Minggu, Juli 21, 2013
61
JAKARTA-(IDB) : Biaya sebesar 63 juta dolar Australia yang harus dikeluarkan Indonesia untuk hibah empat pesawat Hercules C-130 type H dari Australia, menimbulkan pertanyaan besar bagi masyarakat.
 
Penyebutan hibah ini diduga kamuflase untuk menutupi pembelian pesawat yang sudah tua.

"Pemerintah harus menjelaskannya (biaya hibah). Dan kami sudah minta untuk memanggil Kemhan, karena hal ini menyangkut penggunaan anggaran yang harus lebih dahulu disetujui DPR," kata Anggota Komisi I DPR RI, Helmi Fauzi, Minggu (21/7).

Seperti diketahui, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pertahanan dan Australia telah menandatangani acara serah terima hibah empat pesawat Hercules C-13 tipe H.

Pesawat yang sudah dipensiunkan Angkatan Udara Australia (Royal Australian Air Force) akan didatangkan secara bertahap mulai Oktober 2013 hingga Desember 2014 mendatang.

Kementerian Pertahanan sendiri mengakui, Indonesia merogoh kocek sebesar 63 juta dolar Australia. Biaya mencakup pemeliharaan tingkat berat, teknisi, pelatihan pilot hingga pengecatan pesawat.

Komisi I DPR cukup tersentak atas adanya biaya pada hibah pesawat tersebut lantaran pemerintah sama sekali belum pernah menjelaskannya.

Helmy menyatakan, jika pesawat itu hibah, seyogianya bebas biaya. Namun, jika keempat pesawat tua itu dibeli, maka Kemhan dan TNI harus jujur dan transparan.

Apalagi, peremajaan keempat pesawat tidak memberdayakan industri pertahanan dalam negeri yang sudah memiliki sumber daya manusia berklasifikasi internasional.

"Pemerintah kok aneh. Ingin memajukan industri pertahanan tapi implementasinya bertolak belakang. Lebih senang pesawat tua," sindir Helmy.

DPR sendiri memang meminta pemerintah menambah alutsista TNI, namun bukan pengadaan pesawat yang sudah sangat tua. 






Sumber : BeritaSatu

61 komentar:

  1. menhan sukanya beli bekas, kalau baru beli pesawat boeing kepresidenan, semuanya tepat utk persiapan pemilu 2014

    BalasHapus
  2. kali ini ane setuju sama DPR, Mulai sekarang tolak segala bentuk HIBAH toh akhirnya ujung2nya duit juga DIBELI JUGA. Kita dibodohi BARAT pesawat tua ko di beli masih mending sedikit tapi baru daripada TUA esok lusa JATUH.
    kaya NEGARA PENGEMIS MAUNYA DIKASIH HIBAH AJA.
    sorry bro Sindiran

    BalasHapus
  3. Gw jg heran dgn pihak kemenhan.. kbnyakn pngadaan alutsista dari luar negri slalu hibah,bekas,+ biaya lain2.. ada yang tau..???

    BalasHapus
  4. Itulah pemimpin RI yg selalu mengatasnamakan hibah dan bodohnya ya itu.
    DPR yg hanya duduk,knapa bru skrg dipertanyakan padahal upgradenya sdh berjalan.
    Jgn 2 cuma alibi doang.
    KPK USUT PENGADAAN ALUSISTA SAMPAI KE PRESIDEN.
    Smuanya itu tanggung jawab presiden,jika para bawahannya tidak sesuai dgn prosedur

    BalasHapus
  5. Beli baru cukup duitnya? Logikanya gini aja, ente2 semua diberi motor ϑªή mobil bekas gratis, yang namanya barang bekas pasti butuh byk perbaikan agar kinerjanya bagus, klo ngk mau diperbaiki ya terima apa adanya ϑªή jgn harap larinya minimal mampu mengimbangi yg baru.

    BalasHapus
  6. kalo yg namanya hibah mah udah gratis tok, termasuk biaya peremajaan, teknisi dsb, kalo bayar ya sama aja beli,
    yg herannya barang hibahan mesti di rombak total kok masih mau nerima? jmlahny dikit pula, kalo f16 masih mending scr kuantitas masih lumayan walau keluar biaya juga

    BalasHapus
  7. ilustrasi ajah.. ane punya mobil ane hibahin ke ente nah masalah rusak, bobrok, mau ente benerin lage ya terserah ente mau sukur gak mau ya udah.. bukan nya harus di benerin nya di australi juga itu mah sama aja jual barang .. daripada di buang ane jual murah ya sebutan nya jual murah bukan hibah...

    BalasHapus
  8. logikanya gini gan...bekas pun asal barang....rombengan gak apa,meski gak mutu asal ada....kabuuuur

    BalasHapus
  9. Mau hibah apa baru ga masalah gan.. Yang penting ane dapet KOMISI GAN.. ANAK BINI BISA MAKAN..

    MENTANG2 TAUN DPAN DAH GA BISA NYALON LAGE.. NGERUSAK NEGARA SKARANG.. CACAT OTAKNYA...

    BalasHapus
  10. setubuh gan ano 3.49, bener ini mah sama aja jual murah bukan hibah namanya, kalo hibah bebas dong mau benerin dimana aja, lha ini knp mesti di australi juga benerinnya? knp gk berdayakan industri dalam negeri?

    BalasHapus
  11. Begini bro.... pesawat yang 4 itu memang sudah di grounded di australi dan sudah jadi kanibal untuk operasional 6 unit lainnya yang masih aktif disana, jadi ya sudah ga bisa terbang. Kalo ane lebih setuju beli aja yang baru walaupun cuma sedikit. Karena resikonya kita bisa kehhilangan pilot terbaik kita bukan di medan perang tapi hanya di misi latihan doank...

    BalasHapus
  12. Makanya belajar lg hibahnya murni atau hibah bersyarat??? Kan ada 2 macam pak dpr!!! Terus dpr juga gak salah bos kan tugasnya menganggarkan saja eksekusinya ya eksekutif!!

    BalasHapus
  13. tepat nya bukan pesawat tua pak , tapi pesawat rongsokan, yg di negara nya gak kepake , klo disini udah buat bancakan tukang besi tua.. positif nya semoga pilot dan awak nya klo naik tambah khusuk doanya

    BalasHapus
  14. Hobinya barang rongsok kok suka ngledek negara tetangga yg suka beli barang baru..??,TNI PARAHH..!!

    BalasHapus
  15. Gila gan, ini gwa ada berita kemungkinan benar adanyaaa....

    "AUSTRALIA JUAL HERCULES BEKAS KE INDONESIA, Ehhhh UANGNYA MEREKA BELIKAN UNTUK C-70 SPARTAN YANG BARU PULA, GILA NGGAK THU GAN...."

    Waduhhhh bener2 parah nih Pak Menhannnn..... Yang bener dong kalo beli Alutsista, jangan mau di bodohin sama permainan2 bangsa Barat

    BalasHapus
  16. tokokuka.com

    DVD Tutorial, Peralatan Komputer, Sepatu dan Batik Bola.
    Koleksi terlengkap dari kami untuk anda :*.

    baroinfo.com

    Info info unik, fresh, hot untuk kita semua.

    BalasHapus
  17. Buat agan2x yang menghujat....
    tolong dipikirin lagi Gan.... Emang negara kita masuk klasifikasi negara kaya...???? hellooo.....
    TNI tuh punya target gan buat menuhin alutsista secara "kwantitas" yang bisa OPTIMAL dengan uang ala kadarnya... nah gini gan biar enak mikirnya :
    di ibaratkan dengan agan aja deh.... Misal agan punya peluang usaha yang butuh "kendaraan" (misal pick up/truck) "minimal" sejumlah 4 buah, tapi duit cuma punya 120 juta di tangan gan... buat beli baru aja cuma dapet satu gan padahal butuhnya 4 biji.
    Nah kebeneran ada yang mau "kasih" 4 biji kendaraan yg sama beda taon doang kondisi pisik masih bagus gan, tapi ga bisa jalan dan butuh perbaikan biar bisa dipake normal lagi, itung punya itung harga perbaikan sama dengan harga (bahkan lebih murah dikit) dgn kalo beli baru 1 biji, saratnya mesti dibenerin dulu sama penjualnya....
    Nah kalo kayak gitu agan milih mane gan....???

    Maksud ane disini Gan.... jangan terlalu banyak cing cong deh kalo cuma jadi penonton doang... yang ada cuma bikin rusuh/recokin kerjaan orang aja....

    Duduk aja yang manis Gan... kita nonton sama2x ending nya kayak gimana.. Okeh....

    Pisss...

    BalasHapus
  18. pengambil kebijakan negara ini memang kalo soal beli barang2 militer kadang suka tolol ah.. beli super pesawat tucano aja kontrak nya bisa salah gak ada garansi nya... kayak yg baru pertama kali beli barang aja bego...

    BalasHapus
  19. ano 11;18
    bukan nya banyak cing cong gan,,,pejabat2 negara ini mah gak bisa di diemin aja.. udah di cerewetin,, di ejek2,, ampe di demo juga aja ama rakyat nya masih aja gak bener kebijakan2 nya apalagi di diemin aja ya udah tambah aneh2 lage kebijakannya... emang nya ente mau duit ente yg untuk buat bayar pajak bumi dan bangunan, bayar pajak kendaraan bermotor, bayar pajak beli barang, obat, makananan dll yg kena ppn10% ntu di pake buat di beliin hal yg aneh2 ama pejabat2 negara ini dan ente cuman diem aja... kalo ane sih ogah gan wajar lah kalo protes..

    BalasHapus
  20. Dari pada uang di korupsi lebih baik beli aja begitu aja kok repot

    BalasHapus
  21. Dari pada uang di korupsi lebih baik beli aja begitu aja kok repot

    BalasHapus
  22. beli barang sih beli barang cuman uang nya jgn di beliin barang yg asal2 lan dong... udah uang cuman sedikit di beliin barang bobrok pula...

    BalasHapus
  23. Pada koplak otak nya. Namanya hibah barang bekas sudah pasti ada kerusakan. Dan australia mau beli yg model baru. Kalau nga di reparasi / di perbaiki di sana mana Bisa Terbang GOBLOK. Kl tdk di perbaiki yg urgent bisa jln di landasan aja sdh syukur. Mau terbang ke laut?...... Mau sampai ke PT. Di pakai odong odong hawanya. Dasar anggota Hewan pd mau minta komisi aja.

    BalasHapus
  24. Buat agan Ano 11.39..
    Maapin gan kalo kesannya ada pembiaran utk pejabat melakukan korupsi dlm komentar ane...
    Ane cuman mau "berprasangka" baik aja seh sebenenya.. karena menurut ane (sekali lagi nih ye menurut ane) Kemenhan yg sekarang udh agak lurus lah dari faktor pengadaan gan dibandingan sma kemenhan rejim2x sebelomnya...
    walaupun bukan jadi patokan bahwa setiap pengadaan sekarang sudah G to G.. ini penting gan... udah kagak ada broker... dan lagi mata pengawas nya sekarang buanyak bgt gan, dan pada berani ngomong semuah mulai dari KPK, BPK, Irjen, depKeu dll lah...
    beda sama dulu... nah yg skrg betingkahnya tuh anggota Hewan Gan.. dulu pan die diem aje tuh.. skrg belagu dah pada....
    Begitu Gan....
    Oh iya td baru abis gogling di wiki ternyata harga C 130 H (yg short body) harganya usd 34 juta standar kalo yang AC 130 (long body) persis yg dikasih ke TNI AU harga standarnya usd 64 juta sebiji....

    BalasHapus
  25. Kenapa gengsi dgn barang bekas......... Bukan hanya kita aja yg beli bekas. Banyak negara jg beli bekas walau mereka mampu. Contoh Leo jerman banyak negara yg beli bekas ( kanada, singapur, dll ). Negara kita skrg kebebasan yg seperti Hewan. Asal ngomong. Megawatt bl sukhoi bekas. Jenis SK klasik paling rendah / basic. Bj Habiebi bl kpl ex jerman Timur. Bersyukurlah adq penambahan Alutsista mesti bekas.

    BalasHapus
  26. kalo gw sih setuju2 aja soal nya emang negara ini alutsista nya dalam hal jumlah masih kurang banget untuk ngejaga negara yg luas nya segini gede nya... pengen nya sih banyak and baru tapi ya gemana duit nya ngepas... tapi kalo di itung2 yg beli seken kan cuman kapal eks jerman,, f 16 ama hercules doang... yg laen kayak kcr, lst, changbogo, sukhoi, t50i, tucano,grob, atgm, leopard, marder, howitzer, astros, tarantula, anoa, komodo, rudal arhanud, c705, yakhont dll pada baru kok...

    BalasHapus
  27. Jaman reformasi kontrol rakyat, kebebasan mengeluarkan pendapat sangat dominan. Tetapi jangan sampai kebablasan dong. Ini komentar dan kritik sudah bukan ciri demokrasi Indonesia yang santun lagi tapi sudah dimuati prasangka, kebencian dan hujat. Orang Barat demokrasinya nggak gitu-gitu amat tuh ... Kalau gini caranya bagaimana mau maju kita?
    Coba lihat dari kacamata positip deh ... kalau TNI beli alutsista semua baru dan semua dari negara NON BARAT, ... kalau suatu hari PAPUA, AMBON, SULAWESI UTARA, ACEH dan RIAU berontak ingin merdeka ... lalu TNI dengan memakai alutsista NON BARAT menyerbu, memberondong, membom pemberontakan itu SAYA YAKIN bahwa PIHAK BARAT akan dengan senang hati mengeroyok dan dengan TRENGGINAS memusnahkan semua kekuatan TNI seperti apa yang kita lihat di IRAK ... saat ini lebih dari 50% alutsista kita baru maupun bekas asalnya dari BARAT ... kalau alutsista BARAT tersebut kita pakai untuk (kalimat halus ya) memadamkan dan menginsafkan pengacau keamanan untuk menjaga kelangsungan negara dan kepentingan ekonomi global ... heheheheh ... BARAT juga melunak, paling ngomel-ngomel doang ... kalaupun BARAT melarang TNI menggunakan alutsista mereka ya kita pakai yang NON BARAT ... wah gitu aja kok repot sih


    BalasHapus
  28. Setuju dengan anonim 12.54.

    Emang repot generasi sekarang ya!
    Jaman Sukarno PRO KOMUNIS ANTI BARAT.
    Jaman Suharto PRO BARAT ANTI KOMUNIS.
    Jaman edan eh sori ...Jaman Reformasi, PRO SEMUA ANTI SEMUA ...
    Ketahuan banget emosinya ... kalau beli bekas tapi alutsistanya SANGAR GAHAR seperti tank LEOPARD wah ..wah.. gak ada yang protes ... tapi kalau beli bekasnya cuma pesawat angkut ... ber-kaok kaoklah mereka ... hahahhahah susah nih bangsa dewek ...

    BalasHapus
  29. PILIH MANA HAYOOOO ...

    RUSIA JUAL MURAH KHUSUS UNTUK INDONESIA 500 JET TEMPUR SUKHOI SU35 ...

    AMERIKA HIBAH KHUSUS UNTUK INDONESIA 5 RUDAL NUKLIR JARAK MENENGAH ...

    HAYOOOOOO ....

    BalasHapus
  30. ano 12;54... kenapa riau pekanbaru kota saya, di jadikan perumpamaan mau berontak segala ya gak mungkin mau lah kami anak riau keluar dari NKRI rugi bgt.. dari kota yg biasa2 saja sampai kota kami menjadi maju seperti sekarang ini ya karena tetap di NKRI ... yg katanya merdeka kayak timor leste saja sudah tahunan juga malah gak maju2 kota nya saya liat di youtube malah kata nya timor leste utang nya banyak sama negara2 donor entah bagaimana itu mereka bayar nya kasian,,, saya bandingkan dgn kota kupang ntt tetangga nya ya masih bagus juga kota kupang ntt daripada dili...

    BalasHapus
  31. Ga ada yang inget yah...TNI AU punya C130 jatuh di cililitan yang mati ada berapa tuh anggota paskhas? Apes emang nasib hidup disini, nyawa ga ada harganya. kalo besok perang yang dikirim cuma tentara cadangan doang yg cuma diajarin baris berbaris, yang tentara terlatih udah dikubur semua.......

    BalasHapus
  32. moga2 pembelian pesawat bekas ini hanya tindakan emergency nya dephan, shg untuk kedepannya pembelian alutsista dapat dilakukan dgn terencana.

    BalasHapus
  33. ano 13 47
    inget itu kan jaman nya pak harto,, jgn di samain ama era sekarang donk... se bekas2 nya peralatan yg di beli saat ini jelas kualitas nya jauh lebih baik dari yg dulu... karena saat ini pengawasan nya udah ketat dan kritis gak kayak era jaman dulu yg penting asal bapak senang aja..

    BalasHapus
  34. Kemaren ada F27 jatuh jaman sapa yah?
    Inilah bedanya beli pesawat sama beli odong odong yg lain. kalo pesawat rusak itu akibatnya fatal, kalo kapal atau tank bekas trus rusak ya paling cuma mogok yuk dorong rame-rame

    BalasHapus
  35. Sebagai angkatan pelengkap wajar kalau dibelikan barang bekas.
    Kalau di belikan barang baru mahal jadi mainannya ya cukup bekas
    Masih untung dibelikan mainan walau bekas.
    Sudah nggak usah ribut pada.

    BalasHapus
  36. Ane z beli motor bekas aduh pusingnya minta ampun bentar2 ke bengkel2 bentar2 ke bengkel boseeeeen, kalo dihitung2 biaya dari tek2 bengek sampai spare part yg mahal itu sama dengan beli motor baru merek yg sama. tolong di cermati dikaitkan dg pembelian herkules rongsokan ini.........

    BalasHapus
  37. Masih untung di beliin Herkules bekas rongsokan, soal nanti cepat ruksak soal nanti jatuh newaskan prajurit itu mah resiko.
    Yg jelas memang mampunya beliin barang bekas rongsokan, mo apa loe

    BalasHapus
  38. kemaren memang ada pesawat foker kalo tidak salah di bandara husein bandung dan pesawat hawk di pekanbaru yg jatuh ya itu jaman nya pak sby tapi sebelum mulai di berlakukan nya program modernisasi peningkatan alut sista ..

    BalasHapus
  39. Sudah ga usah marah marah, silahkan di minum teh manisnya....udah batal kok wakwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  40. Ano 14:57 ane juga bayar pajak memang gk miliaran tapi dr 210jt org indonesia yg byr pajak mungkin ratusan juta yg sama pikirannya kaya ane pengen uang itu digunakan sebaik2nya buat membangun negara wajar donk klo ane kritik, jadi dewan gk ada milih ya cuma bisa koar2 di sini hihik santei Gan gtu z pake otot kaya Reman.....

    BalasHapus
  41. wadaw komen nya mantap2 banyak yg pada nasionalis... tapi misalkan dari yg komen2 di sini ntar ada yg jadi pejabat masih pada nasionalis gak ya,, soal nya di goda nya make duit hehehe...

    BalasHapus
  42. Daftar tentara nyogok ya susah majunya (pandawa lima palang)

    BalasHapus
  43. Biar nanti Mbah yang urus tuh anggota dewan yang terhormat...wis menengo ae le, ki dolanan sik apik kok ,jo ribut ae isone...

    BalasHapus
  44. Mari buka puasa bareng..... di Gedung DPR

    BalasHapus
  45. anggota dewan benar kali ini, minta penjelasannya , jgn beli kucing dalam karung , gak jelas ,,wkwkwk

    BalasHapus
  46. Bapak2 DPR sya setuju kali ini dengan kebijakan anda tolong dibikin Sejelas jelasnya dan terang benderang masalah Hibah Pesawat hercules ini ,kalau memang tujuan menerima hibah untuk mendapatkan pesawat yang lebih banyak Dan dilihat dari sisi kuantitasnya saja sya pikir tidak masalah akan tetapi apakah memang harus mengeluarkan uang sebanyak itu jangan sampai menerima pesawat hibah hanya untuk mencari untungnya saja dari pada Membeli pesawat yang Baru itu sudah keterlaluan Dan jangan sampai juga Bapak2 DPR mengangkat masalah ini karena tidak mendapat jatah setoran juga , tolong negara kita harus bersih dari praktek2 kotor seperti ini.langkahmu kami tunggu Bapak2 diDPR

    BalasHapus
  47. sebenarnya tidak masalah bagi ano2 yg menolak hibah/barang bekas termasuk saya,hanya saja alangkah baiknya hibah itu jgn berupa pesawat,kenapa???

    sekarang coba anda pikirkan,jika pesawat itu terbang dan membawa banyak penumpang,truz tiba2 mesin mati,pasti pesawat tua itu akan jatuh dan hancur,mending jatuhnya dilaut atau dihutan,nah kalau pesawat itu jatuhnya pas ada latihan terjun dikota,bagaimana...tentu saja udah jatuh ketiban tangga lagi.

    berbeda dgn hibah ranpur atau kapal permukaan yg dikatakan saudara ano:14,41 kalaupun mati mesin tidak akan merenggut korban jiwa.
    kalau mogok,yuk ah kita dorong rame-rame,kalau gak bisa ya ditarik dgn kendaraan laen yg lebih besar.

    bagaimana,mudah bukan mengetahui alasan kenapa mereka banyak menolak pesawat tua...

    SALAM INDONESIA RAYA

    BalasHapus
  48. yah sudahlah... kita ini kan adalah bangsa kelas dua, bangsa tempe, gak pantes pakai barang baru, nyawa dan harga diri kia itu gak ada harganya... kita pantesnya pakai barang2 bekas2 bangsa lain, bangsa kita itu selevel bangladesh, sudah dari nenek moyang kita dulu kita sudah jadi bangsa kelas dua jadi terima saja, telan walaupun pahit... kita adalah bangsa kelas dua, bangsa tempe, gak pantes pakai barang baru...

    BalasHapus
  49. Subhkanalloh udah jangan pada ribut sekarangkan bulan puasa serahin aja semuanya sama alloh mudah mudahan di masa mendatang kita di beri "pemimpin lebih bijaksana dan amanah" okey ??!

    BalasHapus
  50. Anak-anak SMA atau Mahasiswa yang hobby main tembak-tembakan, hanya cuma sebatas penggemar dunia militer, biasanya paling demen kalo pake kaos atau celana doreng yang mirip2 tentara hehehehe.....
    Saudaraku Ano Ano yang sok jago komentar, saya kasih saran "Bukan porsi kalian untuk tahu strategi peperangan apa yang sedang dan akan dijalankan para petinggi TNI" silahkan komen tapi jangan mengumbar pesimistis dimasyarakat. Percayalah ibarat kacang kalian cuma lihat luarnya saja, ingat itu!!!

    Jayalah NKRI

    BalasHapus
  51. Daftar tentara nyogok aja kok ribut (pandawa lima palang)

    BalasHapus
  52. ano 23;22

    indonesia kok di samakan dgn bangladesh ya jelas jauh donk.. kecewa sih boleh aja dgn kebijakan pejabat negara ini tapi jgn putus asa gitu ah kayak anak abg yg lage galau ajah hehehe...

    BalasHapus
  53. Kuamprettttttttt.............

    BalasHapus
  54. kl br kn ds psti mhl untungnya dikit....
    nah kl bks paling upgrade sana upgrade sini untungnya kn bnyk bgt gt lho....

    BalasHapus
  55. smoga ga ada yg nyungsep kan sudah di upgrade ...

    BalasHapus
  56. emang iya bro... lu liat aja perkembangan militer kita saat ini... apa2 hibah, second hand, alusista kelas dua, dll males banget liatnya... katanya mau mengangkat harkat dan martabat bangsa indonesia agar sama dengan bangsa2 di dunia yg lebih maju, tapi kenyataannya hibah... kena tipu... dikibulin... kena tendang... kena tampar... hahaha... sudahlah kita ini memang bangsa tempe... bangsa kelas dua... gak pantes pakai barang baru...

    BalasHapus
  57. TNI kebo (pandawa lima palang)

    BalasHapus
  58. Saudara ano 16.59 kalo ngomoong itu diatur kamu ingat kamu ini siapa... TNI itu benteng negara dan bila NKRI dlam bahaya TNI yg dulu maju di garis hadapan bukan km

    BalasHapus
  59. ano 16;12

    tempe banyak lo protein nya.. orang jepang aja demen... beli nya ada yg bekas ada yg baru sesuai duit dan kebutuhan wajar ah and gak terlalu aneh... kalo semua barang di beli nya seken semua nah ntu baru gila nama nya...

    BalasHapus
  60. ano 22.16
    saya tidak bermaksud untuk mengexploitasi makanan yg namanya tempe, semua orang juga tahu tempe itu enak dan bergizi, saya cuma meminjam istilah yg berlaku di masyarakat yaitu bangsa tempe yang maksudnya adalah bangsa kelas dua, kaum marginal, orang terpinggirkan,dll ngerti gak? apakah jika saya menggunakan istilah "kelas kambing" lantas sekonyong2 anda mendeskripsikan kambing itu enak berprotein, rendah lemak orang arap sangat suka? wakakakaka.... klw begitu anda adalah ano yg paling lebay disini... sorry bro ane agak frontal :)

    BalasHapus
  61. Waspada, Ingat Sebentar Lagi Pileg dan Pilpres, Pasti Partai dan Kandidat Presiden Butuh Dana Segar.

    Atau DPR Kura-Kura Dalam Perahu Ya?

    BalasHapus