Jumat, Agustus 08, 2014
1
YOGYAKARTA-(IDB) : Penampilan Jupiter Aerobatic Team (JAT) yang selalu memukau dalam setiap penampilannya baik di dalam negeri maupun luar negeri mendapat apresiasi tersendiri dari Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia bertepatan dengan Upacara Peringatan Hari Bhakti TNI AU ke 67 di Lapangan Dirgantara, Akademi Angkatan Udara (AAU), Yogyakarta, Kamis (7/8).

Berdasarkan PP/5/IV/2014, KSAU memberikan penghargaan khusus dan pertama kalinya kepada JAT. Penghargaan ini diberikan karena JAT selalu mengharumkan nama TNI AU di kancah nasional maupun Internasional.

JAT telah menharumkan nama TNI AU dan selamat berturut-turut dalam event Centennial pf RTAF Founding Father Aviation 2012 di Thailand, Langkawi International Mariteme And Aerospace Exhibition 2013 di Malaysia, Brunei Darussalam internatioanal Defence Exhibition (Bridex) 2013, dan Singapore Airshow 2014. Sedang didalam negeri, JAT juga telah unjuk kebolehan di Pembukaan Asian Fair 2011 di Bali, HUT TNI 5 Oktober 2013 di Jakarta, dan Pembukaan Jogja Air Show 2014 yang lalu.

Pemberian penghargaan ini diterima langsung oleh Flight Leader JAT sekaligus Komandan Skadron 102 Lanud Adisutjipto, Letkol Pnb Fery “Mirage” Yunaldi.

Diiringi genderang drumband dari taruna AAU, Letkol Pnb Fery Yunaldi menerima penghargaan dan kenang-kenangan dari KSAU. Awak JAT terdiri dari Mayor Pnb Fery “Mirage” Yunaldi, Mayor Pnb Sri Raharjo, Mayor Pnb HS Romas, Mayor Pnb Ari Susiono, Kapten Pnb Made Yogi, dan Kapten Pnb Idham.

Sejak berdiri tahun 2001 dan kemudian tepat tanggal 21 Mei 2008 mengunakan pesawat generasi baru, pilot JAT sudah dengan personel yang baru hasil regenesi dari JAT yang tampil terakhir saat Langkawi Aerospace.

Atraksi yang jadi ciri khas JAT antara lain, Jupiter Roll, Arrow Head Loop, Loop and Break Off, Twin Half Cuban-Jupiter Wheel, Tango to Diamond Loop, Mirror, Heart, Screw Roll, Roll Slide, Solo Spin, Five Card Loop, Jupiter Roll Back, serta diakhiri Loop and Bomburst.

Usai menerima penghargaan, Flight Leader Letkol Pnb Fery Yunaldi berharap JAT akan tumbuh menjadi melegenda dan tetap berada di hati rakyat Indonesia dan dunia umumnya. Fery juga mengatakan bahwa team aerobatik merupakan salah satu wujud profesionalisme TNI AU dalam pertanggung jawabannya kepada bangsa dan negara.



Sumber : Jurnas

1 komentar:

  1. Selamat atas prestasi Jupiter Aerobatic Team TNI-AU...... Sebentar lagi Wong bee anda akan diganti dengan T-50i GE, semoga makin meng-global seperti "Thunderbirds".
    Aamiin.

    BalasHapus