Senin, November 07, 2011
1
BOGOR-(IDB) : Lapan menyelenggarakan Workshop Program Roket Nasional, 2 dan 3 November 2011, di Hotel Novus Puncak, Cipanas, Bogor, Jawa Barat. Acara dihadiri Kepala Lapan Drs. Bambang Tedjasukmana S., Deputi Relevansi dan Produktivitas Iptek Kementrian Ristek, Dr. Teguh rahardjo, Deputi Teknologi Kedirgantaraan raan, Prof. Dr. Soewarto Hadienata, Sekretris Utama LAPAN Drs. Sri Kaloka P, perwakilan dari UI, ITS, UNS, UGM, ITB, PT. KRAKATAU STEEL, PT. Tri Axis, BPPT, LIPI, BATAN, PT PINDAD, PT DAHANA, perwakilan dari Negara Ukraina, para Kepala Pusat LAPAN, dan Para peneliti LAPAN.
 
Agenda workshop menitikberatkan pada Program Roket RX 550 Nasional Jarak jangkau 200 Km, dengan tema Identifikasi tantangan, harapan, dan strategi pengembangan Roket nasional menuju penguasaan teknologi peroketan yang terarah dan terintegrasi.

Dalam sambutannya, Kepala LAPAN menyampaikan tentang Visi dan Misi Pengembangan Roket LAPAN hingga 2014. Ia mengatakan, "Pengembangan roket secara dasar sudah kami kuasai namun meski demikian, jika kemampuan peroketan secara nasional cukup bagus, maka pengembangan roket pun akan lebih cepat". "Karena itu, kami mengharapkan kepada para Narasumber dari instansi terkait untuk memberikan masukan dalam membangun peroketan, apa-apa saja yang akan dikerjakan dalam beberapa tahun mendatang," pintanya.

Lebih lanjut, Ia mengatakan akan membangun roadmap peroketan nasional berdasarkan kemampuan yang ada, dan akan mulai mengeksplorasi informasi dari narasumber untuk membantu dalam membangun roadmapknowledge, dan know how di dalam suatu analisa sistem. yang tepat. Ia menambahkan, pembangunan peroketan terdiri dari berbagai kegiatan yang cukup rumit, diperlukan berbagai pengetahuan, 

Ia berharap workshop ini dapat menyusun roadmap peroketan yang tepat, untuk itu dibutuhkan suatu perencanaan yang matang sehingga performance peroketan kita ke depan sudah sesuai dengan standar yang dibutuhkan, dan sesuai target yang hendak dicapai. Jadi apa yang dikerjakan oleh Lapan sekarang ini pada dasarnya akan diperkuat oleh pengembangan kemampuan secara nasional.

Kegiatan ini dibagi dalam dua agenda, pertama pemaparan tentang Kebijakan strategi dan Komitmen Pemerintah dalam Pembangunan Iptek Roket, oleh Deputi Relevansi dan Produktivitas Iptek Kementrian Ristek, Dr. Teguh rahardjo. Pemaparan tentang Strategi Pengembangan Roket Nasional oleh Deputi Teknologi Kedirgantaraan Lapan, Prof. Dr. Soewarto Hadienata. Serta pemaparan tentang Tantangan dan Harapan Roket RX550 oleh Ka Pustek Roket Lapan, Ir. Yus Kadarusman Markis. Presentasi berikut oleh perwakilan Ukraina,tentang Benefit and Problem in Roket Technology Transfer with Ukraina.

Sedangkan agenda kedua adalah Focus Group Discussion yang dibagi dalam tiga kelompok bidang, yakni Bidang Struktur dan Material, Bidang Mekatronika dan Kontrol, dan Bidang Sistem Propulsi dan Propelan.

Sumber : Lapan

1 komentar: