Sabtu, Februari 04, 2012
0
JAKARTA-(IDB) : Komandan Gugus Tempur Laut Komando Armada RI Kawasan Barat (Danguspurlaarmabar) Laksamana Pertama (Laksma) TNI A. Taufiqoerrochman M. SE., memimpin pelayaran muhibah KRI Pati Unus - 384 dengan sandi Operasi Satuan Tugas (Satgas) MILAN 2012 tiba di Pelabuhan Port Blair India, kemarin
 
Pelayaran muhibah KRI Pati Unus - 384  tersebut, Danguspurlaarmabar Laksma TNI A. Taufiqoerrochman,M. SE., disertai Komandan Operasi Satgas MILAN 2012 Letkol Laut (P) Dafit Santoso dan Komandan KRI PTS-384 Letkol Laut (P) Eka Prabawa.

KRI Pati Unus -384 , salah satu unsur  jajaran Koarmabar Jenis Perusak Kawal  Type  Parchimmemiliki kecepatan jelajah maximum 24,00 knotstersebut terlibat dalam MILAN 2012 dengan mengikuti serangkaian kegiatan antara lain Kunjungan muhibah TNI Angkatan Laut dengan menghadirkan KRI Pati Unus – 384 ke Port Blair India.

Selain itu, bersama perwakilan dari beberapa negara peserta akan mengikuti seminar tentang ”Building Capacity Through Maritime Cooperation”, latihan bersama Angkatan Laut India(Table Top Exercise), olah raga bersama, Cocktail party, Atraksi kebudayaan dan makanan tradisional serta kirab kota dan Passex.

Dalam kegiatan tersebut ABK KRI Patiunus mewakili TNI Angkatan Laut akan menampilkan berapa kegiatan dalam rangka ikut serta memperkenalkan kebudayaan asli bangsa Indonesia dan berbagai informasi yang berkaitan dengan kekayaan dan alam Indonesia

Operasi Satgas MILAN 2012 dilaksanakan dalam rangka memenuhi undangan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) India. Selain itu, kegiatan  tersebut dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kerjasama dan mempererat hubungan baik Angkatan Laut India dan Angkatan Laut Indonesia maupun kedua negara yang telah terbina selama ini. 

Pelayaran KRI Pati Unus-384 menuju Port Blair India telah di laksanakan sejak minggu 22 Januari 2012 dengan rute Jakarta – Tanjung Uban – Sabang – Port Blair – Belawan - Tanjung Uban – Jakarta. Personel yang terlibat dalam Satgas MILAN 2012 ini berjumlah lebih dari 100 personel  KRI dan Staf Satgas MILAN 2012.

Selama melaksanakan kegiatan operasi lintas laut di perairan Sabang sampai dengan perbatasan perairan Indonesia dengan India melaksanakan  kegiatan patrol keamanan laut dalam rangka menegakkan hukum dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sumber : Koarmabar

0 komentar:

Posting Komentar