Jumat, Mei 11, 2012
0
SURABAYA-(IDB) : Batalyon Infanteri-3 Marinir menggelar latihan Minggu Infanteri di Bhumi Marinir Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur pada 8-14 Mei.

"Latihan itu untuk meningkatkan kemampuan serta ketrampilan teknik maupun taktik tempur satuan tingkat peleton dalam operasi darat," kata Komandan Batalyon Infanteri-3 Marinir Letkol Marinir M. Reza Suud di Gedangan, Sidoarjo, Rabu.

Ia mengatakan, sasaran dari latihan Minggu Infanteri adalah tercapainya tingkat kesiapan tempur dasar satuan infanteri dalam melaksanakan operasi darat.

Selain itu, juga sebagai sarana untuk mengasah naluri tempur prajurit "Macan Hitam" sehingga benar-benar siap bila sewaktu-waktu digerakkan ke daerah penugasan.

Menurut Perwira Staf-2 (Staf Operasi) Mayor Marinir Nioko Budi, latihan Minggu Infanteri dibagi menjadi dua tahap, tahap pertama yaitu latihan teori dan drill yang dilaksanakan minggu ke-2 hingga minggu ke-4 bulan April 2012.

Selanjutnya, tahap kedua yaitu praktek lapangan yang dilaksanakan pada tanggal 8 hingga 14 Mei 2012.

Materi Latihan Minggu Infanteri berisi materi Latihan Satuan Dasar II (LSD-II) aspek darat, antara lain GMUK, Serangan, Pertahanan, Patroli, KSIT, Pemindahan pasukan ke belakang, Orientering dan Lintas Medan (Limed) 20 km.


Kunjungan Wagub AAL

Dalam waktu yang sama (9/5), Komandan Batalyon Infanteri-3 Marinir Letkol Mar M. Reza Suud menerima kedatangan Wakil Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Laksamana Pertama TNI Achmad Taufiqoerrochman SE di Markas Batalyon Infanteri-3 Marinir, Gedangan, Sidoarjo.

Dalam kunjungannya ke Yonif-3 Marinir itu, Wagub AAL didampingi Kepala Staf Pasmar-1 Kolonel Marinir Dedi Suhendar, Kadep Gadik Kolonel Marinir Purwo, Komandan Resimen AAL Kolonel Marinir Joko Supriyanto, Komandan Brigif-1 Marinir Kolonel Marinir Wurjanto, pejabat teras AAL dan perwira di jajaran Brigif-1 Marinir.

Kedatangan orang nomor dua di jajaran Akademi Angkatan Laut ke Yonif-3 Marinir itu merupakan kunjungan kerja dalam rangka silaturahmi dan meninjau secara langsung kegiatan Kadet AAL angkatan 57 yang saat ini sedang melaksanakan praktek pasukan di Yonif-3 Marinir.

Dalam kesempatan itu, Komandan Batalyon Infanteri-3 Marinir Letkol Mar M. Reza Suud menjelaskan kepada Wagub AAL tentang kegiatan prajurit "Macan Hitam" yang saat ini sedang melaksanakan latihan Minggu Infanteri dan para Kadet AAL angkatan 57 yang sedang melaksanakan praktek pasukan juga turut serta berlatih.

Setelah menerima penjelasan dari Komandan Batalyon Infanteri-3 Marinir, Wagub AAL beserta pejabat lainnya meninjau secara langsung para prajurit yang sedang melaksanakan latihan ipam repelling, seat repelling, dan naik turun tali yang berada di lapangan halang rintang Brigif-1 Marinir.

Dari lapangan halang rintang dilanjutkan meninjau problem merayap tali dan meninjau lapangan tembak Brigif-1 Marinir, bahkan Wagub AAL sempat melaksanakan menembak pistol dan senapan panjang. 

Sumber : Antara

0 komentar:

Posting Komentar