Jumat, Agustus 15, 2014
0
ROMA-(IDB) : Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Bung Tomo bernomor lambung 357 berlabuh di pelabuhan Civitavecchia pada tanggal 11 Agustus yang berjarak satu jam dari Kota Roma, Italia.

Selama berlabuh, kapal tersebut melakukan pengisian bahan bakar dan awak kapal melakukan pertemuan dengan beberapa pihak terkait di Italia, demikian Pensosbud KBRI Roma Nindarsari Utomo kepada ANTARA London, Rabu.

Kedatangan kapal TNI AL tersebut disambut baik Komandan Angkatan Laut Italia di Civitavecchia Col Giuseppe Tarzia beserta jajarannya, mengingat selama ini telah terjadi hubungan kerja sama yang baik antara Indonesia dan Italia di bidang persenjataan di mana beberapa alat utama sistem persenjataan (Alutsista) Indonesia dibeli dari industri strategis Italia.

Dubes RI di Roma August Parengkuan secara resmi menyambut kedatangan KRI Bung Tomo dan menyampaikan apresiasi kepada pemerintah setempat khususnya Komandan Angkatan Laut Civitavecchia serta Wali Kota Civitavecchia Ing Cozzolino atas sambutan dan penerimaan terhadap kedatangan KRI Bung Tomo di Italia.

Menurut Dubes, pembelian kapal tersebut merupakan kebutuhan minimal untuk memenuhi alutsista pemerintah Indonesia untuk menjaga kedaulatan laut Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pada kesempatan ini hadir pula Dubes RI di Vatikan, Walikota Civitavecchia, Komandan Pelabuhan Civitavecchia, dan jajaran angkatan laut Italia, Guarda di Finanza, wakil dari industri strategis radar Italia (Finnmeccanica), wakil dari Asosiasi Persahabatan Indonesia-Italia, pejabat Indonesia yang bertugas pada Food and Agriculture Organization (FAO), dan pejabat KBRI Roma.

KRI Bung Tomo yang dipimpin Kolonel (Laut) Yayan Sofyan, lulusan Akademi Angkatan Laut tahun 1993 meninggalkan Italia pada Rabu ini pada pukul 09.30 pagi waktu setempat untuk melanjutkan perjalanan ke Indonesia.



Sumber : Antara

0 komentar:

Poskan Komentar