Rabu, Mei 23, 2012
0
pangdam-subJAKARTA-(IDB) : Panglima Kodm Jaya/Jayakarta Mayor Jenderal TNI Waris bertindak sebagai Inspektur Upacara pembukaan latihan pratugas Pam VVIP bertempat di Lapangan Apel Markas Brigade Infanteri-1 PIK/JS,  Jl Raya Kalisari Jakarta Timur. Bertindak sebagai Komandan Upacara Danbrigif-1 PIK/Jaya Sakti Kolonel Inf Sony Aprianto.
 
Hadir dalam acara tersebut Danrem 052/Wijayakrama Kolonel Inf Sarum, para Perwira Ahli Pangdam Jaya, para Asisten Kasdam Jaya, Perwira LO AL, para Kabalak, para Dansat jajaran Kodam Jaya dan para prajurit Kodam Jaya.

Pangdam Jaya/Jayakarta dalam amanatnya menyampaikan bahwa sebagaimana kita ketahui bers`ma, Jakarta saat ini telah menjelma menjadi ibukota yang memiliki berbagai macam fungsi karena mengakumulasi berbagai fungsi terpenting secara nasional, seperti pusat pemerintahan negara, pusat kegiatan perekonomian, bahkan pusat kegiatan pendidikan dan kebudayaan. Dengan fungsi yang beragam tersebut, tentu saja Jakarta tidak bisa lepas dari ancaman keamanan akibat kemungkinan konflik dan kerusuhan, yang berdampak pada instabilitas roda pemerintahan termasuk ancaman keselamatan Presiden dan Wakil Presiden termasuk perwakilan negara asing yang sedang bertugas di Indonesia.

Pengamanan VVIP guna mengamankan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia dan keluarganya serta membantu mengamankan tamu Negara setingkat Kepala Negara dan Perwakilan Asing yang sedang berada di Indonesia.  Untuk mencapai keberhasilan tersebut Maka Kodam Jaya/Jayakarta   berupaya meningkatkan kemampuan para prajuritnya secara profesional dan proporsional dalam melaksanakan tugas Pengamanan VVIP dan itu hanya dapat dicapai apabila Satuan-satuan yang terlibat mampu melaksanakan Prosedur teknik dan taktik Pengamanan secara tepat dan benar.

Lebih jauh Pangdam menyampaikan bahwa latihan ini merupakan kebutuhan bagi Prajurit Profesional, karena tidak ada prajurit yang profesional yang dibentuk tanpa  latihan. Hanya prajurit yang dilatih dan terlatih dengan baik, yang mampu melaksanakan tugas dengan optimal, sesuai dengan tema latihan yaitu : “Satuan jajaran Kodam Jaya Melaksanakan Pengamanan Presiden RI, Wakil Presiden RI beserta keluarganya dan Tamu Negara Setingkat Kepala Negara/Kepala Pemerintahan (VVIP) di wilayah Kodam Jaya dalam rangka mendukung Tugas Pokok TNI”.

Pelaksanaan Latihan Pratugas Pengamanan VVIP satuan jajaran Kodam Jaya TA. 2012 dilaksanakan selama 21 hari, dengan tahapan mulai dari pembekalan, latihan teknis dan taktis serta aplikasi.

Sumber : Poskota

0 komentar:

Posting Komentar