Sabtu, September 20, 2014
0
OMAN-(IDB) : Singapore Technologies (ST) Marine telah meluncurkan Kapal patroli Al-Ofouq class yang ketiga untuk Royal Navy of Oman (RNO), ujar seorang pejabat perusahaan ST saat dikonfirmasi oleh IHS Jane.


Kapal 75 meter ini untuk menggantikan Dhofar class dan akan menjadi bagian dari upaya RNO untuk meningkatkan patroli lepas pantai Oman.


Kapal dengan panjang 75 meter ini merupakan turunan dari desain Fearless-75 ST Marine yang diluncurkan di fasilitas Benoi, Singapura, 17 September 2014.


Pada bulan April 2012, ST Marine mengalahkan perusahaan Belanda Damen Schelde Naval Shipbuilding dan India Goa Shipyard untuk proyek pembuatan empat kapal dengan nilai kontrak SGD 880 juta (USD 703 juta) dari Departemen Pertahanan Oman.


Kapal patroli Al-Ofouq class memiliki bobot sekitar 1.100 ton dan menampung awak sekitar 60 orang. Kapal buatan Singapura ini memiliki kecepatan tertinggi 27 knot, dapat menempuh jarak 3.000 nautical mile pada kecepatan 16 knot. Kapal ini kemungkinan akan dipersenjatai dengan meriam Oto Melara 76 mm Super Rapid system, sebagai senjata utama.


Pada bulan Juli 2012, IHS Jane melaporkan bahwa Thales Nederland telah mendapatkan kontrak untuk melengkapi kapal ini dengan sistem manajemen tempur TACTICOS, surveillance radar, STIR 1.2 EO Mk 2 radar/electro-optical tracking system, dan Vigile electronic support measures.


ST Marine mengatakan kapal class ini diluncurkan pertama kali 29 Januari 2014 dan yang kedua pada 17 Juni di tahun yang sama. Kapal-kapal patroli ini diharapkan akan dikirim pada kuartal kedua 2015, dan kapal terakhir akan diserahkan pada kuartal ketiga 2016.

Saat ini Angkatan Laut Singapura, RSN mengoperasikan 11 kapal asli Fearless.



Sumber : JKGR

0 komentar:

Poskan Komentar