Senin, Agustus 01, 2011
0
SELAT SUNDA-(IDB) : Kapal induk USS George Washington beberapa waktu silam berada di perairan Indonesia, tepatnya di sekitar Selat Sunda, Jawa Barat. Reporter Louisa Kusnandar bersama kamerawan Andika Rachman mendapat kesempatan mengunjungi kapal induk bertenaga nuklir itu.

Bagian kapal yang dikunjungi antara lain pendaratan pesawat. Lebih dari 50 pesawat setiap hari lepas landas dan mendarat di area ini. Pesawat yang akan lepas landas atau mendarat dikontrol di ruang flight deck operations. Ada 57 pesawat dan setiap pesawat memiliki warna masing-masing.

Pesawat berwarna kuning tandanya pesawat sedang lepas landar. Sementara pesawat berwarna ungu dan merah adalah pesawat yang akan segera lepas landar.

Di kapal ini juga terdapat ruangan combat direction centre. Di ruangan ini, para militer Angkatan Laut Amerika Serikat akan memantau apa yang sedang terjadi baik di udara maupun di bawah lautan.

Tim Liputan 6 SCTV juga berkesempatan melihat ruangan navigasi kapal. "Kapal ini bisa mengangkut 100.000 ton air, dan 5.000 pria serta wanita. Flight deck sepanjang 4.5 acres dan kami mengangkut sekitar 75-85 pesawat," kata Capt David A. Lausam, Kapten USS George Washington.

Perjalanan pun berakhir di atas yang menjadi kebanggaan Amerika itu. "Terima kasih Anda telah mengunjugi Kapal USS George Washington. Saya, Kapten Lausman melaporkan." Lousa dan Andika pun kembali ke Jakarta menggunakan kapal jet.

Sumber: SCTV

0 komentar:

Posting Komentar