Minggu, Mei 05, 2013
63
SITUBONDO-(IDB) : Latihan Gabungan (Latgab) Tentara Nasional Indonesia (TNI) 2013 yang digelar di Asembagus, Jawa Timur (Jatim), memperlihatkan kalau militer Indonesia telah memiliki efek getar (deterrence effect) untuk mempertahankan kedaulatan negara.
 
Namun, efek getar itu masih belum sekuat beberapa negara lain, sehingga TNI harus terus didukung, terutama dalam pengadaan alat utama sistem persenjataan (alutsista).


Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari Fraksi Partai Hanura Susaningtyas Nefo Handayani Kertopati mengatakan pihaknya mengapresiasi Latgab TNI tahun ini.


Pameran kekuatan persenjataan TNI yang disimulasikan dengan operasi penguasaan wilayah negara lain dinilai sangat membanggakan.


Dikatakan, Komisi Pertahanan DPR akan selalu mendukung upaya TNI dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dukungan itu termasuk dalam pengadaan alutsista yang modern.


“Hal yang paling penting adalah dukungan terhadap upaya meningkatkan kesejahteraan prajurit, pengembangan sumber daya manusia, dan pendidikan para perwira,” ujarnya di Jakarta, Sabtu (4/5).


"Latgab ini juga berguna untuk meningkatkan profesionalisme prajurit dan membuat mereka semakin terlatih."





Sumber : BeritaSatu

63 komentar:

  1. Seharusnya disamping pembelian / pengadaan alutsista TNI yg di datangkan dari seluruh penjuru dunia program modernisasi ini juga harus di dukung produk dlm negeri yg sdh menunjukkan kehebatannya.
    1. panser "Anoa" disamping sebagai APC juga sdh dilengkapi meriam " Cockeril" 90 mm buatan PT PINDAD.
    2. Meriam jarak jauh dg kaliber menengah dan besar plus amunisi dg type dan jenis bervariasi buatan PT. PINDAD.
    3. Helikopter serang " Gandiwa" yg menyamai heli serang Apache " Long bow" dg cantelan rudal dan roket mematikan buat tank lawan.
    4. Pesawat intai Maritim dan anti kapal selam kapal permukaan disamping Pesawat untuk berfungsi sbg kontrol pertempuran CN - 295 yg sudah mulai di produksi di PT DI.
    5. Roket multi laras produksi PT DI
    6. Roket R Han -122 mm yg sudah di produksi ribuan unit
    7. Rudal balistik dan rudal jarak jauh produksi LAPAN
    8. Kapal KCR dan KPR serta Kapal Selam buatan PT Palindo dan PT PAL dimana khusus kapal selam dari diesel elektrik nanti segera dibuat Kapal Selam tenaga nuklir.
    9. Tank kelas berat, menengah dan ringan sudah di produksi PT PINDAD karena mendapat ToT dari Rheinmetal Jerman.

    BalasHapus
  2. Kita tingkatkanlah tiap tahun anggarannya. Tolong dinaikan deh sampai 1% aja dari APBN. Biar kelihatan dikit. selama ini kan cuman dikisaran 0,7%. dan jangan lupa Kita harus bisa buat Roket Antariksa agar bisa nempatkan satelit sendiri. Tahun2 yang akan datang saja India mau nempatkan wahana di Mars. Indonesia sangat ketinggalan di bidang ini. Bermula dari angan2 dan kemauan, satu saat nanti mngkn bisa terjadi.

    BalasHapus
  3. ah..sudahlah..., perbanyak saja arsenal gahar dari rusia..., sistem rudal S300, Buk-M2E, Pantsir-S1 dan Igla-S. Pesawat Sukhoi SU-35BM, Pak-Fa, dan Sukhoi T-50, KS Kilo, Lada & Amur, MI28Havoc, KA-50/52, Kapal Fregate Rusia, Destroyer Rusia dll.
    Baru sisanya produksi lokal. gak apa-apa.

    dengan memborong senjata macam itu, pasti kita jadi negara terkuat di ASEAN. ostrali gak ada apa-apanya duech...!!! gitu aja kok repot.

    BalasHapus
  4. betul itu, jangan ke barat terus, lihat tuh sekarang inggris udah macem-macem soal papua..., barat itu munafik..penipu.., mendingan ke rusia atau eropa timur..pasti aman dr embargo. yang penting mereka mau ToT kalao kita beli banyak...!

    BalasHapus
  5. Piye tho dulur? Kok malah beli alias jajan masakan luar, itu lho mbok ditingkatkan produk alutsista dlm negeri di jamin bebas embargo, lagian membuka lapangan kerja dan mempunyai epek berantai, duitnya ora mlayu ke luar negeri tho, dan apa harus nunggu dawuh dari Yang Mulia Bp SBY????

    BalasHapus
  6. sistem radar juga jangan lupa, borong dari rusia.., masak kita kalah sama ustrali soal radar..., jangan mau kalah dunk...

    BalasHapus
  7. Anoman 11.08, beli dari luar untuk memberi detter effe aja, kan selanjutnya tetep pakai produk daleman..kan cintailah ploduk2 daleman..., barang yang dari luaran kan yang belum bisa kita buat dengan kualitas high tecno, nah yang kita beli pun harus disertai PEMBELIAN tot.., biar bisa dibuat didaleman...geettthooo...bro...!

    BalasHapus
  8. iya kita harus jujur, kalau kita masih jauh dari kemampuan produksi alusista super canggih..., jaaaauuuuuhhhh sekali bila dibandingkan dengan rusia..., kita harus memborong alustsista super modern dari rusia dan beli teknologinya biar bisa produksi sendiri...macam china & india.

    BalasHapus
  9. gw setuju bila sistem pertahanan udara kita beli dari rusia, tuh jet tempur israel rontok dikentutin suriah pake rudal sam dari rusia.

    Sistem Pertahanan Udara Rusia Lebih Canggih Ketimbang AS

    Sistem pertahanan udara dan pertahanan rudal yang canggih tidak hanya merupakan bagian integral untuk menjaga kemananan negara, melindungi sebuah negara dari pesawat musuh dan rudal, tetapi juga sebagai alat pencegah (efek deterrence). Efektivitas serangan dan hasil perang sangat tergantung pada karakteristik dan kinerja dari rudal SAM (surface-to-air / permukaan-ke-udara) yang digunakan.

    Dalam beberapa kasus, adanya alutsista ini akan memaksa lawan untuk merevisi rencana mereka, namun terkadang keberadaan alutsista seperti ini juga menjadi penyebab gesekan antara kedua negara. Hampir semua negara, besar atau kecil, mengalokasikan anggaran yang signifikan untuk melindungi wilayah mereka. Dan sistem pertahanan udara seperti ini menjadi sangat penting bagi negara-negara yang memiliki nuklir.

    Amerika Serikat dan Rusia adalah pemimpin dalam industri sistem pertahanan rudal semacam ini. Sebagai contoh, S-400 Triumf (Triumph) dikembangkan oleh Rusia, dan MEADS (Medium Extended Air Defense System) dikembangkan oleh AS, Jerman dan Italia. Perbedaan menonjol dari kedua sistem ini terletak pada jangkauan, daya tahan, dan pengoperasian. S-400 Rusia adalah sistem rudal pertahanan udara jarak jauh dan MEADS yang buatan Amerika-Eropa adalah sistem pertahanan udara kisaran menengah.

    Persaingan dalam alutsista jenis ini sudah ada sejak dulu bahkan pada saat Perang Dingin, yaitu persaingan antara S-300 Rusia dan Patriot AS. Sistem-sistem pertahanan rudal baru kedua negara tersebut (S-400 dan MEADS) untuk menggantikan sistem lama, jadi cukup logis untuk membandingkan langsung S-400 dengan MEADS dan THAAD (juga sistem pertahanan udara canggih buatan AS).

    Setiap sistem S-400 terdiri dari enam rudal SAM. Pusat komando dari sistem pertahanan udara akan memproses data kompleks radar, SAM, dan AAMs (air-to-air-missile) lainnya dan ZRPK (S-300, "Thor," "shell-C"), serta pusat-pusat komando yang lebih tinggi. Singkatnya, sepenuhnya mengontrol proses serangan dengan sistem pertahanan udara / pertahanan rudal di daerah tertentu. Sistem radar untuk S-400 adalah 91N6E dengan jangkauan 600 km.

    Sistem rudal anti-pesawat S-400, terdiri dari pelacak radar multi-role (multi-fungsi) dan rudal dan peluncur hingga 12 unit. Setiap kompleks dapat berfungsi secara independen dari pusat komando dan kontrol dan sistem radar utama. Selain itu, dapat mendeteksi target secara bersamaan (di waktu yang sama) hingga 100 target, dengan target untuk dilumpuhkan adalah 6 target (total 12 sebelum di reload kembali untuk 1 sistem). Dua rudal akan ditujukan kepada setiap target, yang memberikan kemungkinan lebih besar untuk menjatuhkan/menghancurkan target. Selain itu, S-400 memiliki radar 96L6E all-altitude (semua ketinggian), menara bergerak untuk antena 92N6E, kompleks logistik, stasiun intelijen elektronik dan tentu saja yang tidak boleh tertinggal adalah rudal amunisi.

    Sistem MEADS terdiri dari headquarters battery dan tiga firing batteries. Fire battery dilengkapi dengan single operational dan tactical command dan pusat kontrol (BMC41), radar, dua radar pelacak target dan pandu (guidance) rudal, 6-12 PU dan tiga kendaraan amunisi yang masing-masing membawa 12 rudal. Radar dengan phased antenna array dapat dioperasikan dalam posisi tetap, dan berputar pada kecepatan 7,5 rpm. Sebuah radar multifungsi yang mampu berputar pada kecepatan 15-30 putaran/menit.

    apakah para pejabat tinggi pemerintah (Kemhan & DPR) memikirkan hal ini..??

    BalasHapus
  10. kalau untuk pertahanan udara sebaiknya kita akuisisi Pechora-2M saja.

    Sebab Pechora-2M adalah sistem pertahanan udara berbasis permukaan, yang didesain untuk menghancurkan pesawat, rudal jelajah, rudal balistik, helikopter serang dan sasaran udara lainnya di ketinggian rendah dan medium. Pechora 2M dibangun dan diproduksi oleh Rusia.

    Pechora-2M mampu didistribusikan hanya dalam waktu 20-25 menit, berbeda dengan pendahulunya yang membutuhkan waktu tiga jam. Untuk sistem pertahanan udara, cepatnya proses distribusi ini sangat penting, karena pertempuran udara tidak berlangsung lama, sistem pertahanan udara juga harus menghindari tembakan balasan dari musuh. Semakin cepat sebuah sistem pertahanan udara bergerak menjauh dari lokasi tembak sebelumnya, semakin besar kesempatannya untuk ikut kembali di pertempuran lainnya.

    Pechora-2M dilengkapi dengan mikroprosessor mutakhir dan sistem jam-resistant baru yang dapat mengatasi rudal dan sistem ECM (Electronic Counter-Measures). Analis militer mengingatkan bahwa Amerika Serikat telah menggunakan rudal anti-radar Shrike terhadap sasaran-sasaran di Vietnam. Namun saat ini sudah berubah, bahkan rudal canggih anti-radar HARM tidak mampu melumpuhkan Pechora 2-M karena akan menghilang dari layar. Tidak seperti pendahulunya yang hanya memiliki jangkauan 26 km, sistem SAM (surface-to-air missile) ini mampu memukul pesawat musuh pada jarak 35 km.

    Sistem komando Pechora-2M berada pada jarak 300 meter dari peluncur rudal. Komandan mengirimkan perintah melalui telecode dan jaringan optronik, yang mana menghalangi telekomunikasi dan keterlibatan peralatan kontrol dari sistem ECM musuh, yang tentunya untuk meningkatkan keselamatan personel dalam kasus serangan udara.

    Jaringan optronik Pechora 3-M terdiri dari satu saluran TV dan satu saluran thermal imaging, yang memungkinkan untuk menyerang dan menghancurkan target udara di siang dan malam hari dalam kondisi peperangan elektronik. Hasilnya, Pechora-2M mampu menekan jet tempur F-16 pada jarak 30 km dan pesawat yang lebih besar pada jarak 35 km.

    Untuk alasan yang terakhir inilah negara-negara CIS membeli Pechora-2M, daripada sistem S-300 atau S-400 yang lebih mahal. Walaupun begitu, S-300 dan S-400 tetap lebih unggul dari sistem ini.

    yaaa...ini hanya sebuah usulan, siapa tahu rudal ini bisa diasang pada kapal perang kita.


    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo cuman range 35km yah masih payah kang untuk benteng serangan udara...AAM aja dah ratusan lebih rangenya (BVR) apalagi ASM atau SSM lebih jauh lagi range-nya krn sekarang dah pake jenis cruise missile semua range diatas 300km, tomahawk malah 1000km. Jd yg aman yah minimal S-300 makanya Iran n China kepincut n beli malah vietnam dah beli jg. Krn S-300 menurut sy adalah MEF (kebutuhan minimum) utk pertahanan udara dg range 300km dan sifatnya yg bisa utk interceptor/anti missile

      Hapus
  11. Ano.11.07 yg pasti seluruh eksponen pemerintah yg dibawah Komando Paduka Yang Mulia Bp.Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pasti memikirkan hal tsb, baca taklimat Yg Mulia pd waktu di kapal markas, disamping para Yang Mulia wakil rakyat di Senayan sangat-sangat memikirkan hak ini. Untuk itu, sdh di prioritaskan dlm waktu dekat PT DI bekerjasama dg PT PINDAD,DAHANa! LEN, LAPAN dan BPPT sbg tempat berkumpulnya SDM kita yg pinter2 berusaha keras dan sungguh untuk sesegera mungkin memproduksi Rudal spt yg ano idam2kan serta radar, dan roket balistik serta satelit mata-mata untuk keperluan militer.
    Nggak usah kawatir, semua yg ano komenkan sdh dijawab dan sedang dan akan di wujudkan demi harapan ano dan saya serta seluruh masyarakat Indonesia, dan itu semua terjadi karena berkat tangan dingin Paduka Yang Mulia Bp. presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

    BalasHapus
  12. Wajar saja kalo para pejabat dan DPR ribut terus ya!!! Di forum ini aja para ano dah beda seleranya!!! Mari kita serahkan semuanya kepada dephan!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda selera ga masalah......Beda krn beda pendapatan itu yg masalah...ganyang (DPR) koruptor!!!!

      Hapus
  13. Ano 11.57 komen menyebut semua terserah dephan, gheeethooo berarti imenterinya anak buah Presiden SBY, mestinya jgn malu malu nyebut nama beliau dong!!!

    BalasHapus
  14. Kalo semuanya terserah dephan forum di blog ini di tutup saja, kerjaannya cuma ngrecokin, sambil maki2, sumpah serapah, dan kalimat2 nggak layak dibaca.
    Tapi jgn dulu di tutuplah, saya masih seneng komen, gichuuuu

    BalasHapus
  15. belajar dari perang modern saat ini, selalu didahului dengan serangan udara, baik dengan pesawat jet tempur ataupun dengan rudal dan roket.

    Jadi kalau Indonesia berniat memperkuat sistem pertahanannya maka jawabannya adalah perkuat pertahanan udara & cybernet semaksimal mungkin.
    sebab sistem pertahanan udara (sistem rudal + radar) sangat vital untuk mencover wilayah NKRI yang luas ini.
    Dengan adanya kemampuan sistem pertahanan itu maka wilayah darat & laut serta udara bisa diawasi dan diplototin secara signifikan.
    Dan tentunya harus terintegrasi secara maksimal, saya yakin kita pasti mampu mewujudkan hal ini. sebab kita bangsa yang kaya SDA & SDM.
    Tinggal pejabat tinggi bangsa ini, mau all out, apa setengah hati untuk mewujudkannya.

    untuk Anom 11.48, bukannya kita mengecilkan hati, tapi untuk senjata sejenis SAM apalagi yang setaraf ano-ano sebutkan diatas, jujur kita masih jaaauuuhh dari kemampuan itu. Tapi bila kita sudah pernah mengakuisisi teknologi itu maka saya yakin kita pasti bisa mengcopynya, seperti Iran mengcopy S300 dengan nama Bavar 373.

    Jadi aku sependapat dengan ano-ano diatas, agar kita semakin mesra dengan rusia biar kita ketularan pinternya.

    BalasHapus
  16. bro ano 11.48 jangan terlalu berharap dengan kemampuan para ahli-ahli kita.

    sekilas berita 'mengatakan kementerian Pertahanan Rusia mengatakan sejauh ini tidak ada rencana untuk mengekspor S-400 Triumph, sistem rudal ini hanya diproduksi untuk Angkatan Bersenjata Rusia. Tetapi isu baru menyebutkan bahwa China sedang bernegosiasi dengan Rusia untuk mendapatkan Sistem Pertahanan Rudal S-400 ini.'

    Nah china saja yang sudal mampu memproduksi berbagai macam alutsista pertahanan udara, msh berminat untuk mengakuisisi SAM S400 Rusia. masak kita ogah seperti mereka? uhuk..uhuk..uhuk... nelongso bro...

    BalasHapus
  17. Terlalu bnyk alutsista yang dirahasiakan.

    BalasHapus
  18. Lha kita sdh di kasih state kredit dari rusia saja nggak ngambil sikap untuk ngeboyong 2 ks kilo, gmn ruskie mau nawarin yg lain? Kita ini memang aneh se aneh2 nya pemerintah. Diajak nggak mau kalau ditinggal nangis meraung raung, ini disebut kalau gatal di dubur yg pasti nggaruknya nggak pas.

    BalasHapus
  19. awas ada rencana pemisahan diri yg disponsori oleh inggris OPM dan belanda RMS mari kita rapatkan barisan hadang skenario tsb...

    BalasHapus
  20. Ano 12.26 jadi ketahuan dong, bener kata kakek gue bilang, skrg banyak org pinter tapi minterin kita yg bodoh2.
    Mosok tiap tahun ribuan sarjana S1dan S2 dari PT yg top2 markotop tdk ada yg menelorkan SDM berkulitas????
    Dimana, dan siapa yg bertanggung jawab dlm hal ini????
    Ada yg mampu menjadi inventor technology ilmunya dicampakkan, nggak di manfaatin untuk keperluan yg positip.
    Senengnya belanja nggak terkecuali dg Alutsista krn hanya pengin segera kaya, .....akhirnya kayak monyet nggak tahu malu.

    BalasHapus
  21. Pemerintah gak 100% salah, pengada’an alutsista sudah diserahkan sepenuhnya kepada TNI sebagai pengguna,, sebenarnya alutsista yang didatangkan sudah sesuai dngn kemampuan negara, rasa keingintahuan rakyat terhadap alutsista akan merusak strategi perang kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udeh tong tidur aja drpd pusing lo....atau bantu emak lo lebih bermanfaat drpd dimari malah senewen lo, ato ngaji...gawe, lebih bermanfaat buat lo drpd ga nyambung disini nyimak aja tong. Bukan berniat sombong....drpd lo pusing tong ambil wudhu sono sholat jauh lebih bermanfaat...lomsholat dzuhur kan??!!!

      Hapus
  22. Dirahasiakan kalo dg alasan ;
    a. Masih dlm penelitian dan pengembangan
    b. Material tsb tidak untuk di bisniskan
    c. Sebagai material alutsista yg mempunyai effect getar tinggi
    Apabila tdk spt diatas, sdh nggak ada rahasia lagi, apalagi kalo di bisnis jual beli senjata, semua yg berkepentingan pasti memperoleh bocoran.
    Hanya taktik dan strategi saja yg rahasia, itupun dg catatan agen2 intelijen pasti berusaha mengendus dg cara.
    Nggak usah komen rahasia deh,

    BalasHapus
  23. ya gak apa2, tunguska juga boleh...., udahlah pokonya semua alutsista rusia harus dan wajib dibeli..., dan...dioprek tentunya..., bener juga dong...masak china, india & iran saja mampu...kok kita alak-alak atung...

    ayo kita pilih presiden 2014 dengan teliti dan detail...biar mef jalan terus dan cetar membahana...

    BalasHapus
  24. Jangan terlalu mengagung-agungkan dan mengharuskan pembelian alutsista ex blok timur, ingat kasus ratusan ranpur made in ukraina yang diborong iraq baru2 ini, sebagian sudah rongsok, mesinnya nggak bisa jalan...beberapa kali pengadaannya juga molor (ini iraq lho yang sudah puluhan tahun 'kawakan' dalam borong alutsista blok timur). Alutsista made in blok timur memang memiliki kendala dalam pelayanan purna jualnya, meski murah meriah, dan kecil kemungkinan di embargo. Beli boleh tp harus cerdas, sayaa rasa TNI sbg user tahu.

    BalasHapus
  25. Mau tunguska kek, mau s-300 kek, gue ulangi lagi gmn sikap kita dg state creditnya russia tempo hari sdh ada ngambil sikap belon untuk ngambil KS Kilo 2 unit. Kalo itu sdh beres ruskie pasti ngasih yg kita mauin.
    Kapan kita ngambil dan keputusan untuk 2 Ks kilo???? Ngebaca nggak?? Ambil sikap dan ambil keputusan dulu soal KS Kilo, baru kita ngomongin yg lain.

    BalasHapus
  26. Bro 13.38. Benar kita kok kelihatannya nyepelekan kredit pemerintah Russia sebanyak 1 Milyard Dollars, dimana termasuk pengadaan 2KS KILo. Harusnya tegas dulu jadi beli atau tdk?
    Rundingkan yg baik dan gentle agar Russia menghargai kita, mosok di bantu sambutannya g tegas. Pdhal nggak ada negara atau pemerintahan asing yg memberi pinjaman untuk belanja alutsista spt Ruskie. Makanya jgn komen kita hrs beli ini itu dari russia,lha yg sdh disiapin saja nggak ada ketegasan jadi beli atau tdk. Itu namanya semprul,

    BalasHapus
  27. Lha mana saya tahu...mungkin sampean lebih tau malah soal sikap pemerintah terhadap tawaran kredit ekspor russia. Yang saya pernah dengar addalah salah satu alasan, kita belum beli kilo adalah biaya infratruktur pendukung yang harus disediakan oleh Indonesia jauh lebih besar daripada kita akuisisi chang bogo, karena chang bogo adalah varian improve dari kasel 209 kita, jadi hanya butuh sedikit penyesuaian dengan infratruktur yang sudah kita punya, contoh shelter kasel nya. Sementara kalau kita akuisisi kilo kita harus siapkan pembangunan shelter baru, dan perangkat pendukung lainnya, nah untuk ini, diperlukan dana yang over budget dengan dana yang kita sediakan untuk pengadaan kapal selam. Lagi pula kredit ekspor yang russia tawarkan saya rasa tidak semudah yang kita orang awam pikirkan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul.....mendirikan shelter dan komponen pendukung menurut menhan bisa 3x lebih dr investasi harga kapalnya....

      Hapus
  28. kalau sual credit state, kukira kita harus audit bro..., sualnya itu credit yang banyar rakyat..., jangan-jangan sih udah dibeliin lontong...kan kemarin ada komandan ks yang keceplosan kalau indo udah ada lima ks yang beroperasi..., nah tuh kan...kecolongan lagi kuli tinta...

    BalasHapus
  29. gan ano 13.58, ah..kukira itu alesan yang dibuat-buat..., kalau itu memang alesannya, bagaimana dengan pietnam bro..??
    kok mereka bisa..? 6 biji lagi.

    BalasHapus
  30. s300 udah ditawarin, pantsir s-1 udah ditawarin, ks kilo improv udah ditawarin, dan radar udah ditawarin, alih teknologi roket & rudal udah ditawarin, kerjasama sparepart sukhoi udah ditawarin, wis pokeke banyak yang ditawarken oleh rusia ke Indo, tapi bagaimana realisasinya...kok adem ayem gak ada kabare blas...., weleh..weleh... bakar kemenyan doeloe ah...

    BalasHapus
  31. kayaknya banyak yang dirahasiakan boss...;
    sabar aja sampae perang terjadi, siapa tau pada keluar para monster..

    BalasHapus
  32. Ano14.01 yg namanya state credit lain dg credit ekspor walau jatuhnya sama saja ngebayar, yg beda state creditnya ruskie tidak di bayar dg uang tapi dg komoditi perkebunan kita spt cpo, karet dsbnya sedang credit eksport yg satunya kitamembayar ke bank yg nalangin pembelian.
    Kalau untuk pendirat atau fasilitas dukungan di darat bagi keperluan ks kilo tidak terlalu besar biayanya, atau mungkin ini hanya alasan karena kita "takut" sama yg di merdeka selatan pojok timur??? Banyak alasan nggak masuk akal, Dul!!!! Makanya jgn komen harus beli ini itu dari Russia orang sdh difasilitasi semudah itu nggak ada ketegasan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh....kali ini analisa kang boler. Tumben :P

      Hapus
  33. OK lah, soal vietnam itu urusan Anggaran Dasar negara lain, jd kita nggak tau duit pengadaannya dari mana. Kita punya anggaran dasar sendiri. Statement 'resmi' pemerintah kita memang begitu (kita tidak jadi beli kilo), soal audit mengaudit bagus sih, cuma saya nggak bisa ngomomg jauh ke situ, apa yang saya ungkapkan cuma berdasar 'info pasaran' yang saya dapat saja, maklum orang awam yang berupaya mencintai NKRI itu saja. Mohon maaf kalau statement saya soal alasan pemerintah menolak kilo dianggap mengada-ada dan bodoh, sekali lagi maklum saya awam dan amatiran.

    BalasHapus
  34. ano 14.01 itubmp3 rudal yakhont, shukoi kan memàkai fasilitas state credit rusia dan seluruh penggunaan credit tsb yg mengajukan kebutuhan alutsistanya kan indonesia sendiri bukan di tentukan russia.
    termasuk kebutuhan 2 unit KS KILO. Kemhan sdh mengajukan permintaan perubahan thd daftar kebutuhan, tapi russia tdk setuju krn untuk ks kilo barangnya sdh disiapkan tinggal ambil, lha kalau di batalin russia yg rugj dong, trus mau dikemanain lontong segitu gede????
    Menurut saya krn kita masih "takut" aja sama amrik
    Mengapa? karena akan mengakibatkan keseimbangan alutsista di Asia tenggara jadi nggak seimbang. Walau Malaysia punya KS kelas Scorpene dan Singapura mempunyai 10 KS dari Swedia dg hadirnya KS KILO di tangan Indonesia akan jadi masalah buat 2 negara tsb bahkan juga Australia
    Untuk mengatasi itu amrik melakukan manuver yg berakibat KS KILO blm jadi bertambat di negeri kita.
    Tapi soon or later hal tsb akan terealisir stlh pemilu 2014.
    Karena pada masa skrg, yg mempunyai kemampuan energi dan kekuatan ekonomi keuangan di dunia sdh berubah bukan lagi negara eropa barat dan amerika, tapi skrg ganti Russia dan China, maka pinter2 kita untuk memanfaatkan kondisi perubahan global tsb untuk dimanfaatkan oleh kita seperti yg telah dilakoni oleh Bung Karno.
    Percayalah le historie se repetoir, atau sejarah berulang kembali.


    BalasHapus
  35. Neh kang boler beda antara Credit State dg Credit Eksport
    Kredit Ekspor
    Selain dugaan ada calo dan mark up dalam pengadaan Sukhoi tersebut, terdapat kejanggalan lain: mekanisme pembiayaan pengadaan Sukhoi tersebut menggunakan kredit ekspor (kredit komersil).

    Padahal dalam berbagai macam dokumen, terutama MOU atau kerjasama bantuan teknis militer antara pemerintah Indonesia dengan Rusia, dalam salah satu klausulnya Rusia menyediakan state credit sebesar USD 1 miliar.

    Mengapa kredit ekspor?

    Menurut Adnan Topan Husodo dari Indonesia Coruption Watch (ICW), kredit ekspor ini adalah biang kerok dari berbagai macam persoalan dugaan penggelembungan harga untuk pengadaan Alutsista di Indonesia selama ini.

    Apa perbedaan antara kredit ekspor dan state credit?

    Kredit ekspor, dari sisi jangka waktu pengembalian utang, hanya dipatok antara 2-5 tahun saja; sedangkan state credit pengembaliannya bisa sampai 15 tahun.

    Kedua, rate bunga untuk kredit ekspor itu bisa mencapai 8 persen, belum lagi kalau ada inflasi; dan jika ada kenaikan bunga itu harus dibayar juga oleh pemerintah yang mengajukan kredit. Sedangkan state credit sudah dipatok bunganya, hanya 5 persen saja.

    Selain itu dalam kredit ekspor itu, pada praktek umum pengadaan Alutsista, ada fee yang harus dibayarkan kepada agen atau broker atau pihak ketiga, yang besarnya kira-kira antara 15-20 persen dari total harga yang disepakati, atau harga pembelian. Sedangkan jika pembelian Sukhoi menggunakan state credit, hampir tidak ada fee yang harus dibayarkan pemerintah.

    Di dalam kredit ekspor, mau tidak mau, broker terlibat atau dilibatkan; sedangkan jika menggunakan state credit, mekanismenya G to G tidak perlu ada broker.

    "Keuntungan lainnya, penggunaan kredit pemerintah Rusia menggunakan kerja sama government to government (G to G) sehingga tidak perlu ada pelibatan pihak ketiga atau agen," kata Adnan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo dibayar pake CPO, karet dll itu namanya ada MOU lainatau adendum lain pake barter diluar pengertian dasar tentang Credit State....begitu kang Boler

      Hapus
  36. Sudah... Sudah kok pada melebar ke tukang kridit??? Kembali ke laptop!!!!

    BalasHapus
  37. Itu ano sdh dpt pelajaran perihal perbedaan perkreditan. tks sdh di'muat diblog ini, noh ano2 yg lain baca dg teliti dan resapin dlm2.
    Perihal pembayaran Russia minta di bayar dg komoditi perkebunan tak lain tak bukan krn itu trmsk kebutuhan pokok Russia.
    Spt Shukoi yg pertama juga begitu, sayang pemerintah tdk menguasai perkebunan yg siap untuk membayar ke Russia berupa cpo sdg cpo yg ada dikuasai oleh piak swasta. Dg alasan sdh terikat kontrak dg pihak lain, Bulog yg mendapat tugas melaksanakanpembayaran gagal dan akibatnya Shukoi kita tdk bersenjata begitu pula helikopter Mi-35 SP kita tdk lengkap.
    Indonesia pernah berhutang lebih kurang 2 M dollar waktu operasi Trikora kpd Russia untuk pembelian alutsista dimana hutang tsb sdh lunas dg dibayar diantaranya dgn biskuit Khong Guan dan rokok kw 2 lewat perusahaan Hasyim yg kala itu membuka investasi kebun kapas di salah satu negara bagian Russia.
    Patut diketahui untuk ano2 yg lahir era 1980-an keatas bahwa Russia telah begitu banyak membantu Indonesia diantaranya adlh pabrik baja Krakatau Steel di Cilegon, Stadion Gelora Senayan dg gratis termasuk Rumah Sakit Persahabatan di Rawamangun. Kesemuanya masih utuh dan juga termasuk tank amphibi, pansam, meriam 57 mm walau sdh seumuran dg saya namun tetap exist.
    Namun kalau diajak majusama mereka kita masih maju mundur, tapi kalau yg ngajak amrik woooh, rindik asu digitik maksudnya cepat tanpa pertimbangan lama pdhal maksud terselubungnya adalahagar SDA kita dikuasai mereka. Bah!!!!






    BalasHapus
  38. Jasa Amrik sepengetahuan saya ada 2 hal yg melekat yitu : 1. Program Pemberantasan Malaria pd tahun 1956-1957, saya seneng sekali hampir tiap hari kebagian jatah naik Jeep dg warna hijaunya kalau malam nonton film layar tancap, dan formula yg dipakai adalah ; Dicloro Diphenyl Trycloroethan alias DDT,setelah ngerti pelajaran kimia saya baru ngeh bahwa DDT itu sangat membahayakan lingkungan karena Emulsi Consentrat yg dikandung sgt pekat yg harusnya tdk di rekomendasi.Untung saya skrg masih sehat.
    2. Pemberian plutonium untuk maksud damai yg skrg terkenal dg BATAN.
    3. Majalah Aneka Amerika yg diterbitkan USIS wah gambarnya bagus2 dan kelihatan mewah saat itu, plus hari Rabu boleh nonton film propaganda AS diantaranya cerita awal perang Vietnam.di gedung USIS gratis jok mentul2 dan pakai AC.
    4.Perpustakaan di USIS sangat lengkap dan boleh di bawa pulang setelah 2 bulan tercatat, buku2 karya Winnetou sgt saya sukai

    BalasHapus
  39. Pesawat2 tempur Indonesia ini akan sedikit sekali dan yang ada rata2 umur pesawat yang sudah tidak layak terbang....,

    Jadi, setidak-tidaknya lengkapilah wilayah Indonesia ini dengan sistem pertahanan rudal ke udara jarak jauh dan jarak menengah seperti S300/S400/S500 atau Pechora 2M untuk jarak terendah...

    So, walaupun jet tempur kita sedikit setidaknya ada tameng/perisai sistem pertahanan udara untuk menandingi jet2 tempur Aussie, Malay dan Singpre...

    Tapi Pada Kenyataannya Tidak, Pesawat tempur sudah usang, tidak layak terbang, sudah tua, jumlahnya sedikit pula.. ehhh malah beli roket ke udara jarak pendekkkk.... Negeri Tetangge Bilang, Cepet Minggir ape Mau Matiiii Lho haaa????

    Jadi itu saja masukan ane untuk Bapak2 ku petinggi negeri Indonesia sekalian...

    BalasHapus
  40. Ooo jd kesimpulannya kalau Russia itu sangat membantu kita banget karena membantu hal-hal yang elementer kalau amerika bantuannya yang ringan-ringan, hiburan, dan kadang nggak penting. Cuma 'uniknya' negara2 yang deket sama russia kok gitu2 aja ya?..dan negara2 mantan satelit mereka di eropa timur kok sekarang malah berlomba-lomba mengadopsi sistem barat-amerika, ini karena mereka bosan dengan 'kemajuan yang dibawa' russia atau 'apa'????

    BalasHapus
  41. Karena negara itu nggak punya budaya, yg ada budaya takut kelaparan dan pengaruh hedonisme dari amrik sangat kuat, mungkin sama dg kondisi kita disini. Mungkin lho tanyakan pada orang pinter atau pemerhati kebudayaan, kalau saya kan tahu diri, nanti disangka ngaku2 dsbnya malah di jebak segala ala jebakan Batman, pdhal Batman kan cerita amrik, mbok pakek jebakan kancil nyolong timun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah Boler Boler... :D

      Hapus
    2. Oh ngono toh pendapatmu kang...yoh, nek manutku sih tergantung penangkepane tiap2 bangsa. Tidak semua yang dari amrik jelek dan tidak semua yang dari Russia pasti bagus, toh macam india bisa juga tuh kerjasama dan menarik manfaat dari kedua superpower itu, tanpa harus nunduk, nyembah-nyembah...

      Hapus
  42. Ano 14.52 makaseh urun rembugnya bukan rempug lho! Mengapa kita lebih giat menfaatkan kredit ekspor untuk pengadaan alutsista. Kalo make state credit kan gigit jari ya kang ano 14.52. Baiklah sekedar tahu aja.!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan dulu sy dah pernah komen....sesuai pernyataan menhan bahwa yg nunjuk pihak ke3 atau broker adalah pihak produsen rusia...berarti!!!??? Seperti pengalaman biasanya Krn pihak rusia ga mau ribet ngurusin pejabat Indo yg "banyak maunya" makanya pakai broker otomatis pake Kredit Eksport untuk biaya2 "banyak maunya" pejabat Indo yg banyak orgnya krn lintas departemen dan institusi terkait...!!! Bayangkan. Jd pihak rusia taunya terima "harga bersih". Org yg sering export import biasanya dah pengalaman gmn ketatnya luar negeri baik swasta maupun instansi negara masalah 'mark up' harga....swasta aja ga berani mark up harga atau menurunkan harga dr harga sebenarnya di kwitansi/PO meski atas permintaan kita takut urusan hukum panjang

      Hapus
    2. Iya kalo negara kita urusan markup harga atau menurunkan harga di kwitansiatau PO dah biasa....Luar negeri ga berani bos sprt Russia atau Amerika atau negara2 maju yg laen meskipun itu B to B dan bisnis kecil cuman brp ratus juta. Jadi kalo benar pake Kredit State yah "Gigit Jari" para koruptor kita yg suka fee n uang saku....krn G to G pasti mereka ketat masalah harga dan anggaran markup pasti tdk bisa meskipun utk klien, wong swata aja ga berani menurut pengalaman sy import

      Hapus
  43. Berarti ano2 kena jebakan kancil nyolong timun donk, amenangi jaman edan yen ra edan ora kumanan sak bejo bejone sing lali isih bejo sing eling lan waspodo, memang sekarang jaman gila kalau nggak gila nggak kebagian, namun walau demikian masih beruntung mereka yg ingat dan waspada. Maksudnya ingat dosa dan ingat bahwa harta nggak akan dibawa mati dan hanya yg ingat akan beruntung nanti.
    Sila memanfaatkan kredit eksport yg setu legi alias setengah tuo lemu ginuk2, alias setelah stengah tua dpt rejeki banyak dan nggak habis tujuh turunan. Monggo!!!

    BalasHapus
  44. Eee..eh ngeBOLER lagi to!!!

    BalasHapus
  45. Amerika pintar bro, banyak yang ketipu dengan kata "hibah"... ya salah satunya pemerintah kita yang o'on ini, padahal ingin beli yang baru dari rusky ehhh di sodorin si bapak obama langsung terhipnotis dehhhh...
    Sim salabimmmm.. abrakkk kedubrakkkk.... jatohhh dehhhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang petinggi kita & dpr nya yang goblok, mau2nya jadi badut amerika dan bangga menjadi antek2 amerika demi perut mereka.

      Hapus
    2. memang petinggi kita & dpr nya yang goblok, mau2nya jadi badut amerika dan bangga menjadi antek2 amerika demi perut mereka.

      Hapus
    3. memang petinggi kita & dpr nya yang goblok, mau2nya jadi badut amerika dan bangga menjadi antek2 amerika demi perut mereka.

      Hapus
    4. memang petinggi kita & dpr nya yang goblok, mau2nya jadi badut amerika dan bangga menjadi antek2 amerika demi perut mereka.

      Hapus
  46. Salam untuk semua orang, Tuhan pasti akan menjawab semua pemberi pinjaman palsu yang mencuri uang kami dengan menyamar sebagai pemberi pinjaman kepada kami, mereka datang dengan segala macam pembicaraan manis seperti memberikan pinjaman dengan tingkat bunga rendah, mereka semua penipuan kecuali Ibu yang baik. Rossa Stanley company, yang merupakan satu-satunya pemberi pinjaman sejati dan asli yang meminjamkan 2% suku bunga, inilah kisah saya, nama saya annisa dari bali, indonesia, pemilik restoran, jangan terkecoh atau takut bahwa pinjaman tidak dapat diperoleh dari internet, adalah mungkin dan saya adalah penerima pinjaman internet. Saya membaca beberapa komentar Anda tentang bagaimana Anda ditipu, Ya mereka scammer, dan mereka juga pemberi pinjaman nyata. Dan ibu rossa adalah salah satunya. Karena banyak yang scam lenders, saya awalnya skeptis, saya memutuskan untuk meminta ibu rossa untuk pinjaman, jadi saya menghubungi ibu rossa untuk permintaan pinjaman saya sebesar Rp100.000.000,00 dan dalam 24 Jam, pinjaman saya disetujui dan dikirim ke rekening bank BCA saya, dan pinjaman ini datang dengan bunga sangat rendah 2% tidak seperti bank di Indonesia yang memberikan pinjaman 7% atau lebih, saya harus mengakui ketika saya mendapat uang, saya terkejut dan masih terkejut sampai saat ini, meskipun ada beberapa yang ditolak karena mereka tidak memenuhi syarat untuk pinjaman. Tetapi saya diberikan karena keseriusan dan pendekatan saya yang tulus, saya mendapatkan pinjaman saya, dan ketika saya bertanya kepada ibu rossa bagaimana dia mendapatkan uang yang dia pinjamkan kepada banyak orang dia mengatakan itu didukung oleh negara-negara bersatu dan bank dunia untuk membantu orang miskin sekitar ASIA dan AFRIKA untuk mengurangi kemiskinan saya tidak dapat berhenti mengucapkan terima kasih kepada ibu rossa untuk mengeluarkan saya dan keluarga saya dari kemiskinan, jadi saya merasa karena dia baik dan baik kepada saya, saya perlu berbagi berita tentang perusahaannya sehingga orang-orang akan tahu tentang dia perusahaan pinjaman dan juga menghindari jatuh untuk pemberi pinjaman palsu yang membanjiri di mana-mana dengan cerita palsu., Anda dapat berbicara dengan ibu rossa melalui email, whats-app dan teks, saya merasa dibandingkan dengan berbagi rincian ini tetapi banyak yang tidak serius dan akan memanggil ibu tidak perlu jadi saya hanya bisa memberikan alamat emailnya untuk menghubungi ibu rossa yang rossastanleyloancompany@gmail.com, jika Anda menghubungi mereka, mereka akan menjawab Anda dengan cepat dan jika Anda ragu apa pun yang dapat Anda hubungi saya di Facebook @ annisa berkarya atau emai l saya di annisaberkarya@gmail.com. semoga ALLAH yang Mahakuasa terus memberkati dan melindungi wanita yang baik dan pengertian Rossa Stanley ini.

    BalasHapus
  47. Salam untuk semua orang, Tuhan pasti akan menjawab semua pemberi pinjaman palsu yang mencuri uang kami dengan menyamar sebagai pemberi pinjaman kepada kami, mereka datang dengan segala macam pembicaraan manis seperti memberikan pinjaman dengan tingkat bunga rendah, mereka semua penipuan kecuali Ibu yang baik. Rossa Stanley company, yang merupakan satu-satunya pemberi pinjaman sejati dan asli yang meminjamkan 2% suku bunga, inilah kisah saya, nama saya annisa dari bali, indonesia, pemilik restoran, jangan terkecoh atau takut bahwa pinjaman tidak dapat diperoleh dari internet, adalah mungkin dan saya adalah penerima pinjaman internet. Saya membaca beberapa komentar Anda tentang bagaimana Anda ditipu, Ya mereka scammer, dan mereka juga pemberi pinjaman nyata. Dan ibu rossa adalah salah satunya. Karena banyak yang scam lenders, saya awalnya skeptis, saya memutuskan untuk meminta ibu rossa untuk pinjaman, jadi saya menghubungi ibu rossa untuk permintaan pinjaman saya sebesar Rp100.000.000,00 dan dalam 24 Jam, pinjaman saya disetujui dan dikirim ke rekening bank BCA saya, dan pinjaman ini datang dengan bunga sangat rendah 2% tidak seperti bank di Indonesia yang memberikan pinjaman 7% atau lebih, saya harus mengakui ketika saya mendapat uang, saya terkejut dan masih terkejut sampai saat ini, meskipun ada beberapa yang ditolak karena mereka tidak memenuhi syarat untuk pinjaman. Tetapi saya diberikan karena keseriusan dan pendekatan saya yang tulus, saya mendapatkan pinjaman saya, dan ketika saya bertanya kepada ibu rossa bagaimana dia mendapatkan uang yang dia pinjamkan kepada banyak orang dia mengatakan itu didukung oleh negara-negara bersatu dan bank dunia untuk membantu orang miskin sekitar ASIA dan AFRIKA untuk mengurangi kemiskinan saya tidak dapat berhenti mengucapkan terima kasih kepada ibu rossa untuk mengeluarkan saya dan keluarga saya dari kemiskinan, jadi saya merasa karena dia baik dan baik kepada saya, saya perlu berbagi berita tentang perusahaannya sehingga orang-orang akan tahu tentang dia perusahaan pinjaman dan juga menghindari jatuh untuk pemberi pinjaman palsu yang membanjiri di mana-mana dengan cerita palsu., Anda dapat berbicara dengan ibu rossa melalui email, whats-app dan teks, saya merasa dibandingkan dengan berbagi rincian ini tetapi banyak yang tidak serius dan akan memanggil ibu tidak perlu jadi saya hanya bisa memberikan alamat emailnya untuk menghubungi ibu rossa yang rossastanleyloancompany@gmail.com, jika Anda menghubungi mereka, mereka akan menjawab Anda dengan cepat dan jika Anda ragu apa pun yang dapat Anda hubungi saya di Facebook @ annisa berkarya atau emai l saya di annisaberkarya@gmail.com. semoga ALLAH yang Mahakuasa terus memberkati dan melindungi wanita yang baik dan pengertian Rossa Stanley ini.

    BalasHapus