Minggu, September 16, 2012
0
WASHINGTON-(IDB) : Robot canggih ini akan segera melengkapi armada pasukan tempur Amerika Serikat. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) baru-baru ini menunjukkan prototipe produk andalannya, Legged Squad Support System (LS3), robot pengangkut militer yang bentuknya mirip kuda.

Robot itu mampu berlari, mengangkut perlengkapan militer yang superberat, bahkan diprogram untuk mengikuti perintah komandan.

"Kami telah menyempurnakan platform LS3 dan memulai uji lapangan dalam rangka memenuhi persyaratan yang diminta Korps Marinir," kata Letnan Kolonel Angkatan Darat, Joe Hitt, Manajer Program DARPA. "Visi LS3 adalah mengkombinasikan kemampuan mengangkut peralatan tempur dengan kecerdasasan setara hewan yang telah dilatih."

Dalam uji teknis, robot tersebut mampu membawa peralatan dan perlengkapan untuk keperluan sehari penuh bagi sepasukan marinir atau tentara angkatan darat.

Saat demonstrasi, robot berkaki mirip hewan itu tak hanya bisa mengangkut barang berat tanpa mengeluh kepayahan, tapi juga melewati medan berat, serta menginterpretasikan perintah verbal dan visual. Saksikan videonya di tautan ini.

Robot ini bukan satu-satunya produk terobosan DARPA. Mereka juga memproduksi robot Cheetah, robot berkaki tercepat sepanjang sejarah, bahkan melampaui rekor kecepatan manusia yang dipecahkan pelari Usain Bolt saat memecahkan rekor dunia lari 100 meter di Olimpiade Inggris, dalam waktu 9,58 detik. 



Sumber : Vivanews

0 komentar:

Posting Komentar