Minggu, Agustus 17, 2014
1
JAKARTA-(IDB) : Peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan tahun ini akan dimeriahkan oleh atraksi terbang formasi atau fly pass 32 pesawat tempur di atas Istana Negara. Para penerbang dan kru pesawat hari ini kembali melakukan gladi resik di pangkalan udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (14/8/2014), latihan terbang di atas langit Jakarta ini melibatkan penerbang TNI AU dari Skuadron Makassar, Madiun, dan Pekanbaru.

Terbang formasi ini rencana akan menggunakan pesawat Sukhoi, F-16, T50i, dan Hawk 100/200. Yang istimewa dalam fly pass kali ini adalah disertakan pula pesawat F-16 C/D 5215 yang baru saja didatangkan dari Amerika Serikat, Juli lalu.

Kepala Staff TNI AU Marsekal Ida Bagus Putu Dunia mengatakan atraksi fly pass akan menampilkan 2 formasi. Tiap formasi terdiri dari 16 pesawat tempur.

"Pesawat yang baru juga kita libatkan. Yaitu pesawat F-16 yang baru datang dari Amerika. Flight pertama terdapat 16 pesawat. Terdiri dari 10 pesawat T50 dan 6 Hawk. Kemudian flight kedua ada 8 pesawat F-16 dan 8 Sukhoi" kata Ida Bagus.

Nantinya 32 pesawat tempur tersebut akan membentuk 2 formasi arrow dan melintas di atas peserta upacara peringatan HUT ke 69 RI. Gladi resik akan kembali dilakukan Jumat esok dengan terbang di atas Istana Negara. 


Berikut liputannya : 

Formasi pertama
Formasi kedua
Formasi penutup


Sumber : SCTV

1 komentar:

  1. Weh setahuku kmrin cuma 1 formasi saja. Mhn ktrangannya kok jdi kacau baliau gk sprti rencana?

    BalasHapus