Minggu, Agustus 17, 2014
0
JAKARTA-(IDB) : Diterangi dengan cahaya dari obor, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan jajaran menteri menggelar Apel Kehormatan dan Renungan Suci HUT ke-69 RI di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Ahad (17/8) dini hari.

Presiden SBY ditemani istri tiba di lokasi pukul 11.38. Sementara Wakil Presiden Budiono dan para menteri telah hadir lebih awal. Beberapa menteri yang terlihat di lokasi, di antaranya Mendagri Gamawan Fauzi, Menko Perekonomian Chairul Tanjung, Mendikbud Muhammad Nuh dan Menag Lukman Saifudin.

Tepat pukul 23.55, Apel Kehormatan digelar. Penerangan seketika dimatikan, begitu Presiden SBY, selaku inspektur upacara, memberikan instruksi di gerbang gapura TMP Kalibata.

Hanya diterangi nyala beberapa obor dan deretan lampu lantai remang, Presiden SBY berjalan menuju lapangan upacara, di depan tugu TMP Kalibata.

Tepat pukul 24.00, Presiden memberikan sambutannya. Dalam sambutannya, SBY menyampaikan salam penghormatan kepada para pahlawan serta memanjatkan doa untuk kedamaian arwah mereka, baik yang dikebumikan di TMP Kalibata maupun di berbagai pelosok Indonesia.   

"Kami menyampaikan hormat yang sedalam-dalamnya atas keihlasan saudara-sudara dalam mengadi pada perjuangan nusa dan bangsa. Kami berharap arwah saudara-saudara diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa," ujar SBY dengan nada khidmat.

Upacara berlangsung dengan singkat. Usai pembacaan doa oleh Menag Lukman Saifudin dan penyalaan obor oleh Presiden SBY, upacara ditutup pada pukul 24.15.

Presiden SBY, para menteri dan ribuan tamu undangan dari berbagai lembaga negara se-Indononesia meninggalkan lokasi upacara.




Sumber : Republika

0 komentar:

Poskan Komentar