Rabu, Januari 09, 2013
23
Roket RX-550 Lapan
Roket RX-550 Lapan
JKGR-(IDB) : Awal tahun 2013 merupakan hari-hari yang menegangkan bagi Deputi Bidang Teknologi Dirgantara LAPAN Prof Dr Ing Soewarto Hardhienata. Dia memiliki target untuk menerbangkan roket Lapan RX-550 pada tahun 2013, sementara uji statis  RX-550 yang dilakukan tanggal 29 September 2012, masih menemui kendala. Uji statis pertama dilakukan tahun 2011 silam.

Komponen nosel roket RX-550 kembali mengalami masalah dalam uji statis di Stasiun Pengamatan Dirgantara LAPAN Pameungpeuk, Kabupaten Garut- Jawa Barat. Desain struktur nosel roket RX-550 belum mampu menahan tingginya suhu pembakaran. Akibatnya, komponen material nosel roket terlepas sebelum proses pembakaran propelan berakhir di detik ke 14.

Prof Dr Ing Soewarto Hardhienata berencana mengubah desain struktur nosel roket, agar hasil akhirnya seperti yang diharapkan. Lapan pun kembali membangun seluruh komponen roket RX-550 serupa, untuk melakukan uji statis tahap ketiga pada awal tahun 2013.

Prof Dr Ing Soewarto berharap daya dorong roket bisa melebihi 25 ton dalam waktu 7 detik. Adapun proses pembakaran propelan  ditargetkan 14 detik hingga bahan bakarnya habis. Kunci utama yang harus diselesaikan Lapan adalah membuat struktur material nossel bisa bertahan selama pembakaran, agar roket RX-550 mampu terbang sejauh 300 km ke luar angkasa.

Roket RX-550 berdiameter 550 milimeter ini, memiliki panjang keseluruhan 9 meter dan membawa bahan bakar jenis HTPB (hydroxyl toluen poly butadiene) sebanyak 1,8 ton.

Target yang dipatok Lapan pada tahun 2013 adalah peluncuran roket ke luar angkasa untuk membawa peralatan pengukur atmosfer. Roket ini akan dilepas di Morotai, Maluku Utara di atas samudra Pasifik.

Jika semua itu mulus maka tahun 2014, roket lapan diproyeksikan untuk mengangkut satelit buatan lapan, untuk diorbitkan ke luar angkasa.

roket lapan2

Akankah target ini tercapai ?

“Kami yakin target roket RX-550 mengudara di 2013 masih bisa dicapai dan ditargetkan mampu terbang sejauh 300 km,”  ujar Prof Dr Ing Soewarto Hardhienata. Pengalaman kesuksesan peluncuran roket RX-420 dan RX-320 serta panjangnya proses penelitian RX-550 dari 2011, cukup untuk dijadikan kunci keberhasilan program ini.

roket-tni
Di pihak lain, TNI berharap teknologi roket sonda Lapan bisa dikembangkan dan dimanfaatkan untuk keperluan militer. 

Pada tahap awal TNI akan mengembangkan roket balistik berdaya jangkau 100 km dengan kaliber 350 mm dan terus ditingkatkan jangkauannya hingga menjadi Roket kendali. 

Proyek ini melibatkan Konsorsium: Kementerian Ristek, PT Pindad, PT Dahana, PT Dirgantara Indonesia, LAPAN, BPPT, LIPI, ITB UGM dan ITS.

Pemerintah pun terus meningkatkan anggaran untuk pos pertahanan. Jika pada tahun 2004 hanya Rp, 21,7 triliun, maka tahun 2013 ini telah mencapai Rp 77 triliun.

Sejak peluncuran pesawat CN-235 tahun 1983, bangsa Indonesia memang tidak pernah lagi menyaksikan program prestisius sekaliber itu. Semoga tahun 2013 ini (30 tahun berlalu), Roket RX-550 Lapan bisa terbang ke luar angkasa membawa satelit yang juga buatan Indonesia.





Sumber : JKGR 

23 komentar:

  1. Alhamdulillah semoga Roket LAPAN RX-550 bisa mengudara sesuai dengan harapan seluruh warga bangsa Indonesia,

    roket balistik berdaya jangkau 100 km dengan kaliber 350 mm dan terus ditingkatkan jangkauannya hingga menjadi Roket kendali. walaupun gagal jangan menyerahhhh, Maju terusss pantang mundur walaupun kurus tapi manjurrrr...

    BalasHapus
  2. masalah di noselnya lagi ya
    smoga desain dan logam baru bisa memecahkan masalah ini
    aamin

    mumpung masih bisa liat awal awal priogran roket kita sebelum menuju program roket ke bulan
    aamin

    BalasHapus
  3. seMangat terus,
    Rawe rawe rantas,malang malang puTung.

    BalasHapus
  4. ayo pemerintah, kirim para cendikiawan2 kita untuk belajar ilmu peroketan ke Rusia,India,KoreaUtara,China bahkan ke Jerman or prancis. agar Indonesia bisa menguasai Udara diatas teritorinya, semangattt!

    BalasHapus
  5. kalau GAGAL:

    A. Jangan patah semangat, coba terus.
    B. Jangan dengarkan komentar ejekan dan suara pesimistis dari para WNI-tak-berguna disini.

    Good luck LAPAN!

    BalasHapus
  6. Saya berharap STOP!!! Semua korupsi dan segera berantas semua korupsi shg uang2 negara bisa dimanfaatkan utk proyek2 berteknologi tinggi sperti ini,Semoga Teknologi Indonesia lebih maju,Militer Indonesia lebih berjaya di masa depan

    BalasHapus
  7. Selamat dan sukses kepada LAPAN yang tidak pernah bosan membuat dan mencoba menjalankan Riset Peroketan, walau sudah berumur 50 tahun.
    Semoga pada Uji Coba Roket RX-550 ini nanti dapat menghasilkan resulting teknologi roket, sehingga tahun depan sudah memasuki tahun produksi Roket plus didukung oleh industri hulunya seperti ; Pabrik Propelant, pabrik metal high spek, peningkatan mutu testbench, dan mintakan anggaran sebesar-besarnya dan sebanyak-banyaknya agar LAPAN dapat menjadi lembaga hightech yang benar2 dibanggakan. Mosok kalah sama Pakistan, Hamas, Hizbullah, Iran, dan India., sih...... sedih.

    BalasHapus
  8. Alamak pukimak. . .rocket indon cam mercun kuncit, cam taik je..
    Wkwkwkk,,any way yg baik2 je media arus perdana laporkan, lembulah katakan.. Nak cari makan.kesian
    indon yg comment ne babi semue...ngok. .ngok. .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah ni orang dah setress duluan. Ini belum jadi, masih uji coba. Ya jangan bandingin dg TAMING SARI....jauh. SEKARANG BOLEH LAH SETRESS NANTI KALO DAH JADI SILAHKAN STROOK DAN SEKARAT.....

      Hapus
    2. Wkwkwkk....ada malon ngintip mupeng liat progress roket indo...ati2 lon, taon dpn dah jadi..siap2 ngungsi ya lon...

      Hapus
    3. Awak malaysia kontoooooool mukak kalian semua orang malaysia macam pakcik babi hei malingsial kalau berani sini biar kau jadi sasaran biar jadi babi panggang kau

      Hapus
    4. Timbang roket malingsialonte kayak taik babi

      Hapus
    5. Udah gini aja, orang malaysia tuh pengecut semua. Nonton bola ke kandang indonesia aja ngaka berani. Gimana lawan tni? Wkwk

      Hapus
    6. wkwkwkwkw.... tiba2 datang dan mengejekk.. wkwkwkwkw..
      tak tau malu.. gak nyadar klo mereka ga bisa bikin roket malah ngejek.. wwkwk
      tanda tak mampu...

      Hapus
  9. anonim atas gw

    kwkwkkwk ejekan dari negeri ente gw anggep pecutan semangat buat ngebangun bangsa gw,
    buat lapan, maju terus pantang mundur, jangan pedulikan ejekan dan cemoohan org lain, minta amggaran sebanyak-banyaknya buat ngembangin roket balistik biar tetangga2 kita diem

    BalasHapus
  10. Kasiannya jiran anonim kita nie..ada pepatah iri dan hanya menghina itulah ciri2 org2 yg sebenarnya tak mampu, setidak kita ada ikhtiar dan doa,selama mau ikhtiar dan keinginan nak maju, sekecil apapun kemajuannya tetap ada kemajuan..nggak usah ngurusin media arus perdana org laen..nih urus je dolo:
    http://beritasemasa.com/ranking-dunia-media-massa-di-malaysia
    http://www.carigold.com/portal/forums/archive/index.php/t-230359.html http://semutmalaysia.blogspot.com/2012/05/ranking-kebebasan-media-2012-malaysia.html ..wkwkwkwwkk..jgn buruk muka cermin nak di belah pula..kesiannye jiran nie..wkwkwwkk...

    BalasHapus
  11. harap hati2 klo melibatkan univeritas dalam negri, uda banyak intel asing masuk via ugm,its dan itb

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah..selamat atas kesuksesan riset roketRX550 nya, jika dah sukses uji terbang saya yakin rencana pengembangan akan makin mudah karena unsur yang pelik (propelan, sistem elektronika & teknologi nozzle) sudah dikuasai..kami tentu demikian bangga jika kelak LAPAN + lembaga lain luncurkan roket dia dia 1050 mm h 12.500 mm dengan jangkauan 1000 km...Viva LAPAN, majulah indonesiaku

    BalasHapus
  13. Good luck Lapan semoga sukses RX550nya kegagalan bukan akhir dari perjuangan maju terus...kalau sudah sukses hati2 diclaim sama malingsia tuh bangsa yg kerdil bisanya mengclaim punya org doank wkwkwkkkkk...

    BalasHapus
  14. MARI BERKOMITMEN....!!! MISAL KEMUNGKINAN TERBURUK LAPAN GAGAL DI 2013,, MAUKAH KITA RAPATKAN BARISAN, KITA LAWAN KRITIK TERHADAP LAPAN ATAS KEGAGALAN TERSEBUT....!!!

    BERANIKAH KITA...??? JGN DI JAWAB DG TULISAN, TAPI BUKTIKAN NANTI... OK...!!!
    MERDEKA...!!!!

    BalasHapus
  15. segera uji coba pak,kami rakyat ingin melihat keungulanya,

    BalasHapus
  16. saya mengeluarkan air mata bukan karna sedih 'melainkan bangga kpd bangsaku yg sdh bisa membuat roket .
    INDONESIA TERCINTA.

    BalasHapus
  17. la inin 2013 mau habis kok belum di luncurken...

    hayooooo

    BANYAK BOHONGNYA PEMERINTAH KU NEH YA

    BalasHapus