Kamis, September 08, 2011
0
SURABAYA-(IDB) : Gubernur Akademi Angkatan Laut Laksamana Muda TNI Ade Supandi secara resmi menerima tongkat komando Panglima Armada RI Kawasan Timur dari pejabat sebelumnya Laksamana Muda TNI Bambang Suwarto.

Upacara serah terima jabatan Pangarmatim dipimpin langsung Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Suparno di Dermaga Koarmatim, Ujung, Surabaya, Rabu.
Pada kesempatan itu juga diserahterimakan jabatan Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL), dari Laksda TNI Ade Supandi kepada Laksamana Pertama TNI Agus Purwoto yang sebelumnya menjabat Wakil Asisten Operasional Panglima TNI.

Hadir dalam upacara tersebut, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Gatot Nurmantyo, Kapolda Jatim Irjen Pol Hadiatmoko, mantan KSAL Laksamana (Purn) Bernard Kent Sondakh, dan sejumlah petinggi TNI.

Laksda TNI Bambang Suwarto yang menjabat Pangarmatim sejak Juni 2010, selanjutnya mendapat tugas baru sebagai Direktur Jenderal Kekuatan Pertahanan Kementerian Pertahanan.

Sedangkan Laksda TNI Ade Supandi yang alumnus AAL tahun 1983, masa dinasnya banyak dihabiskan di lingkungan Koarmatim dan pernah menjabat beberapa posisi strategis, antara lain komandan sejumlah kapal perang, Komandan flotkor Koarmatim dan Komandan Kolatarmatim hingga terakhir sebagai Gubernur AAL.

Menurut KSAL, pergantian pucuk pimpinan komando diharapkan bisa menciptakan suasana baru di lingkungan Koarmatim dan AAL, sekaligus penyegaran untuk melahirkan ide-ide baru yang kreatif dan inovatif untuk menyongsong tuntutan ke depan yang semakin komplek.

"Memasuki abad ke-21, Indonesia sangat membutuhkan kekuatan TNI AL yang handal dan tangguh untuk mengawal wilayah NKRI, karena posisi geografis Indonesia yang sangat strategis," katanya.

Laksamana Suparno menambahkan, tugas dan tanggung jawab TNI AL di masa depan semakin berat dan komplek, sehingga dibutuhkan profesionalisme yang tinggi dari para prajurit.

Upacara sertijab Pangarmatim dan Gubernur AAL yang berlangsung sederhana, dimeriahkan beberapa atraksi ketangkasan dari prajurit TNI AL serta defile pasukan.

Sumber: Antara

0 komentar:

Posting Komentar