Kamis, April 14, 2011
0
Menko Polhukam Djoko Suyanto
JAKARTA-(IDB):  Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Djoko Suyanto mengatakan, pemerintah bisa saja melibatkan agen-agen asing untuk pembebasan 20 anak buah kapal MV Sinar Kudus yang ditawan perompak Somalia sejak 16 Maret 2011. Saat ini, pemerintah terus melakukan komunikasi dengan agen-agen tersebut.

"Agen-agen itu (misalnya) dari negara Inggris, Singapura, dan juga Amerika," kata Djoko kepada para wartawan di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (13/4/2011).

Ia mengatakan, saat ini opsi-opsi pemerintah semakin mengerucut. Saat ini, opsi tersebut semakin dimatangkan. Sayangnya, Djoko enggan merinci opsi tersebut. Djoko menekankan, apa pun opsi yang akan diambil, pemerintah dan pemilik tetap mengutamakan keselamatan para anak buah kapal. Ketika ditanya soal pernyataan Pemerintah Somalia yang mempersilakan Pemerintah Indonesia melakukan operasi militer, Djoko mengatakan, hal itu bisa saja dilakukan.

"Tanpa izin Pemerintah Somalia, kalau perlu, kita lakukan. Tetapi apakah itu menjadi opsi kita satu-satunya? Kan opsi kita mengutamakan menyelamatkan (ABK)," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Djoko juga mengatakan, pemerintah terus mengikuti komunikasi yang dijalin pemilik kapal dengan perompak. Komunikasi lanjutan akan dilakukan pada Rabu malam ini.

Sumber: Kompas

0 komentar:

Posting Komentar