Rabu, November 28, 2012
30
TEHRAN-(IDB) : Badan Energi Atom Internasional (IAEA) mengatakan Iran telah memasuki tahapan “boster” pengayaan uranium setelah berhasil menginstal semua alat sentrifugal yang dibangun di di situs bawah tanah Fordo. 

Pengamat nuklir IAEA juga meyakini persedian material nuklir Iran bisa dengan cepat dijadikan Bom Atom dan semakin dekat dengan jumlah material yang dibutuhkan untuk membuat sebuah bom.

“The installation of equipment at Iran’s Fordo uranium enrichment plant was now complete”, ujar Staf IAEA.

Selain itu, dari pemantauan satelit di Pangkalan Militer Parchim ditemukan bukti adanya kegiatan terkait riset senjata nuklir.

Namun  Iran menyangkal dan mengatakan kegiatan nuklirnya bersifat damai.

Senjata dan Tahapan Uranium

Seorang pakar menganalisa, jika Iran menggunakan mesin baru di Fordo untuk memperkaya uranium hingga tingkat kemurnian 20 persen, secara teknis hal itu tidak jauh dari tingkat yang dibutuhkan untuk membuat bom.  Iran juga bisa meningkatkan produksi uranium 15 kilo per bulan menjadi sekitar 45 kilogram, jika mereka mau.

Untuk membuat satu bom  dibutuhkan 20 persen dari 230 Kg uranium yang telah diperkaya, untuk dikonversi menjadi 90 persen material satu bom nuklir.


Namun sejumlah pakar masih berdebat, apakah Iran memutuskan untuk melompat dan memperkaya hingga ke tingkat bom nuklir ?.  Jika hal itu dilakukan, maka tindakan Iran akan dengan mudah dideteksi oleh IAEA. Selain itu, untuk membuat bom nuklir juga dibutuhkan berbagai macam kegiatan lainnya.

“Iran tetap membutuhkan waktu dalam hitungan tahun, bukan bulan untuk memiliki senjata nuklir,  jika mereka memilih untuk mengejar kemampuan itu,” ujar  Daryl Kimball dari Arms Control Association.

Pakar Nuklir Amerika Serikat, John Large mengaku aneh dengan laporan IAEA tersebut, karena disampaikan di saat situasi di Timur Tengah sedang memanas.  Mengapa IAEA mempublikasikannya beberapa hari setelah Israel membombardir Gaza dan Israel menuduh Iran telah mengirim rudal Fajr-5 ke Gaza ?.

“It is not experts like me or Western politicians that we should be concerned about, but Israel’s interpretation of the Iranian moves that is the real problem here.”, ujar John Large.

“Siap Feeding”‘

Laporan IAEA  bulan Agustus  2012 mencatat  Iran telah memasang sekitar 640 sentrifugal baru – mesin yang memperkaya gas uranium dengan memutarnya pada kdcepatan supersonik – di Fordo, dan 700 lebih yang “siap untuk feeding.

Namun laporan lain IAEA menunjukkan, Iran telah menggunakan 40 persen hasil proses pemurnian uranium tingkat tinggi itu untuk kebutuhan riset di reaktor mereka, sehingga sulit untuk dikonversi kembali  menjadi bahan senjata nuklir.

” Iran tampaknya melakukan kalibrasi  agar tidak membuat kemajuan besar sekaligus bisa memicu krisis,”  ujar Pengamat militer  Mark Fitzpatrick di London kepada kantor berita AFP.


Di saat yang sama, Dewan Keamanan PBB telah mengeluarkan  enam resolusi yang menyerukan Teheran untuk menghentikan pengayaan  uranium. Karena Iran dianggap membandel, negara-negara Barat akhirnya sekaligus memberlakukan sanksi tambahan, yang tahun ini  mulai mempengaruhi perekonomian Iran.

Israel adalah negara yang paling berang atas perkembangan nuklir Iran. Israel menyatakan tidak akan mengesampingkan aksi militer untuk mencegah Iran dari kepemilikan senjata nuklir.

Namun Iran dalam rangkaian pertemaun di Wina dan Teheran, bersikeras menolak laporan IAEA dan menganggapnya sebagai pemalsuan yang disediakan oleh badan intelijen asing.  Para pakar IAEA di Iran dianggap bekerja di bawah intimidasi dari pihak tertentu.

Iran mengaku berang dengan sikap Israel yang begitu sibuk memantau proses rekayasa nuklir mereka, sementara Israel sendiri tidak pernah mau  menandatangani perjanjian nonproliferasi nuklir  untuk mencegah penyebaran senjata nuklir.

“Saat ini hanya Israel yang tidak menandatangani Non-Proliferation Treaty di kawasan Timur Tengah, meskipun telah berulang kali didesak komunitas Internasional”, ujar perwakilan IAEA IRAN, Ali Asghar Soltanieh.

“Kebebasan dan stabilitas  di Timur Tengah tidak bisa dicapai ketika suatu rezim menumpuk arsenal nuklir secara masif  dan mengancam keamanan regional dan dunia”, tambahnya.

Perdebatan antar kedua negara telah begitu panjang dan tidak ada habis dan meletihkan banyak pihak. Kemungkinan besar ujung-ujungnya akan berakhir dengan solusi militer.



Akankah Israel berhasil mengelabui AS untuk ikut menyerang Iran, atau Israel bertempur sendiri melawan Iran ?.

Dalam perang 8 hari, banyak pihak Israel menuntut agar Hamas melakukan perang terbuka dengan Israel dan tidak bersembunyi di balik permukiman penduduk.

Akankah tantangan yang lantang dan terkesan lelaki itu berani disampaikan Israel ke negara yang memiliki kemampuan militer baik seperti Iran ?.

Sejumlah pakar militer dan Jenderal Purnawirawan AS menganalisa, Israel tidak memiliki kemampuan untuk menyerang Iran, jika seorang diri. 






Sumber : JKGR

30 komentar:

  1. Maling teriak maling,sdh jelas yg punya hulu ledak nuklir itu si zionis,tdk mau tandatangani npt pula...parah dunia dibalak balik.

    BalasHapus
  2. Semua blog ini jadi probaganda sekutu !!! Aneh binyata iran gak pernah yerang atau pun recond ginvasi menduduki negeri orang ,perang irak vs iran ,iran hanya membela diri di perbatasannya di caplok ama irak !kenapa iran selalau di tuduhh memusuhi dunia ,sukak perang ,main bunuh ala israil ,blog ini jugaa ikut geramm ama iran pengamat bodohhh and antek asing ala penguasa nkri sekarang apa2 di tanda tangani yg sekutu mau !”Anti nukler ,perdangan bebass sok pahlawan gebantu inf milyaran dolar terbang percuma!

    BalasHapus
  3. Ehm...kalo anda2 jadi orang Israel...kira2 apa yang akan anda lakukan jika negara yang memusuhi anda secara diplomatik verbal (tidak mau mengakui keberadaanya dan berencana menghapus dari peta dunia) dan membantu gerakan perlawanan (KEMERDEKAAN) di negara anda (lewat suplai senjata),....saya tidak membenarkan tindakan agresi Israel atas Gaza / Libanon (dulu)...tapi mencoba membawa pola pikir baru disini (cara pandang Pihak 'Lawan')....bukannya menyamakan kondisinya, tp coba pikir apa yang kita rasakan bila Australia suplai senjata ke OPM... Semoga kita jadi lebih bijak dalam bersikap....

    BalasHapus
  4. ada yg pro israel di atas
    hehe

    pertanyaan anda saya balik
    apakah INA mengusir suku pedalaman papua secara paksa?
    apakah INA melarang seluruh aktivitas masyarakat papua?

    baca sejarah kepentingan ausi di tanah papua terutama freport

    BalasHapus
  5. Memangnya Israel sebuah negeri ? Apakah Indonesia puny a kedutaan di Israel? Tidak. Israel itu tanah milk Palestrina, Jordanian Dan suriah yag dioramas lewat perang

    BalasHapus
  6. Buat yang pro israel,
    Dimana logika berfikir anda?
    Israel itu penjajah, jadi ya memang harus dilawan. Mereka merampas hak2 warga palestina. Mengapa disamakan dengan indonesia? RMS atau opm itu jelas2 gerakan separatis. Dan indonesia juga gak pernah melakukan kebiadaban seperti israel yg membom sipil membabi buta

    BalasHapus
  7. Ituuu yg punyaa blog ini aq pancingg gakuu antek melbene !!!! Sekutuu sudahh hancurr di eropa inggriss negara ketcill sudahh gemiss !!!antek kesiangan proo israill bukak tuhh mataa perangg gak berhenti cina rusia di untungkann sekutu kelaparann !!! Kalau tanahh pelestina gak di kembalikan perang gak bakalan berhenti sampai kapanpun rugiii sekutu!!! Australia gelisahh dan kami tidak akan pernah melupakan tim tim !!!! Haruss di balsss !!!

    BalasHapus
  8. Bukan negara tapi kok diakui di PBB?...urutan masuknya aja bersebelahan dengan Indonesia...dan tidak sesimple itu soal Israel....antara tahun 48-67 anda bisa berpikir kenapa Yordania dan Mesir tidak memberikan kemerdekaan buat Palestina di wilayah tepi barat dan Gaza (tempat perwalian mesir dan yordania?...sebelum dicaplok Israel pada perang 6 hari 1967 (yang berbuntut pencaplokan Israel atas yerusalem).....coba kalo sebelum 67 palestina sudah merdeka...Israel bisa secara legal disebut agresor atas negara merdeka...tp terserah lah apa pendapatnya...enggan berdebat OK2 saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat yang pro israel. Selama masih ada israel di timur tengah,dunia telah di buat gelisah. Coba anda pikir seumpama israel menjajah indonesia, mereka pasti akan mengusai tanah indonesia, tanpa memandang dari sudut agama, sekalipun mereka menjajah di bagian wilayah mayoritas non muslim. Karena dlm berfikir mereka bukan tujuan agama, dari segi ras ny pun berbeda, mereka mengaku lebih tinggi dari bngsa lain,dlm hal ini mereka ingin membuat suatu negara zionis yang metdeka.sama hal nya sekarang, mereka menduduki palestina. Korban ya bukan saja umat muslim, tapi kristen yg di yerusalem pun terusik, dengan kebiadaban zionis..

      Hapus
  9. itu yang pro israil itu udah miring otaknya alias SINTING!!! itu obatnya dihantam pake balok ukuran 46 kepalanya baru sembuh!!!

    BalasHapus
  10. Siip deh kalo dianggap pro israel...kalo saya pribadi juga ogah kok memperjuangkan kepentingan Israel (demo aja ogah apalagi kalo berperang buat mereka amit2 deh, itu bukan negara saya)...biar mereka berjuang dan urus diri sendiri.....cuma mengungkapkan pendapat berdasar sejarah yang saya ketahui...sekaligus buat pelajaran mengenai betapa absurdnya pro kontra dalam hubungan antar bangsa.....tp kalo Israel sampe melakukan agresi ke Indonesia itu beda lagi (sy jelas bela NKRI), tp itu tidak mungkin terjadi terlalu jauh pikirnya...apa perlunya mereka berkonfrontasi secara langsung dengan Indonesia.

    BalasHapus
  11. Yang pasti itu gan isrel negara Zionis.
    mereka itu selamaya ditakdirkan berperang,
    mereka itu suka mengumbar permasalahan.
    kalo yang pro sama israel ya coba dipikir lagi deh.

    BalasHapus
  12. Biasa lah orang yang memperjuangkan perdamaian tapi ngomongnya anarkis pake pukul kepala pake balok...apa bedanya sama yang suka perang...(Kalo bener2 berani pukul pake balok tuh tentara Israel di sono, bukan pukul orang disini)...

    BalasHapus
  13. semua komentarnya seru, yang dukung israel atau yang tidak mendukung punya alibinya masing-masing? tapi saran aja buat yang pro israel, sudah jelas kalo israel itu negara sombong dan tidak mau mengakui hak-hak warga palestina? itu fakta sampai sekarang pun demikian.. intinya menurut saya kalo saja tidak ada pihak-pihak yang ingin mengacaukan kawasan timur tengah pasti tidak ada perang.. biar lah demokrasi ditimur tengah ditentukan oleh negara-negara mereka masing-masing? barat tidak usah ikut campur pasti masayarakat timur tengah dapat hidup tenang dan damai?

    BalasHapus
  14. Kwkwkwkwww tennang sesuwaii janji anak below menteng tanah pelestina bakal di kembalikan !!!! Alaa sebelum 67 ,perang bakal usaii piecekiping tibaa saatnya ??!!! Emang jujur di akuii ambisi israil mau mengusaii dunia arap duwit tidak ada !!!!! Sedangkan america kerepotan jugaa mikirin eropa bangkrut mr rusian bakal melalapnya hehe...terbukti dan yata kami baru tahu perang di libia tampa america ingris peranciss geluhh gak bisaa berbuat apaa hampir 8 bulan ahirnya america turun beress ??!!!america mikirin cina ,rusia,india,brasil,indonesia non sekutu kadang berbalik arahh itu yg di takuti america ,haruss di kembalikan tanah pelistina dan merdeka !!buat yg proo israill di cari pegang lehernya alias antek melbene haruss musnahh !!!

    BalasHapus
  15. klw saya, sejarah tidak bisa diputerbalik secepat membalikan tangan, siapa yg pertama kali mendiami tempat tersebut , itu adalah masa lalu yg sudah dilalui dgn ribuan peristiwa. Yg terpenting adalah saat ini, dgn permasalahan yg ada, diselesaikan dgn kondisi saat ini, dan dgn cara2 yg modern. Palestina tetap butuh kemerdekaan, seperti libanon, dll. Apakah masalah tdk akan muncul lagi? Tdk ada yg bisa jamin, tapi paling tidak satu masalah dah selesai, masalah lain dicari lagi solusinya.

    BalasHapus
  16. adalah kafir bagi orang2 yang pro israel

    BalasHapus
  17. Wuih sdh mulai berfatwa...

    BalasHapus
  18. hahahahaha....... Ini bocah2 ingusan kenapa pada kumpul tak karuan gini sih.? Harusnya kalian berterima kasih pada admin bloger ini yang telah membagi informasi sebegitu menariknya sehingga kita semua semakin faham bahwa israel memang pantas untuk berperang dengan iran, dan World War 3 memang harus ada untuk melenyapkan hegemoni amerika dan israel. Ini kok kenapa malah menuduh admin bloger ini sebagai antek israel ya..?? Nampak sekali kalo kalian ini masih pada bau kencur cara berfikirnya.....

    BalasHapus
  19. israel punya iron dome, yg terbaru goliath sling, dan segera dilengkapi roket jarak jauh, lengkap sudah,kok masih saja israel takut sama roket-roket iran ya?

    BalasHapus
  20. Haha setuju saya...masih bau kencur andalannya otot bukan otak...kalo saya baca adminnya nggak pro israel sama sekali (malah kebalikannya)....tp uniknya malah dianggap pro...keliatan kalo bikin comment pake emosi tuh sebenernnya malah nggak paham apa yang di commentkan....

    BalasHapus
  21. yg pasti israel g berhak menjajah palestina bahkan dari awal d sana adalah tanah bangsa arab n israel itu mendapatkan kemerdekaan n pengakuan PBB karena akan d jadikan sekutu NATO d daerah timur tengah dan d beri lahan oleh Inggris karena dulu adalah jajah2nya bukanya d kembalikan kepada negara2 yg d jajah sebelumnya...
    kalau jordan n mesir apa hubungannya memberi kemerdekaan k Palestina kan yg jajah Inggris n d teruskan Israel bahkan Israel sampai mencaplok daerah negara tetangganya bukan hanya Palestina..

    BalasHapus
  22. Mengenai Isroil, berikut prediksi tokoh dari negara sekutu utamanya (Amrik):
    Adalah Henry Kissinger, mantan menteri luar negeri AS, yang menyebut dalam waktu sepuluh tahun ke depan, di dunia tak akan ada lagi negara bernama Israel. Data di US Intelligence Community (IC), terdiri dari 16 badan intelijen AS, awal tahun ini, berjudul “Preparing for a Post-Israel Middle East,” (“Persiapan untuk Post-Israel Timur Tengah”) dan menunjukkan bahwa isi memang menguatkan pandangan Kissinger. Dokumen itu jelas menyebut 16 badan intelijen AS setuju bahwa Israel tidak bisa menahan raksasa pro-Palestina datang terdiri dari Muslim Arab, Kebangkitan Islam, dan kebangkitan Republik Islam Iran.
    Selengkapnya dapat dibaca di link ini: http://forum.kompas.com/internasional/206395-henry-kissinger-10-tahun-lagi-israel-lenyap-di-peta-dunia.html

    BalasHapus
  23. Kata para pakar mengenai nuklir. Membuat pembangkit listrik tenaga nuklir itu sama saja dengan menjinakkan bom atom. Kalau bom atom meledak itu energi besar terbentuk tanpa terkendali. Kalau energi seperti dari ledakan bom atom itu bisa dikendalikan dan diarahkan dengan baik, maka dapat menggerakkan turbin untuk pembangkit listrik. Kalau Iran sudah bisa bikin PLTN, harusnya bisa juga bikin bom atom. Kalau melihat RI, sebenarnya RI sudah bisa bikin PLTN dan sekarang masih ada yaitu di Serpong, tetapi RI boleh dibilang takut dan tunduk kepada negara2 besar lain sehingga pengembangan lebih lanjut terhambat, karena untuk PLTN perlu pengayaan uranium tingkat tinggi yang mengenai hal tersebut "dilarang" oleh negara-negara besar.

    BalasHapus
  24. Soal mesir dan yordania Saya sarankan baca sejarah lagi deh transisi Inggris kepada mereka berdua atas tepi barat dan jalur gaza dari tahun 48 sampe 67....soal ucapan Kissinger (keturunan yahudi ini kan??)..biar sejarah yang bicara nanti...

    BalasHapus
  25. Banyak (sekali) yg simpati kepada Bangsa Palestine sebenarnya lebih disebabkan karena kebiadaban terhadap kemanusiaan yg dilakukan Israel, jadi bukan "hanya" disebabkan dari sisi keyakinan yg dianut. Kalau perang 8 hari kemarin ada yg bilang dimulai dari Hamas yg menembakkan roketnya ke Israel, dia lupa bahwa sebelumnya Israel melakukan blokade terhadap masyarakat di jalur gaza yg sangat menyengsarakan ribuan warga jalur gaza. Ada asap tentunya ada api. Mengenai simpatisan, pengagum, pembela kaum Zionist Israel sebenarnya perlu dipertanyakan dasarnya. Beberapa waktu yg silam dubes Palestine untuk RI menyatakan bahwa Bangsa Palestine itu 50% Yahudi, sisanya adalah Nasrani dan Muslim. Jadi pertanyaan besar disini adalah, apa sebenarnya yg menjadi pertimbangan simpatisan, pengagum, pembela kaum Zionist Israel??? Yang menonjol dalam konflik 8 hari kemarin adalah kekejaman terhadap kemanusiaan, lalu apakah mereka memiliki kesamaan tersebut sehingga merasa senang, nyaman dan sepenanggungan???

    BalasHapus
  26. Ini yg bau kencur datangg di jamin prediksi apa yg terjadi bakal terjadi di tahun akan datang !!? Ku sudahh mewanti wanti perangg besarr besarran sdudahh di depan pintu akibat brutalnya sekutu,semua sudahh di balik 2yg baik di anggap jahat ,tukang bantaii di cap sorro kata mereka propaganda mereka leewat media yg sudahh yataa media di kuasaii termasukk di indonesia di cuci otaknya lewatt omongan dan harta !!!! Lebihh celaka lagi intell antekk di dalemm negeri sudah yusupp di pundi pundi negara kementrian dpr pemerintah tauu yata gak pedulii mintak dukungan krupsi2 tidak di bongkar !!! Lewat mediaa yg hampir 75% di kuasaii asing mediaa ironiss bangsa indonesia di persulit petinggi negara jellas2 di angkat rakyat di gaji rakyat !!! Padahal dengan menanjaknya economi secara alami nkri di untungkan keadaan dunia sekarang !!nasipp kurang baikk kita di kubulin mediaa di motori asing salah pilih peminpin !!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  27. Karena kekejaman zionos yahudi, semua makhluk Allah melawannya, Maha benar sabda Rasulullaah SAW dalam haditsnya:


    لا تقوم الساعة حتى يقاتل المسلمون اليهود، فيقتلهم المسلمون حتى يختبئ اليهودي من وراء الحجر والشجر، فيقول الحجر أو الشجر: يا مسلم، يا عبد الله، هذا يهودي خلفي، فتعال فاقتله.. إلا الغرقد، فإنه من شجر اليهود" (ذكره في: صحيح الجامع الصغير أيضًا -7427)

    Tidak akan terjadi hari kiamat, hingga muslimin memerangi Yahudi. Orang-orang Islam membunuh Yahudi sampai Yahudi bersembunyi di balik batu dan pohon. Namun batu atau pohon berkata, "Wahai muslim, wahai hamba Allah, inilah Yahudi di belakangku, kemarilah dan bunuh saja. Kecuali pohon Gharqad (yang tidak demikian), karena termasuk pohon Yahudi." (HR Muslim dalam Shahih Jami' Ash-shaghir no. 7427)

    “ Maka (yang sebenarnya) bukan kamu yang membunuh mereka, akan tetapi Allahlah yang membunuh mereka, dan bukan kamu yang melempar ketika kamu melempar, tetapi Allah-lah yang melempar. (Allah berbuat demikian untuk membinasakan mereka) dan untuk memberi kemenangan kepada orang-orang mu'min, dengan kemenangan yang baik. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Itulah (karunia Allah yang dilimpahkan kepadamu), dan sesungguhnya Allah melemahkan tipu daya orang-orang yang kafir.” (QS 8: 17-18)

    BalasHapus
  28. pakar mana yg bisa prediksikan israel menang dgn negara2 arab dulu dlm 6 hari..?? kitab suci mana yg prediksi hal2 demikian kec taurot mereka?? jd tdk usahlah bawa2 kitab suci kl lg ngomongin militer.. BASI.. sudah dbuktikan israel DILUAR segala bentuk prediksi.. jd segala2 prediksi macam itu cm "berita2 penenang" bagai orang yg sedang kena masalah lalu minum alkohol seolah2 alkohol itu menyelesaikan masalah.. HEY! boong sm org biasa, bohongin diri sendiri LUAR BINASA..

    BalasHapus
  29. Berikanlah Israel dan Palestina kemerdekaan. Bila mereka pandai menahan diri dan membangun negara, mereka bisa hidup berdampingan unutk mensejahterakan rakyatnya seperti Korea.
    Adalah tidak masuk akal, bila serumpun manusia, bermimpi dan menindas manusia lain karena mereka beranggapan kekuasaan dan luas negara mereka itu telah didefinisikan tigaribu tahun yang lalu.

    BalasHapus