juga akan berlomba-lomba beli panser Anoa dari Pindad,kapal perang nuklir dari Palindo dan PT PAL Surabaya, nantinya untuk mempertahankan batas ekonomi eksklusip daerah tangkapan ikannya dan pertanian, perkebunan karena patok batas antar Kabupaten / Kota banyak yang di geser.

    BalasHapus
  72. Sebenernya kalu indonesia mau jd negara yang memiliki efek deteren gampang kog ga perlulah MEF 1 dll .. Ciyus??? Miapah???

    Nie caranya gini... Pertama ngeborlah bumi sampe skitar yag 3000-5000 kilo meter hampir kena pusat bumi tuw, dah slese ngebor.. Masukinlah bom nuklir yag.. Kira2 100 hulu ledak nuklir deh, terus kasih pemicunya ke 250.000.000 jt warga indonesia.. Jd untuk meledak kan bomnya pake voting dolo... Biar demokrasi yang menentukan.. Yag ga... Untuk effectnya bisa dikira2 sendiri aj... Yag.. Paling2 dajjal ngga jd kluar didunia ini... Karena KIAMAT doloan.. Ehehehehehe

    Nanti.. DIJAMIN TUW mau AMERIKI, MAU RUSKI, MAU MALINGSHIT... GEMETERAN dah LIAT NAMA KITA...


    GMANA2??? Ada ide lain??? Yang lebih menantang????

    BalasHapus
  73. Ente bayar pajak gak.. koar2 cam beruk..

    BalasHapus
  74. koar koar su35 bm
    koar koar s-300
    koar koar kilo
    preeettttt........
    KALO ADA IURAN PERTAHANAN DI PUNGUT PERMINGGU RP.100.000
    SECARA SUKA RELA ENTE MAU KAGA NGELUARIN?

    BalasHapus
  75. Iuran cepek????? Ya jelas maulah coy asal jelas kegunaannya wong di palak polisi lebih dr segitu jg sering gw!!!!

    BalasHapus
  76. boleroes ini ngaku nya udah tua.. udah pensiun..

    tapi omongan nya kaya anak anak ..

    omongan anda ga jauh beda kaya bocah SD yg kalo diprotes lgsg ngeluarin kalimat kasar... kalo emang anda punya pengalaman dan Ilmu, share saja secara sopan dan santun..

    BalasHapus
  77. Halah baru segitu aja dibilang penggentar. Cukup berpuas diri.? Mana jet tempur kita yang canggih? Jet tempur anti Radar gak punya kok bikin gentar. Jangan cukup berpuas dirilah. Minimal Esential Force juga blm tercapai kok puas. Ingat wilayah Udara kita itu sebesar Eropa lebih. Ingat.

    BalasHapus
  78. SAYA TNI,TANGAN SAYA DAh gatal untuk parang dari pada pusing mikir utang ayo perang aja....

    BalasHapus
  79. podo kakehan cangkem tok....isone grundel,cuap2, kyok weduuuus kabeh....mbok didelok ojo mung cangkeman tok

    BalasHapus
  80. semua pendapatnya benar utk kemajuan NKRI, kalau tdk ada koreksi malah tdk benar dan kalau sbg ilmuwan hrs menyampaikan pengetahuan utk masyarakat. Jangan spt malay beli scorpene tdk bisa nyilem masyarakatnya diam, coba kalau di Indonesia akan kena priksa LSM/KPK dan utk kedepan hrs terpilih pres yg pro rakyat agar semua koruptor bisa dibawa ke pengadilan. Salam................

    BalasHapus