Selasa, Mei 29, 2012
0
NEW YORK-(IDB) : Meriah! Parade of sail dan parade of ships di New York 2012 yang di ikuti sejumlah kapal dari berbagai benua hadir turut menyemarakkan parade akbar dimana dalam kesempatan tersebut sejumlah kapal perang Angkatan Laut Amerika serikat dan beberapa pesawat Angkatan udaranya baik pesawat tempur dan heli kopter  turut serta dalam menyambut datangnya  kapal peserta  Ops Sail NY 2012.

KRI Dewaruci merupakan wakil satu-satunya  dari benua Asia yang hadir di NewYork  beserta 18 kapal layar lainnya . Dalam parade sail tersebut, seluruh peserta kapal layar  secara berturut-turut bergerak perlahan-lahan di awali kapal layar type A Juan Sebastian De Elcano  KRI Dewaruci, Etoile , La Belle Poule Cisne Branco,. Cuauhtemoc., Gloria , Guayas , Eagle. disusul 11 kapal layar B dan disusul kapal-kapal layar type C.

Dari beberapa kapal latih yang paling semarak adalah KRI Dewaruci,  dimana para Kadet yang turut dalam pelayaran ini melaksanakan peran parade roll  di iringi Drum Band Gita Jala Taruna  Kadet Akademi TNI AL. Parade Ops Sail  NY 2012 di ikuti juga beberapa  kapal perang Angkatan Laut  AS antara lainRoosevelt, Mitscher, willow, HMCS Iroquois, JS hirane, RFAA Argus, Wasp dan lain-lainnya.

Pelaksanaan parade Of Sail berjalan  selama 3 jam mulai jam 09.00 hingga 12.00 sepanjang alur pelabuhan kota New York melewati patung Liberty,  Sepanjang alur pelabuhan masyarakat kota New York meskipun bukan hari libur mereka  berjubel turut menyaksikan parade tersebut di tempat/ dermada yang sudah di sediakan oleh panitia maupun   di dermaga kapal- kapal layar sandar.

Seusai pelaksanaan parade of Sail, seluruh kapal bersandar sesuai dengan ketentuan dari panitia. KRI Dewaruci setibanya di dermaga Sullivans di terima oleh  Konsul Jendral RI New York  Ghafur Dharmaputra beserta  ibu, dan beberapa stafnya.  Kedatangan Konjen di KRI DWR di dampingi Atase Laut Kolonel  Laut (KH) Anwar Sa’adi beserta Ibu.

Begitu tiba di KRI DWR, Konjen RI langsung memberikan  pengarahan kepada  74 kadet Akademi TNI AL  angkatan 59 yang tergabung dalam Kartika Jala Krida 2012 USA. Mereka  terdiri dari Korps Pelaut, Supply dan Marinir. Korps Supply dan Marinir akan segera berangkat pulang ke tanah air setelah mengikuti pelayaran selama 1 bulan dan akan segera disusul kadet korps Teknik dan Electronika.


Sumber : Koarmatim

0 komentar:

Posting Komentar