Selasa, Agustus 26, 2014
0
JEDDAH-(IDB) : KRI Bung Tomo 357 singgah di Pelabuhan Islam Jeddah, Rabu (20/8/2014). Tiba di Pelabuhan, awak kapal langsung disambut oleh Atase Pertahanan KBRI Riyadh, Kol. Chb. Roedy Roemin dan sejumlah ABK. Kemudian, Kamis sore (21/8/2014) sebanyak 25 siswa Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ) didampingi dua orang guru berkesempatan untuk melihat bagian dalam KRI Bung Tomo 357.

Di geladak kapal, siswa mendapat penjelasan seputar kapal perang teranyar yang baru saja dibeli Indonesia dari Inggris dan pengalaman perjalanannya. "Ini adalah kapal pertama dari tiga kapal yang dibeli negara kita dari Inggris. Dua kapal lainnya KRI Jhon Lie 358 dan KRI Usman Harun 359 dengan tipe yang sama juga sedang menyusul di belakang dalam perjalanan ke Tanah Air," ujar Kepala Divisi Senjata Atas Air Kapten Marten kepada seluruh siswa, Sabtu (23/8/2014).

Usai mendapatkan penjelasan singkat, rombongan siswa dibagi menjadi dua regu. Masing-masing regu dibawa petugas ABK mengitari geladak serta ruang-ruang yang terdapat didalam kapal dan melihat-lihat sistem persenjataan yang dimiliki KRI Bung Tomo 357. Mendapat kesempatan berkunjung ke salah satu geladak kapal perang termoderen yang dimiliki Indonesia saat ini mengakibatkan siswa antusias dengan mengajukan banyak pertanyaan. Pertanyaan yang terlontar antara lain terkait keunggulan dan kecanggihan KRI Bung Tomo 357 dibandingkan kapal sejenis, sistem persenjataan, kemampuan dan kecepatan jelajah, dan sistem navigasi.

"Semoga kegiatan ini dapat memberikan inspirasi dan menambah wawasan adik-adik siswa sekalian seputar sistem pertahanan laut negara kita. Siapa tahu kelak ada dari kalian yang berminat berkarir di dunia kemiliteran angkatan laut," ucap Atase Pertahanan KBRI Riyadh, Kol. Chb. Roedy Roemin. 




Sumber : Detik

0 komentar:

Poskan Komentar