Kamis, Maret 21, 2013
0
JAKARTA-(IDB) : The 3rd Jakarta International Defense Dialogue (JIDD) 2013 pada hari kedua, Kamis (21/3), mengadakan Dialog Sesi ketiga yang mengangkat tema “Evolving Threats and Challenges in Asia Pacific” (berkembangnya berbagai ancaman dan tantangan di Asia Pasifik) di Jakarta Conventions Center (JCC).

Sesi dialog yang dimoderatori oleh Editor at Large Berita Satu Media Holding dan The Jakarta Globe John Riady mengundang empat pembicara yaitu : Deputy Chairman of Joint Chief of Staff Republic of Korea Air Marshal Lee Yeong Man, Undersecretary for Legal and Legislative Affairs and Strategic Concerns, Ministry of Defense The Philippines Pio Lorenzo F. Batino, John C. Whitehead Senior Fellow in International Diplomacy, Brookings Institution Jeffrey A. Bader serta Associate Professor and Head of the Centre for Non Traditional Security Studies, S.Rajaratnam School of International Studies Mely Caballero-Anthony.

Dialog sesi ke-3 ini dibahas mengenai berkembangnya ancaman dan tantangan disamping ancaman tradisional diantaranya menurunnya kondisi perekonomian, ketidakstabilan keamanan dalam negeri, konflik antar negara. Domestik dan terorisme global, kejahatan transnasional yang terorganisir, pembajakan dan kejahatan cyber adalah tantangan dan ancaman non tradisional yang harus dihadapi bersama negara-negara di Asia Pasifik. Ancaman non tradisional ini menyebabkan beralihnya perhatian negara-negara di Asia Pasifik dalam hal upaya menghadapinya.

Dalam dialog sesi ini dibicarakan pula mengenai keprihatinan atas konflik yang terus terjadi di Peninsula Korea, dengan harapan adanya jalan keluar terbaik bagi konflik klaim Laut China Selatan dan kepedulian mengenai ancaman keamanan sumber air, ketahanan energi dan ketahanan sumber daya pangan sebagai salah satu ancaman non tradisional. Diharapkan kesuksesan dalam mengatasi ancaman-ancaman non tradisional.





Sumber : DMC

0 komentar:

Posting Komentar