Jumat, Juni 17, 2011
0
TEHRAN-(IDB) : Republik Islam Iran berencana untuk meluncurkan roket pembawa satelit baru buatan dalam negeri, Kavoshgar 5 (Explorer5) ke luar angkasa dalam waktu dua bulan, kata kepala Badan Antariksa Iran (ISA).

"Langkah selanjutnya kami akan meluncurkan Kavoshgar 5 ke luar angkasa dengan berat 285 kilogram dan ketinggian 120 kilometer suborbital," ujar Hamid Fazeli seperti dikutip IRNA pada hari Rabu (15/6).

Pada Maret 2010, Iran berhasil meluncurkan roket Kavoshgar 4, yang mampu mengirim satelit dan membawa makhluk hidup ke luar angkasa.

Seraya menyatakan bahwa Iran akan meningkatkan kegiatan ruang angkasanya, Fazeli menuturkan, beberapa satelit juga akan ditempatkan ke orbit mulai saat ini hingga Maret 2012.

Sebagai bagian dari rencana untuk mengembangkan program ruang angkasa, Iran berhasil meluncurkan satelit kedua, Rassad (Observasi) ke orbit bumi kemarin. Misi satelit Rassad adalah mengambil gambar permukaan bumi dan mengirimnya ke stasiun bumi bersama dengan informasi telematika.

Iran termasuk salah satu dari 24 negara anggota pendiri Komite Damai Penggunaan Antariksa PBB, yang diresmikan pada tahun 1959.

Sumber: Irib

0 komentar:

Posting Komentar