HAVANA-(IDB) : Fidel Castro mengonfirmasikan ia telah mengundurkan diri dari kemimpinan penting Partai Komunis Kuba, setelah partai itu menyetujui satu rancangan reformasi ekonomi.

"Raul tahu bahwa saya tidak akan menyetujui satu peran resmi di partai itu sekarang," kata Castro dalam satu artikel di portal Cubadebate.cu, mengcau pada adiknya Raul dan tidak duduknya ia dalam Komite Sentral baru partai itu, yang dipilih Senin.

Castro, 84 tahun adalah sekretaris pertama dalam Komite Sentral partai itu--- yang menjadi tiang pondasi pemerintah Komunis negara itu-- sejak partai itu dibentuk tahun 1965.

Fidel mengatakan ia menyerahkan fungsi fungsi ketua partai itu kepada Raul ketika ia melepaskan jabatan presiden kepada adiknya karena kesehatannya membunruk tahun 2006.

"(Raul) adalah sekretris pertama dan panglima militer," kata Fidel dalam artikel itu dikutip AFP.

Tindakan itu dilakukan setelah Kongres Partai Komunis keenam yang Senin menyetuji tindakan yang bertujuan untuk mempertahankan ekonomi yang direncanakan terpusat itu dari kehancuran tetapi tidak mendukung perubahan ekonomi berorientasi pasar.

Sejumah 1.000 utusan berembuk di Havana selama kongres empat hari partai itu yang menyetuji sekitar 300 usul ekonomi dan memllih para pemimpin satu komite sentral.

Raul, yang akan berumur 80 tahun 3 Juni, kemungkinan secara resmi menjadi sekretaris pertama partai itu.

Raul, Sabtu mengatakan ia mendukung batas masa jabatan para pemimpin politik 10 tahun.

Raul menolak reformasi berorientasi pasar yang lebih luas seperti yang dilakukan China, dengan mengatakan hal akan bertentangan dengan esensi ssosialisme... karena mereka mengizinkan konsentrasi kemiskinan
."