Selasa, Oktober 07, 2014
0
SURABAYA-(IDB) : Pesawat tempur taktis ringan Super-Tucano turut memeriahkan puncak perayaan hari ulang tahun ke-69 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Surabaya pada Selasa 7 Oktober 2014. Tujuh dari delapan pesawat yang bermarkas di Pangkalan Udara Abdulrachman Saleh ini akan diterbangkan besok.

Komandan Skadron Udara 21 Pangkalan Udara Abdulrachman Saleh Letnan Kolonel Penerbang Toto Ginanto menginformasikan, satu unit Super-Tucano tetap di pangkalan yang berlokasi di Desa Saptorenggo, Kecamatan Pakis, Malang, Jawa Timur.

“Tujuh dari delapan pesawat akan diterbangkan semua (ke Surabaya),” kata Toto, Senin (6/10/2014).

Menurutnya, empat Super-Tucano yang dilibatkan dalam HUT TNI merupakan pesawat terbaru yang diterima Pangkalan Udara Abdulrachman Saleh pada 26 September 2014. Sedangkan empat pesawat pertama diterima pada 2 September 2012.

Pesawat Super-Tucano rutin melakukan latihan dan operasi pertahanan melintasi wilayah Malang hingga Bali dan Nusa Tenggara Barat.

Delapan Super-Tucano merupakan bagian dari 16 pesawat serupa yang dipesan Indonesia untuk menggantikan peran OV-10 Bronco yang dipensiunkan oleh TNI AU pada Oktober 2010. Sementara seluruh pilot Bronco kemudian ditugaskan menerbangkan Super-Tucano setelah mendapat pendidikan dan latihan.

Kedelapan pesawat itu ditempatkan Pangkalan Udara Abdulrachman Saleh Malang karena peralatan untuk merawat pesawat di sana sudah komplet yang disiapkan pada 2010.



Sumber : Sindo

0 komentar:

Poskan Komentar