Jumat, Juni 17, 2011
0
JAKARTA-(IDB) : TNI dan Angkatan Bersenjata Filipina (The Armed Forces of the Philippines) sepakat akan terus meningkatkan hubungan kerjasama militer yang telah terjalin dengan baik selama ini, demikian dikatakan Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E. saat menerima kunjungan kehormatan Panglima Angkatan Bersenjata Filipina General Eduardo San Lorenzo Oban, Jr., AFP di Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur, Selasa (14/6/2011).

Sebelumnya Panglima Angkatan Bersenjata Filipina menerima jajar kehormatan di Plaza Mabes TNI Cilangkap. Adapun maksud kunjungan kehormatan ini terutama untuk bersilaturahmi dan memperkenalkan diri karena General Oban merupakan Panglima Angkatan Bersenjata Filipina yang baru. 

Pembicaraan kedua Panglima Angkatan Bersenjata pada pertemuan tersebut berkisar pada kerja sama militer yang telah berlangsung selama ini, baik di bidang pendidikan dan latihan maupun operasi khususnya patroli terkoordinasi di perairan perbatasan kedua negara. Termasuk membahas keterlibatan militer dalam penanganan korban bencana alam yang sering terjadi di negara masing-masing. Pada akhir pertemuan, kedua Panglima AB bersepakat untuk terus melanjutkan dan meningkatkan program kerjasama militer berupa pertukaran kunjungan, pendidikan dan latihan serta Service to Service (Army, Navy and Air Force) Talk  atau Armed Forces to Armed Forces Talk.

General Oban merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara Filipina tahun 1979 dan diangkat menjadi Pangab Filipina sejak Maret lalu. Dalam kunjungan tersebut, General Oban didampingi Panglima Komando Mindanao Timur Letnan Jenderal Arthur I Tabaquero dan Athan Filipina Captain (Navy) Rafael G. Mariano.

Sedangkan Panglima TNI didampingi oleh Kasum TNI Letjen TNI J. Suryo Prabowo,S.IP., Wakasad Letjen TNI Budiman, Wakasal Lakdya TNI Marsetio, MM, Wakasau Marsdya TNI Dede Rusamsi, Asintel Panglima TNI Mayjen TNI Tisna Komara W., S.E., Kabais TNI Laksda TNI Soleman B. Ponto,S.T., dan Kapuspen TNI Laksda TNI Iskandar Sitompul, S.E.

Setelah pertemuan tersebut, Panglima Angkatan Bersenjata Filipina didampingi oleh Panglima TNI melanjutkan kunjungan kehormatan ke Menteri Pertahanan RI di Kementerian Pertahanan. Direncanakan, General Oban juga akan mengunjungi PT. Pindad dan PT. DI di Bandung esok harinya.

Sumber: Seruu

0 komentar:

Posting Komentar