Sabtu, April 16, 2011
0
MOGADISHU-(IDB) : Sebuah kapal pengangkut aspal yang berbendera Panama dibebaskan oleh perompak Somalia setelah mereka menerima uang tebusan, namun perompak juga tetap menahan beberapa orang awak kapal tersebut, kata perompak dan seorang pejabat maritim.  Kapal MT Asphalt Venture dengan berat mati 3.884 ton itu ditahan perompak pada 29 September tahun lalu ketika sedang menuju kota pelabuhan Durban, Afrika Selatan, dari Mombasa, Kenya, dan membawa 15 orang awak, seluruhnya warga negara India.

Perompak mengatakan, mereka membebaskan kapal itu setelah menerima uang tebusan 3,6 juta dolar, namun hal ini tidak bisa dikonfirmasi secara independen.

"Kami telah menerima 3,6 juta dolar pada pagi ini bagi pembebasan tanker itu," kata seorang perompak yang menyebut dirinya sebagai Ahmed.

"Kapal itu telah berlayar menjauh namun kami menahan beberapa orang awak India-nya karena pemerintah India saat ini menahan orang-orang kami. Kami ingin pemerintah India membebaskan orang-orang kami dan kami membebaskan warga negara mereka," tambahnya.
Kapal itu dikelola oleh Omci Ship Management Pvt yang berkantor di Mumbai dan dimiliki oleh Bitumen Invest AS, Uni Emirat Arab.

Andrew Mwangura, redaktur maritim Somalia Report, mengatakan, kapal itu telah dibebaskan namun terhenti di jalan karena gangguan teknis setelah memulai pelayaran.

"Kapal itu telah pergi namun mogok di jalan. Perompak tidak lagi menahan kapal itu," kata Mwangura, yang berkantor di daerah pelabuhan Mombasa, Kenya.

Perompakan meraja-lela di lepas pantai Somalia, yang mengacaukan jalur pelayaran antara Eropa dan Asia, membuat awak dan kapal terancam bahaya serta mendorong beaya asuransi bagi perusahaan perkapalan.

PBB memperingatkan, perompak Somalia menjadi semakin berani dan tetap mendahului pasukan angkatan laut internasional yang berusaha mengakhiri pembajakan di kawasan perairan itu.

Pada 2009, perompak Somalia menyerang lebih dari 130 kapal dagang di lepas pantai Somalia, naik lebih dari 200 persen dari tahun 2007, menurut Pusat Pelaporan Perompakan Biro Maritim Internasional di Kuala Lumpur.

Perompak yang beroperasi di lepas pantai Somalia meningkatkan serangan pembajakan terhadap kapal-kapal di Lautan India dan Teluk Aden meski angkatan laut asing digelar di lepas pantai negara Tanduk Afrika itu sejak 2008.

Kapal-kapal perang asing berhasil menggagalkan sejumlah pembajakan dan menangkap puluhan perompak, namun serangan masih terus berlangsung.

Perairan di lepas pantai Somalia merupakan tempat paling rawan pembajakan di dunia, dan Biro Maritim Internasional melaporkan 24 serangan di kawasan itu antara April dan Juni tahun 2008 saja.

Angka tidak resmi menunjukkan 2009 sebagai tahun paling banyak perompakan di Somalia, dengan lebih dari 200 serangan -- termasuk 68 pembajakan yang berhasil -- dan uang tebusan diyakini melampaui 50 juta dolar.



Sumber: Seruu

0 komentar:

Posting Komentar