Rabu, November 28, 2012
0
BANDUNG-(IDB) : Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo menutup kegiatan latihan bersama (Latma) Safkar Indopura di Pusat Pendidikan Infanteri (Pusdikif), Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu (28/11/2012).
 
 Latma ini telah berlangsung selama delapan hari  sejak 21 sampai 28 November 2012, diikuti oleh 1.150 prajurit dari TNI AD dan AD Singapura (SAF). Kegiatan dilaksanakan di daerah latihan di kawasan Cipatat. Latihan yang diberi nama Safkar Indopura merupakan Latihan Bersama antara dua negara yakni Indonesia-Singapura guna mewujudkan kerja sama internasional yang dilaksanakan tiap tahun secara bergantian yang dimulai sejak 1989 , dan untuk tahun 2012 ini merupakan yang ke-24 kalinya.

Kasad Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo mengungkapkan tujuan latihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan profesional prajurit, juga menjalin persahabatan antara Angkatan Darat kedua negara.

Kasad berharap para prajurit AD dari kedua negara yang mengikuti latihan bersama ini bisa menerapkan dan mengembangkan materi yang diperoleh selama delapan hari tersebut. Materi Safkar Indopura ke-24 di antaranya latihan taktis, latihan cross training dalam materi taktik dan menembak.

 “Guna menjamin peningkatan kualitas latihan, kita perlu melaksanakan evaluasi latihan secara cermat. Inventarisir berbagai hambatan dan kendala yang ditemukan sebagai masukan dan acuan untuk perbaikan latihan di masa yang akan datang,” tekan Kasad.

Kasad berharap latihan bersama ini dapat terus ditingkatkan di masa yang akan datang, sehingga dengan latihan bersama secara konsisten akan terwujud interoperabilitas yang sangat diperlukan untuk menopang pilar keamanan bersama masyarakat ASEAN (ASEAN Community).

Hadir dalam penutupan Safkar Indopura ke-24 yakni Kepala Staf Angkatan Darat Singapura  Mayor Jenderal Ravinder Singh, Pangkostrad Letjen TNI M. Munir, Dankodiklat TNI AD Letjen TNI Gatot Nurmantio, Pangdam III/Slw Mayjen TNI Sonny Widjaja.





Sumber : Seruu

0 komentar:

Posting Komentar