Minggu, Mei 05, 2013
10
SITUBONDO-(IDB) : Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berjanji akan menuntaskan modernisasi peralatan utama sistem persenjataan (alutsista) milik TNI sebelum akhir jabatannya. "Insya Allah akhir tahun depan kita tuntaskan modernisasi dan pembangunan pertahanan alutsista kita," kata SBY di Pusat Latihan Tempur, Karangtekok, Situbondo, Jumat, 3 Mei 2013.

SBY hadir di Situbondo untuk menyaksikan latihan gabungan 16.745 prajurit TNI AD, TNI AL, TNI AU di Puslatpur Karangtekok, Situbondo. SBY didampingi istri, Ani Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono beserta istri.


Menurut SBY, modernisasi alutsista sudah direncanakan dalam kurun lima tahun seiring dengan membaiknya perekonomian Indonesia. Pendapatan nasional yang lebih tinggi dibanding saat krisis ekonomi 15 tahun silam menjadikan Indonesia mampu memberikan anggaran lebih besar untuk modernisasi alutsista.


Modernisasi alutsista, kata dia, bukan berarti Indonesia berniat melakukan agresi ke negara-negara lain. Sebab, Indonesia merupakan negara cinta damai. Perang merupakan jalan terakhir bila tidak ada jalan lain seperti diplomasi.


Menurut Presiden, alutsista modern dibutuhkan untuk menjaga kedaulatan dan keutuhan negara. Apalagi peperangan era modern saat ini lebih rumit dan kompleks. "Kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI adalah harga mati," katanya.


Komandan Satuan Tugas Penerangan Latihan Gabungan TNI 2013, Kolonel Bedjo Suprapto, mengatakan latihan gabungan tahun ini merupakan terbesar. "Kami kerahkan semua alutsista," kata dia.


TNI AL mengerahkan 36 kapal perang (KRI) dan 17 unit tank amfibi BMP-3F NBO-105. TNI AU mengerahkan lima pesawat Sukhoi SU 27/30, lima pesawat Hawk SPO, lima F-16, serta 11 pesawat C-30. Sementara TNI AD menurunkan 14 unit Tank Scorpion, 12 unit helikopter Mi-17, 21 pucuk meriam dan 12 helikopter Bell. 





Sumber : Tempo

10 komentar:

  1. Modrenisasi alulsista kok tuntas? Perkembangan persenjataan dari tahun ke tahun trus berkembang,mungkin hari ini kita merasa persenjataan kita sudah canggih tapi mungkin 1 /2 bln lagi ada produk yg lbh canggih lg....jadi tdk ada tuntas nya.

    BalasHapus
  2. Terima kasih Paduka Yang Mulia Bp. presiden Susilo Bambang Yudhoyono yg telah memberi semangat serta dorongan agar TNI kita segera bangkit dg mendapat Alutsista modern dan cukup.
    Terimakasih, semoga menjadi kenyataan di masa yad. Amien.!!!

    BalasHapus
  3. Pokoke mulai sekarang, setiap presiden RI dimasa tugasnya berKEWAJIBAN untuk melakukan modernisasi TNI. Sudah dimulai oleh Presiden SBY, dan itu harus berlanjut terus oleh presiden2x kita berikutnya sesuai dengan RENSTRA-TNI.

    Makanya, 2014 hati2x pilih presiden. Lebih hati2x lagi pilih CALEG! Pilig CALEG itu harus XXXtra hati2x, karena akan ada banyak CALEG bego2x.

    BalasHapus
    Balasan
    1. anda benar sekali..kita harus milih caleg n presiden yg pro rakyat n pro militer..biar anggaran militer naik jadi 10% apbn..aku yakin dengan anggaran segitu militer kita jadi kuat..

      Hapus
  4. Ano 10.58 Bego kayak???? Wkwkwkwk.....he...he....he

    BalasHapus
  5. maksudnya tuntas itu untuk renstra pertama om. baca berita dong.

    BalasHapus
  6. standard modernisasi alutsista TNI apa? kok dibilang tuntas...."ting tong"
    padahal teknologi alutsista selalu berkembang dan sangat pesat.
    hadow pak presiden kok tega-teganya bilang begituuu...., 2014 kan tinggal beberapa bulan lagi pak..??

    ammpiiiuuunn dech iiih...

    BalasHapus
  7. maksud ''tuntas''itu ya ini pembelian terakhir...seterusnya gak beli blasss....wong berapa puluh tahun sejak sukarno kita gak pernah beli besar kayak gini???seterusnya ya siklus adem ayem selamanya wakakakakak

    BalasHapus
  8. Ah mulai kampanye.....ga ada yg bener jdnya salah semua asal belain jago masing2!!! Tai lo pade!!! Cari forum lain sono buat pencitraan jago2 lo..... Tai!!!

    BalasHapus
  9. Mulai dech dg kalimat kalimat jorok keluar. Kalo nggak suka ya nggak usah komen dg kalimat gitu ngapa.!!!

    BalasHapus