Selasa, Mei 29, 2012
0
JAKARTA-(IDB) : Sebanyak 793 Taruna Akademi TNI dan Polri melakukan kunjungan ke Markas Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar), Kamis (15/7). Ke-793 taruna tersebut terdiri dari 249 Taruna Akademi Militer, 107 Taruna Akademi Angkatan Laut, 110 Taruna Akademi Angkatan Udara dan 327 Taruna Akademi Kepolisian.
Kunjungan para taruna ke Markas Koarmabar dalam rangka latihan Bhineka Eka Bhakti (BEB) Taruna Akademi TNI dan Polri Tingkat I Tahun Pelajaran 2009/2010.

Demikian siaran pers Dispen Koarmabar yang diterima Jurnal Nasional, Kamis.

Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar), Laksamana Muda TNI Marsetio mengatakan, kunjungan para taruna Akademi ini mempunyai makna yang sangat strategis.

“Kunjungan sebagai sarana silahturahmi dan komunikasi antara para pemimpin TNI dan Polri masa depan. Forum ini dapat dijadikan pembelajaran bagi para taruna untuk mengetahui secara riil kondisi dan situasi di lapangan,” kata Marsetio.

Namun yang lebih penting, menurut Marsetio, sesuai dengan topik kunjungan yaitu Bhineka Eka Bhakti maka program ini juga merupakan sarana pembinaan untuk meningkatkan solidaritas antara TNI dan Polri.

“Kunjungan taruna TNI dan Polri ini mewujudkan kader-kader prajurit dan Perwira Polri yan berkualitas dan mampu menopang NKRI yang semakin kokoh.

Sementara itu, Komandan Jenderal Akademi TNI Mayor Jenderal TNI (Mar) Nono Sampono mengatakan, kegiatan ini merupakan realisasi kurikulum pendidikan Akademik dengan tujuan untuk memberi bekal kepada para taruna agar mengetahui kondisi dan tugas satuan-satuan di jajaran TNI/Polri dengan melakukan kunjungan secara langsung.

Pada kunjungan tersebut, para taruna menerima tayangan   profil Koarmabar yang menggambarkan tentang tugas dan peran yang diemban Koarmabar dalam mengamankan wilayah perairan yang menjadi tanggungjawabnya.

Usai mengikuti kegiatan di Mako Koarmabar, para taruna yang tergabung dalam Latihan Bhinneka Eka Bhakti melanjutkan kegiatan peninjauan ke satuan-satuan di jajaran Koarmabar yang berpangkalan di Pondok Dayung serta kunjungan ke KRI yang tengah sandar di dermaga Tanjung Priok.

Di Pondok Dayung, para taruna disambut dengan demo ketangkasan para prajurit Satuan Pasukan Katak Koarmabar, seperti Combat Swimmer, Water Jump dengan melakukan lompatan dari hely ke laut, peragaan demolisi bawah air, shipboarding, display Peralatan dan Alutsista serta peragaan Tenue Kopaska.

Hadir pada acara kunjungan latihan Bhineka Eka Bhakti  antara lain Kasarmabar Laksamana Pertama TNI Didit Herdidawan, Komandan Guspurlabar Laksamana Pertama TNI Dedy Yulianto  serta Komandan Lantamal III Jakarta Laksamana Pertama TNI Iskandar Sitompul dan para pejabat teras Akademi TNI dan Koarmabar.


Sumber : Jurnas

0 komentar:

Posting Komentar