Senin, Juli 25, 2011
0
Ahmadinejad (kiri) dan Hujintao
TEHRAN-(IDB) : Presiden Republik Islam Iran, Mahmoud Ahmadinejad, mengucapkan selamat kepada sejawatnya asal Cina atas peringatan tahun ke-40 dimulainya hubungan diplomatik kedua negara. 

Hal itu dikemukakan Ahmadinejad dalam pesan tertulisnya kepada Presiden Cina, Hu Jintao, Ahad (24/7) dan mengharapkan perluasan kerjasama Tehran-Beijing. 

Dalam bagian pesannya itu, Ahmadinejad menyatakan, "Saya ingin menyampaikan ucapan selamat tulus kepada Anda dan pemerintah negara Anda atas peringatan tahun ke-40 dimulainya hubungan diplomatik antara Republik Islam Iran dan Republik Rakyat Cina." 

Ahmadinejad juga menyatakan bahwa pihaknya yakin kerjasama bilateral kedua negara akan lebih kokoh mengingat hubungan Iran-Cina berdasarkan kesepahaman timbal balik dan sangat menguntungkan kepentingan kedua bangsa. 

Awal Juli lalu, Iran dan Cina juga menggelar sebuah acara peringatan tahun ke-40 usia hubungan diplomatik kedua negara. Acara yang berlangsung di Tehran itu, dihadiri oleh para pejabat tinggi kedua negara termasuk Wakil Presiden Iran, Mohammad-Javad Mohammadizadeh dan pejabat senior di Partai Komunis Cina, He Quiqiang. 

Iran dan Cina memulai hubungan diplomatik pada 16 Agustus 1971. 

Saat ini, Iran merupakan negara ketiga terbesar penyuplai minyak mentah ke Cina yang mencapai 12 persen dari total konsumsi minyak mentah Negeri Tirai Bambu itu. 

Adapun berbagai laporan menunjukkan bahwa tingkat perdagangan Iran-Cina mencapai 30 milyar USD pada tahun 2010.

Sumber: Irib

0 komentar:

Posting Komentar