Senin, Juli 25, 2011
0
KENDARI-(IDB) : Setelah berlayar selama kurang lebih 22 jam dari pelabuhan Murhum Kota Bau-bau, KRI dr. Soeharso-990 yang membawa Satgas Surya Bhaskara Jaya ke-60 tahun 2011 tiba di dermaga Pelabuhan Nusantara, Kota Kendari, Minggu (24/7). KRI dr. Soeharso-990 merapat di dermaga disambut dengan merplug (jajar kehormatan menyambut kapal perang) dari personel Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kendari.

Setelah merapat di dermaga, Komandan Satgas SBJ LX/2011 Kolonel Laut (P) Budhiyanto, Wadan Satgas Kolonel Laut (K) dr. IDG Nalendra DI, Sp.B, Sp.BTKV(K) dan Komandan KRI dr. Suharso Letkol Laut (P) Ari Widyatmoko disambut dengan pengalungan kain tenun khas Tolaki, Kendari dan tarian Mondotambe, sebuah tarian adat penjemputan tamu. Kemudian pimpinan Satgas diterima oleh Asisten III Pemerintahan Kota Kendari Drs. H. Halili, Kadiskes Provinsi Sultra Drs. Amin Yohanes, Muspida Kota Kendari, Komandan Lanal Kendari Kolonel Laut (P) Yuwono serta ibu-ibu Jalasenastri Lanal Kendari.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan bahan kontak secara simbolis dari Komandan Satgas SBJ LX/2011 kepada Asisten III Pemkot Kendari berupa 500 bibit pohon trembesi, buku-buku pendidikan, seragam sekolah, makanan khusus bayi dan peralatan olah raga. Kemudian rombongan menuju geladak C KRI dr. Soeharso untuk meninjau fasilitas kesehatan yang ada diatas kapal rumah sakit tersebut.

Kendari adalah daerah sasaran terakhir, sebelumnya adalah Kab. Pinrang (Sulsel), Prov. Gorontalo, Kab. Banggai Kepulauan (Sulteng), Kab. Wakatobi (Sultra) dan Kota Bau-bau (Sultra). Rencana kegiatan bhakti kesehatan di Kota  Kendari berupa  pengobatan umum, gigi dan khitanan massal akan dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Abu Nawas Kendari dan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Kendari. Untuk tindakan operasi seperti operasi THT, operasi katarak, bibir sumbing, tumor, hernia, kandungan, vasektomi, tubektomi dan lain sebagainya akan dilaksanakan di KRI dr. Soeharso-990. Kegiatan ini bekerja sama dengan Dinas Kesehatan & BKKBN Provinsi Sultra dan Pemkot  Kendari, juga dibantu 15 Remaja Saka Bahari Binaan Lanal Kendari yang berasal dari berbagai Sekolah Menengah Atas maupun Pertama di Kota Kendari.

Sedangkan kegiatan bhakti sosial di Kendari adalah renovasi Gereja Protestan Indonesia bagian Barat (GPIB) Sumber Kasih dan Gereja Oikumene di kelurahan Kandai Kota Kendari serta renovasi Masjid Baitul Makmur di Desa Bojoe Indah, Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara yang dikerjakan oleh prajurit Batalyon Zeni Karang Pilang Surabaya dan kegiatan penyuluhan hukum, bela negara serta penyuluhan kesehatan bagi masyarakat setempat.

Seperti diketahui bahwa sampai saat ini Tim Kesehatan SBJ LX/2011 sudah menangani lebih dari 6.700 pasien dengan berbagai penyakit, termasuk pelayanan kesehatan di kota Bau-bau yang mencapai 1.650 pasien dalam kegiatan pengobatan gratis ini.

Sumber: Koarmatim

0 komentar:

Posting Komentar