Kamis, Oktober 16, 2014
0
CANBERRA-(IDB) : Australia mempertimbangkan untuk membeli jet tempur siluman F-35 Lightning II Joint Strike Fighter (JSF) varian lepas landas pendek dan mendarat vertikal (STOVL), selain varian take-off dan landing (CTOL) konvensional yang sudah dipesan, ujar juru bicara Menteri Pertahanan Australia, David Johnston.


Juru bicara itu mengatakan kepada IHS Jane bahwa akuisisi F-35B “akan masuk dalam Buku Putih Pertahanan”, yang dijadwalkan dikeluarkan pada kuartal kedua tahun 2015.


Keterangan ini untuk menanggapi laporan media bahwa Perdana Menteri Tony Abbott telah menginstruksikan Kementerian Pertahanan untuk memeriksa kemungkinan membeli F-35B untuk beroperasi di dua kapal amfibi pendaratan helikopter (LHD) Canberra Class, yang dioperasikan Royal Australian Navy (RAN).


Disain HMAS Adelaide Class Australia
Disain HMAS Adelaide Class Australia
Satu dari dua LHD berbobot 27,800 ton itu, kini sedang menjalani uji coba. Yang kedua akan ditugaskan pada tahun 2016.


Pemerintah mengumumkan pada 23 April keputusannya untuk membeli 58 jet tempur F-35A dengan komitmen pembelian hingga 72 unit. Dua yang pertama akan dikirimkan pada akhir tahun ini, meskipun unit itu dan pengiriman berikutnya tidak akan tiba di Australia sampai akhir tahun 2018.


Tidak jelas apakah akuisisi F-35B akan di samping 72 varian CTOL atau dikurangkan dari angka tersebut.



Komentar
 
Sumber telah mengkonfirmasi ketertarikan Perdana Menteri Tony Abbott terhadap pesawat F-35B STOVL, tapi untuk itu diperlukan upgrade yang signifikan untuk LHD Canberra Class, agar bisa mengoperasikan F-35B.

Upgrade diperlukan untuk memasukkan lapisan dek tahan panas agar operasi LHD Canberra Class bisa panjang, bahan bakar tambahan dan bunker senjata, dan perangkat tambahan untuk fasilitas komando dan pengawasan, yang mana LHD sekarang masih fokus pada operasi amfibi yang melibatkan helikopter dan kapal/boat.



Sumber : JKGR

0 komentar:

Poskan Komentar