Senin, Mei 02, 2011
0
JAKARTA-(IDB) :  Pemerintah Indonesia akan melakukan koordinasi dengan Pemerintah Singapura untuk pembebasan Kapal MT Gemini yang membawa 13 WNI yang dibajak perompak Somalia sejak Sabtu (30/4).

"Benar, ada kapal berbendera Singapura dari 25 ABK (anak buah kapal), 13 diantaranya Warga Negara Indonesia. Kita akan koordinasi dengan Singapura, sehingga kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan harus seizin Pemerintah Singapura untuk keterlibatan bersama-sama membebaskan sandera," kata Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono di Jakarta, Senin (2/5).

Ia mengemukakan, upaya pembebasan kemungkinan akan dilakukan oleh Satuan Tugas TNI yang melakukan operasi militer di Somalia. Dalam operasi militer pembebasan kapal Indonesia MV Sinar Kudus di Somalia, TNI mengerahkan satu kapal LPD, dua kapal fregat, satu helikopter dan pasukan khusus yang terdiri atas unsur marinir, kopassus, dan kostrad.

Pemilik Kapal MT Gemini, Glory Ship Management yang berbasis di  Singapura menyatakan Kapal MT Gemini direbut para perompak, Sabtu pekan lalu (30/4), sewaktu kapal tersebut berlayar menuju kota pelabuhan Mombasa, di Kenya.

Pihak manajemen perusahaan itu menyatakan perompak merebut Kapal MT Gemini yang berawak, diantaranya, 13 WNI, lima warga Tiongkok, empat warga Korea Selatan dan tiga warga negara Myanmar.

0 komentar:

Posting Komentar