Selasa, Oktober 07, 2014
0
SURABAYA-(IDB) : Hari ini, Selasa 7 Oktober 2014, Tentara Nasional Indonesia menggelar parade dengan mengeluarkan semua kekuataan persenjataan (alutsista) dalam rangka HUT ke-69 TNI. Upacara hari jadi TNI ini akan dipimpin langsung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Parade kekuatan persenjataan TNI semua angkatan itu juga dihadiri Wakil Presiden Boediono, beserta para pejabat negara.

SBY mengatakan, parade kali ini akan ada kejutan bagi rakyat Indonesia, khususnya warga Surabaya. Sebab, ratusan pesawat tempur akan dikerahkan memeriahkan HUT TNI tersebut.

"Hari ini, langit di atas kita akan hitam. Sebab, lebih dari 200 pesawat tempur kita akan terbang, terutama pesawat TNI AU, AL, dan AD," kata SBY di Dermaga Ujung, Komando Armada RI Kawasan Timur, Surabaya.

Parade alutsista TNI kali ini merupakan sejarah baru bagi bangsa Indonesia. Sebab, sejak 69 tahun lalu, RI belum pernah memiliki kekuatan alutsista sebesar ini.

"Sejak Indonesia merdeka, sekaranglah saatnya kita akan bangga karena akan banyak pesawat tempur kita yang terbang," ujarnya.

Selain pesawat tempur, juga akan melintas puluhan kapal perang milik TNI AL yang bertugas menjaga kedaulatan wilayah perairan RI. "Serta MBT Leopard, helikopter serang Apache milik Angkatan Darat yang akan menjaga wilayah darat," terangnya.

Sementara itu, sebanyak 18.580 personel TNI akan terlibat dalam kegiatan ini. Sedangkan TNI Angkatan Darat akan mengerahkan 192 alutsista, di antaranya tank baru Leopard pabrikan Jerman, Tank Marder, Panser Tarantula, Tank Scorpio, dan lainnya.

TNI AL mengeluarkan 195 alusista di antaranya, KRI Bung Tomo, KRI Usman Harun, dan KRI John-Lie yang baru tiba di tanah air.

Sedangkan TNI AU juga tak mau kalah. Mereka menampilkan 139 pesawat. Pesawat itu, antara lain, Sukhoi Su27/30, F5 Tiger, F-16 Fighting Falcon, dan Super Tucano.



Sumber : Vivanews

0 komentar:

Poskan Komentar