Rabu, Februari 06, 2013
3
BEIRUT-(IDB) : Pendekatan TNI dalam memelihara perdamaian dunia di bawah bendera Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) mendapat apresiasi tinggi. Salah satu terobosan yang disambut positif PBB adalah pembentukan desa binaan di Lebanon.

Satuan tugas Kontingen Garuda (Konga) XXIII-G/UNIFIL atau Indobatt (Indonesian Battalyon) menjadikan Desa Deir Serrian di Lebanon Selatan sebagai desa binaan. "Kami selalu memperlakukan personel Indobatt seperti keluarga sendiri," kata Kepala Desa Deir Serrian, Wafik Moh Karyem, di Lebanon, Selasa (5/2).

Wafik yang mewakili warganya mengucapkan terima kasih atas sikap yang ditunjukkan personel Indobatt kepada warganya. Pasalnya, pasukan Indobatt mampu menghilangkan trauma warga desa itu terhadap pasukan bersenjata dan pasukan berkendaraan tempur.

"Banyak warga yang awalnya trauma akan tragedi perang antara Israel dan Lebanon, berangsur pulih. Semua karena keramahan, sapa, dan salam personel Indobatt. Warga saat ini justru selalu mendekat," jelas dia. Wafik berharap komunikasi serta toleransi antara Indobatt dan warga Deir Serrian dapat terus berjalan dengan baik.

Apresiasi Wafik itu dikemukakan saat Komandan Satgas (Dansatgas) Indobatt, Mayor Inf Lucky Avianto, berkunjung ke sana. Lucky datang bersama Kasi CIMIC (Civil Military Coordination) Indobatt Kapten Inf Taufik Ismail, Danki Charli Kapten Mar Alex Zulkarnain, Perwira CIMIC Lettu Laut (E) Irawan, serta Language Assistant Yahya.

Lucky mengatakan Desa Deir Serrian memang merupakan desa binaan Indobatt. Dalam kegiatan yang dikembangkan oleh CIMIC, Indobatt telah berhasil menghidupkan kegiatan remaja seperti olah raga futsal dan voli. Di akhir kunjungannya, Lucky memberikan cendera mata serta buku-buku tentang kebudayaan dan pariwisata di Indonesia yang diterima langsung oleh Wafik.




Sumber : KoranJakarta 

3 komentar:

  1. Bak sesanti Divisi Brawijaya, Jatim " Bhirawa Anorhaga" = Perkasa namun rendah hati, plus masih diingatnya doktrin satunya rakyat dan tentara bak ikan dg airnya, TNI selalu mendapat simpati kalau bertugas di daerah bergolak, selalu asung tulada, tut wuri handayani, tapi tegas dan berwibawa. Tapi walau kondisi konsinyer, tetap saja prajurit -prajurit muda itu dpt menarik perhatian bunga yang bermekaran bak lebah mencari madu. He....he.....he...... jadi ingat.....he.....he.....he.....

    BalasHapus
  2. hehehe..jamila jiddan alias ayu tenan..?

    BalasHapus
  3. Anonim 20.48 di libanon akibat pernah dibawah perancis, inggris dan pada jaman perang antara sekte palangis lawan hizbullah Amerika Serikat bertahun-tahun bercokol disana, jadi banyak sekali bunga yg jamila jiddan, mata biru, kulit bersih dan..... Pasti Pasukan asing disana kalau nggak kepencut .......ya...... Kebangetan, He....he....he....jamila jiddan......libanon......

    BalasHapus