Minggu, Agustus 31, 2014
2
Maaf  waktunya sudah lewat, tapi pesan yang disampaikan saya rasa tidak akan mati dan mudah-mudahan bisa menjadi motivasi untuk kita semua......

PYS-(IDB) : Pagi tadi di Universitas Surya diadakan upacara 17 Agtustus. Mungkin untuk suatu universitas agak aneh mengadakan acara peringatan ini apalagi dihari libur. Lebih aneh lagi kalau setiap senin pagi semua mahasiswa wajib menyanyikan lagu Indonesia raya sebelum kuliah. Selama saya kuliah S1 seingat saya tidak pernah kami mengadakan upacara 17 Agustus apalagi nyanyi Indonesia Raya (kecuali waktu ospek). Padahal saya pikir ini hal yang sangat penting.


Anyway, dalam acara itu saya share tentang merdeka dari penjajah pikiran.


Penjajah Pikiran selalu mengganggu kita dengan perkataan-perkataan spt: “aku bodoh” “aku tidak mampu..” “aku tidak akan bisa mengalahkan dia..” “kita sih tidak mungkin bersaing dengan Amerika…” “wah mengalahkan Korea… jauh deh… apalagi mengalahkan Jerman”


Merdeka dari penjajah pikiran ini memerlukan perubahan cara pikir (revolusi mental). Pikiran “aku tidak bisa.” harus diubah total menjadi “ya.. kita mampu!!! Kita bisa!!!”
 

“Tidak ada gunung yang tidak dapat didaki, tidak ada laut yang tidak dapat disebrangi, tidak ada mimpi yang tidak dapat dikejar… ”
 

Selalu berpikir positif dalam kondisi apapun juga.


Penjajah Pikiran berusaha mencegah kita bermimpi besar:
 

“Tdk usah mimpi ngalahin Jerman, ngalahin kamboja aja sdh bagus..”
 

“Tidak usah mimpi tinggi…kita ini orang kecil.. cukup segini saja”
 

“jangan kelewat ngoyo… ini sudah cukup… ”


Merdeka dari penjajah Pikiran memerlukan mimpi besar dan langkah tekun mengejar mimpi itu.

Tahun 1993 kami memimpikan Indonesia juara dunia olimpiade fisika… awalnya gelap tidak tahu harus mulai dari mana…Saingan dengan Amerika? Jerman? Rusia? China? Woow apa mungkin? Walau begitu kami melangkah … ketika melangkah itu terlihatlah titik terang.. jalan menuju kesana terbuka… selangkah demi selangkah kami jalani … banyak hambatan… banyak kesulitan… banyak tantangan… namun kami terus melangkah… tahun ke 7 dapat 1 emas, tahun ke 8 jatuh lagi …kemudian bangkit dan Indonesia jadi juara Asia 2003, jatuh lagi.. bangkit lagi.. dan akhirnya tahun ke-14 (2006) kita meraih the absolute winner.

Mimpi besar membebaskan kita dari penjajah pikiran….membawa kita terbang tinggi seperti burung Rajawali…


Selamat ulang tahun kemerdekaan RI ke 69 ! Semoga Indonesia Jaya cepat terwujud!! Merdeka...!!!





2 komentar:

  1. Jangan mengalami kemunduran. Dulu nenek moyang kita itu sudah jadi negara kerajaan termashur. Jadi kita harus kerja keras lagi untuk dapat menjadi negara maju kembali.

    BalasHapus
  2. semoga bangsa ini selalu bisa terbebas dari anggapan bahwa produk luar dan bangsa asing selalu no 1. mari kita maju bersama, mengangkat harkat martabat kita dengan mengubah pola fikir untuk tidak menjelek2an bangsa n karya anak negeri ini....salam merdeka

    BalasHapus