Selasa, Agustus 02, 2011
0
TEHRAN-(IDB) : Kapal perang Angkatan Laut Republik Islam Iran berhasil menggagalkan empat kali upaya penyerangan perompak asal Somalia atas kapal komersial Iran di Laut Merah.
 
Pada hari Senin (1/8/2011), kapal kargo, Hadis, yang melewati rute dari Laut Merah ke Aden, diserang empat kali oleh bajak laut. 15 kapal perang Iran langsung menyelematkan kapal dengan gerakan yang jitu dan efektif. Demikian dilaporkan Kantor Berita Mehr.

Kapal-kapal Angkatan Laut Iran melakukan patroli anti-pembajakan di Teluk Aden sejak November 2008 untuk melindungi kapal-kapal perdagangan, khususnya tanker minyak Iran.
Sebelumnya, Angkatan Laut Iran berhasil menyelamatkan kapal tanker minyak, Hoda, dari serangan sekelompok bajak laut di Selat Bab el-Mandeb.

Perairan di lepas pantai Samudra Hindia Somalia dianggap paling berbahaya karena rentan pembajakan laut. Teluk Aden yang menghubungkan Samudera Hindia ke Terusan Suez dan Laut Mediterania adalah rute tercepat bagi perjalanan antara Asia, Eropa dan Amerika. Rute ini dilewati 20.000 kapal setiap tahunnya.

Namun, serangan perompak Somalia bersenjata berat yang seringkali menggunakan speedboat, mendorong perusahaan-perusahaan terbesar di dunia beralih rute dari Terusan Suez. Namun rute lain tentunya akan menyedot dana yang lebih besar. 

Sumber: Irib

0 komentar:

Posting Komentar