Kamis, Mei 24, 2012
0
MADIUN-(IDB) : The Dragons --kode panggilan pilot F-16 Skuadron Udara 3 TNI-AU-- terbang malam di ruang udara Pangkalan Udara Utama TNI-AU Iswahyudi, Madiun, Jawa Timur, Rabu malam (23/5). 

Bukan sekedar terbang malam mengandalkan instrumen pesawat tempur namun juga bermanuver tempur.

Bagi The Dragons, terbang malam dengan misi tempur merupakan agenda wajib yang harus dikuasai karena gangguan terhadap kepentingan nasional dari udara bisa terjadi sewaktu-waktu. Tidak peduli langit sedang cerah atau hujan lebat disertai petir; pokoknya harus siap!

Sebenarnya mereka, The Dragons, itu sudah cukup sering terbang malam namun kemahiran dan kefasihan melaksanakan misi harus terus diasah. Salah satu tantangan dalam misi tempur terbang malam adalah visibilitas yang rendah sehingga penguasaan instrumen harus bukan menjadi masalah lagi.

Dengan segenap arsenal menempel di tubuh F-16 Fighting Falcon dari Skuadron Udara 3 itu, The Dragons melaju pelan-pelan dari apron menuju taxi way, beralih ke landas pacu pangkalan udara yang paling banyak memiliki skuadron tempur TNI-AU itu. 

Mesin General Electric F110-GE-100 menyemburkan daya maksimal dengan rem mencengkeram kuat.

Setelah dinilai daya mesin sempurna, rem dilepas dan elang besi itu melaju kencang ke ruang udara Iswahyudi. Misi tempur terbang malam dimulai di tengah gelap langit Jawa Timur. 
 
Sumber : Antara

0 komentar:

Posting Komentar